Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Audisi Menulis “Meretas Batas Pendidikan” 1 – 14 April 2014

“Menulis yaitu sarana untuk membuatkan sekaligus aktualisasi diri”


Hai Kartuneters, salah satu pencapaian yang coba kita capai pada tahun ini yaitu menerbitkan empat judul buku. Mari kita mulai impian tersebut dengan mengadakan Audisi Menulis buku bertema pendidikan yang ketika ini direncanakan judulnya yaitu “Meretas Batas Pendidikan”.


Konsep acara kali ini yaitu audisi menulis, berbeda dengan lomba menulis. Pada audisi menulis, teman-teman diajak untuk mengirimkan goresan pena ke Kartunet.com dengan tema dan hukum yang akan dijelaskan di bawah untuk kemudian sama-sama kita kembangkan dan pada balasannya akan diseleksi serta diolah oleh tim editor yang akan menjadikannya sebuah buku. Dalam audisi menulis, tak ada sistem kompetisi yakni ada pemenang atau tidak. Di sini kita sama-sama menulis untuk merangkaikannya menjadi sebuah buku yang lezat dibaca dan Insya Allah bermanfaat. Kaprikornus apabila ada goresan pena yang belum masuk pada audisi menulis kali ini bukan berarti tulisannya kurang bagus, bisa jadi alasannya yaitu belum ditemui benang merah dengan goresan pena lainnya dan ada kemungkinan sanggup terbit di edisi buku berikutnya.


Ketentuan Audisi Menulis Meretas Batas Pendidikan (MBP):



  1. Peserta sanggup diikuti oleh siapa saja, baik penyandang disabilitas atau non-disabilitas, yang telah tergabung dalam membership di Kartunet.com

  2. Bagi yang belum terdaftar dalam membership, sanggup melaksanakan pendaftaran online gratis dengan klik di sini.

  3. Bagi yang sudah pernah tulisannya terbit di website Kartunet.com, berarti Anda sudah punya user account dan hanya butuh login saja. Apabila lupa password, sanggup reset password dengan masuk ke halaman login, kemudian klik forget password.

  4. Tema goresan pena yaitu pengalaman selama sekolah/kuliah. Kaprikornus bagi teman-teman disabilitas sanggup menceritakan pengalaman sekolah di sekolah khusus atau inklusif atau kuliah yang paling berkesan. Dengan segala suka dan sedih serta pengalaman yang dijalani untuk mengatasi segala keterbatasan tersebut. Diharapkan selain ada kisah yang menarik di dalamnya, ada pula unsur edukatif yang membuka pemahaman masyarakat bahwa penyandang disabilitas juga berhak menempuh pendidikan yang layak dan bisa berjuang dari banyak sekali keterbatasannya. Sedangkan bagi teman-teman non-disabilitas, sanggup sharing mengenai pengalamannya sekolah/kuliah bersama siswa/mahasiswa disabilitas dan berinteraksi dengannya. Dapat pula membuatkan pengalaman mengajar atau mendampingi berguru teman-teman disabilitas.

  5. Format goresan pena berupa naratif atau bentuk cerita. Seperti cerpen atau kisah fiksi, tapi based on true story. Kaprikornus diperlukan teman-teman sanggup membuatkan pengalamannya secara real, dengan media seluruh indera yang dimiliki. Ajak pembaca untuk mencicipi apa yang kau rasakan dan jalani pada ketika itu dengan caramu.

  6. Panjang goresan pena tidak dibatasi, tuangkan saja pengalamanmu sebebas-bebasnya.

  7. Tulisan yang sudah siap untuk dibahas bersama, sanggup diposting di Kartunet.com dengan kategori “Audisi Menulis” dan tag “Meretas Batas Pendidikan”.

  8. Periode audisi menulis MBP yaitu dari 1 sampai 14 April 2014. Semakin kau mengirim tulisanmu lebih awal, maka kesempatan untuk mendapat input pengembangan dari teman-teman komunitas lain makin besar. Kaprikornus lebih baik pula peluang untuk tulisanmu dimasukkan dalam buku edisi kali ini.

  9. Tak ada juara atau pemenang pada audisi menulis ini. Tulisan-tulisan yang terpilih oleh editor akan dimasukkan dalam buku Meretas Batas Pendidikan yang Insya Allah diusahakan sanggup terbit pada bulan Mei dimana ada Hari Pendidikan Nasional. Tiap penulis yang karyanya diterbitkan nantinya akan mendapat royalty yang sistemnya akan dibahas kemudian.


Kurang lebih itu hukum main untuk audisi menulis kali ini. Apabila ada pertanyaan atau masih bingung, jangan ragu tulis di kolom komentar ya. Prinsip dari audisi menulis ini bukan kompetisi, tapi berguru bareng-bareng. Nah, mohon bantu juga ya untuk share warta ini ke teman-teman lain yang sekiranya potensial untuk ikut menulis. Salam akselerasi!



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Audisi Menulis “Meretas Batas Pendidikan” 1 – 14 April 2014"