Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Awas Agen Travel Nakal: Mau Ibadah Umrah yang Mabrur Jangan Salah Langkah

Ibadah Umrah jadi pilihan rasional bagi muslim yang ngebet ke Tanah Suci Makkah dan Madinah. Maklumlah, keinginan naik haji bukan perkara gampang. Utamanya kepentok oleh keterbatasan kuota di mana Indonesia kebagian kuota rata-rata 160-200 ribu orang per tahun.

 

Praktis, daftar haji mesti antre dulu. Bahkan bagi yang daftar sekarang, berangkatnya bisa di atas 10 tahun lagi. Kebayangkan? Iya kalau cukup umur?

 

[Baca: Jurus Pilih Tabungan Haji yang Oke]

 

Faktor inilah pemicu ibadah umrah digemari orang Indonesia. Ibadah ini bisa disebut pula haji kecil. Yang membedakan ada pada ritualnya di mana umrah tidak ada ibadah wukuf di Arafah dan bermalam di Mina.

 

Lagi pula, hakekatnya menuaikan ibadah umrah yang mabrur sama halnya dengan wisata rohani. Selain beribadah di Tanah Suci, umrah juga menawarkan kesempatan mengunjungi tempat bersejarah.

 

Minat melaksanakan umrah ditunjang juga dari banyaknya frekuensi penerbangan dari Tanah Air langsung ke Arab Saudi. Tingginya permintaan umrah ini turut dibarengi dengan kehadiran biro-biro travel umrah.

 

Biro-biro ini gencar menawarkan paket umrah. Sebagian di antaranya mengimingi calon jamaah dengan biaya murah, fasilitas komplet, pembimbing dengan jam terbang panjang, sampai plus-plus lainnya.

 

Sayangnya, tak semua biro travel umrah itu memenuhi janji-janjinya. Tak sedikit calon jamaah yang merasa tertipu. Paling fatal adalah pengelola biro umrah itu kabur sambil membawa duit calon jamaah yang nilainya tak sedikit.

 

[Baca: Mengenal Plus Minus Dana Talangan Haji]

 

ibadah umrah yang mabrur

 Pasti impian muslim untuk dapat melaksanakan ibadah haji atau umrah

 

 

Makanya, penting banget menyeleksi biro umrah yang benar-benar berintegritas. Jangan sampai hanya dipertimbangkan dari tarif yang murah saja. Bukan sekadar tidak mendapatkan kenyamanan beribadah saja tapi bisa jadi korban penipuan dengan kerugian materi yang tak sedikit.

 

Belum lagi mesti menghadapi rasa malu dengan tetangga. Tuh, mental akhirnya kena gara-gara salah langkah pilih biro umrah.

 

Tips Terhindar dari Biro Umrah Nakal

Begitu disodori paket umroh murah, jangan keburu jingkrak-jingkrak. Kalem saja. Jangan buru-buru mengiyakan. Ada baiknya lakoni dulu langkah-langkah di bawah ini biar terhindar dari jebakan biro travel nakal.

 

1.Identifikasi biro travel umrah

Mengenal biro travel umrah yang profesional sebenarnya mudah banget. Paling utama punya kantor dengan alamat yang jelas.

 

Lebih afdol lagi bila terdaftar di Kementerian Agama. Lazimnya, biro umrah yang profesional selalu menyertakan perizinan dari Kementerian Agama dan cek lewat http://www.haji.kemenag.go.id/v2/basisdata/daftar-ppiu..

 

Kemudian, hindari tawaran dari biro umrah yang baru dikenal untuk mengurus semua persyaratan keberangkatan di rumah. Memang sekilas bikin praktis tapi ini bisa jadi celah oknum biro travel nakal untuk beraksi.

 

2.Paket umrah yang realistis

Harga paket umrah dipengaruhi banyak faktor. Selain selisih kurs rupiah dan dollar Amerika Serikat, harga paket juga tergantung pada jadwal keberangkatan. Umrah yang dilakukan di musim liburan maupun jelang bulan puasa, biayanya pasti lebih besar.

 

ibadah umrah yang mabrur

 Dana yang dikeluarkan bisa dibilang gak sedikit, rugi kan kalau harus memilih agen perjalanan abal-abal

 

 

Misalnya saja di musim liburan pastinya terjadi lonjakan permintaan penerbangan yang membuat pihak biro travel kesulitan mendapat tarif yang ekonomis.

 

Bila ingin mencari paket umrah yang murah biasanya berangkat di sekitar Januari hingga Maret. Dari sini bisa diketahui harga paket umrah yang ditawarkan realistis atau tidak. Akan sangat ganjil jika ada biro umrah yang menawarkan harga murah dengan waktu keberangkatan di bulan puasa.

 

Kemudian cek juga fasilitasnya. Perbedaan harga paket juga dipengaruhi dari fasilitas yang ditawarkan. Jangan terbuai rayuan bakal menginap di hotel berbintang atau dekat dengan Masjidil Haram dengan harga paket yang supermurah. Sebaiknya harus curiga.

 

3. Jadwal keberangkatan

Biro umrah yang abal-abal bisa dilihat dari jadwal keberangkatan yang disusun. Yang abal-abal umumnya tak punya jadwal tetap dan cenderung berubah-ubah.

 

Ini bisa jadi masalah, khususnya yang kerja kantoran. Bisa berabe jika ternyata jadwal keberangkatan meleset dari jadwal cuti ngantor.

 

Lebih parah lagi jika biro umrah selalu berkelit saat ditanyakan jadwal keberangkatan. Lebih baik tinggalkan saja.

 

Bandingkan dengan biro profesional yang punya jadwal keberangkatan pasti. Bila gagal berangkat, ada jaminan dana dikembalikan 100%.

 

4. Rekomendasi dari yang dipercaya

Ada cara gampang, yakni himpun informasi dari orang yang dipercaya. Minta mereka menceritakan pengalaman pergi umrah dengan biro travel tertentu. Mulai dari harga, fasilitas, layanan, pengurusan visa/paspor, sampai pembimbing di Tanah Suci.

 

ibadah umrah yang mabrur

 Gerakan 5 Pasti dari Kementerian Agama, cek dulu izin agen perjalanan sebelum keluar uang

 

 

Sebaiknya himpun informasi lebih dari satu orang. Dengan begitu akan mendapat gambaran sebelum memutuskan datang ke suatu biro umrah.

 

Itulah beberapa input memilih biro umrah yang aman dan terpercaya. Perlu diingat, anggaran pergi ke Tanah Suci itu tak sedikit. Jangan sampai niat menginjakkan kaki di Mekkah malah berakhir di kantor polisi untuk membuat pengaduan.

 

Yang tak kalah penting, kalkulasi anggaran dengan cermat sehingga tak menguras tabungan keluarga. Lebih baik rencanakan ibadah umrah sejak dini.

 

[Baca: Reksa Dana Bisa Jadi Instrumen Investasi untuk Naik Haji]

 

 

 

Image credit:

  • http://2.bp.blogspot.com/-OrkaAt6YinY/UTWQu6sxUEI/AAAAAAAAA3o/Z3KwtgRsqec/s1600/tata+cara+umroh.jpg
  • http://2.bp.blogspot.com/-efKZmeyK-Gc/USGa1wBhM6I/AAAAAAAAACw/sjHcnSnXDGw/s1600/Travel+haji+plus+%25283%2529.jpg
  • http://www.ramatour.com/imgnews/2015121020_5-Pasti-Umrahrama.jpg

Posting Komentar untuk "Awas Agen Travel Nakal: Mau Ibadah Umrah yang Mabrur Jangan Salah Langkah"