Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Menghitung Uang Kertas Dan Meminimalisir Penipuan Bagi Tunanetra

Bagi sebagian besar tunanetra, terutama yang berdomisili di Indonesia, membedakan nilai mata uang kertas sangatlah sulit. Mungkin dikarenakan banyaknya jenis nilai mata uang, atau tidak adanya hukum tetap dalam ukuran pencetakan uang kertas, ataupun tingkat “kelecekan” yang sering melanda, menciptakan tunanetra sering salah ataupun tak pede untuk mengerti nilai mata uang Rupiah yang dipegang. Ini juga sanggup menimbulkan kejahatan, misalnya: ketika memperlihatkan kembalian, supir angkutan umum, pedagang asongan, dan lain-lain sering “sengaja” salah sebab mereka tahu bahwa tunanetra tidak sanggup menghitung uang ditangan mereka dengan pasti, walaupun sudah banyak alat (teknologi) yang sanggup membantu, tetapi tidak semua orang sanggup mengaksesnya.


Berikut penulis jabarkan “tips menghitung uang kertas dan meminimalisir penipuan bagi tunanetra”


1. Saat mendapatkan kembalian, susunlah uang kembalian dengan rapih

2. Agar terlihat lebih sopan (tidak menuduh), meinta izin kepada pedagang semoga membantu kita menyusun uang, contoh: “Bang, tolong liatin uang, dong?”

3. Perlihatkan satu-persatu/lembar demi lembar uang yang kita check, contoh: “Kalau yang ini berapaan? terus ini berapa?”

4. Susun uang dengan rapih dan kelompokkan uang sesuai dengan nilainya, misal: 5 ribuan, 2 ribuan, 10 ribuan dst

5. Hitung jumlah uang yang dihitung apakah sesuai dengan “kembalian” yang seharusnya

6. Jika poin 5 sesuai, ucapkan terimakasih, kalau tidak, lapor polisi! 😛


Well, demikian tips menghitung uang kertas dan meminimalisir penipuan bagi tunanetra menurut pengalaman penulis, semoga sanggup memberi pencerahan. Bila kau mempunyai tip lain, yuk share pada kolom komentar!



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Tips Menghitung Uang Kertas Dan Meminimalisir Penipuan Bagi Tunanetra"