Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sering Dinner di Luar? Coba Cara Pakai Kartu Kredit tanpa Bikin Rugi Ini

Dalam kehidupan, bersosialisasi itu penting. Sosialisasi basa-basi bisa berkembang jadi koneksi penting, lho.

 

Misalnya ternyata orang yang kita ajak basa-basi itu bisa jadi supplier barang dagangan atau investor buat kita yang mau buka usaha. Siapa tahu?

 

Sosialisasi dengan teman yang udah kenal bahkan lebih penting lagi. Dengan ngobrol ke sana-kemari, kita bisa lebih mengeratkan pertemanan yang mungkin berguna dalam berbagai aspek kehidupan, dari urusan asmara sampai karier.

 

Masalahnya, bagaimana cara agar sosialisasi ini berjalan dengan mulus. Mungkin kita bisa mencontoh cara Presiden Jokowi dalam menjalin komunikasi dengan pedagang kaki lima yang menolak direlokasi.

 

Lobi meja makan ala Jokowi terbukti ampuh membuat warga yang semula ogah pindah kemudian mau beringsut. Cara Jokowi membuat warga terkesan. Mereka pun bisa dipindah tanpa kekerasan.

 

Kita bisa menggunakan cara yang sama dengan Jokowi, yakni ngobrol sambil makan. Tapi tentu saja cara ini membutuhkan duit.

 

Jokowi sih enak bisa dapat anggaran dari negara. Lha, kita?

 

Tenang, kita tetap bisa bikin temen terkesan di restoran dengan pakai kartu kredit tanpa bikin rugi. Mau tahu caranya? Simak di bawah ini:

 

1. Hunting promo

cara pakai kartu kredit

Rajin-rajin browsing buat cari info promo, lumayan banget kan diskonnya!

 

 

Saat ini banyak situs penyedia informasi promosi dan diskon di restoran-restoran entah dengan kupon/voucher, entah via pembayaran dengan kartu kredit. Sering-seringlah buka situs itu untuk memperoleh informasi terbaru tentang promo.

 

[Baca: Yuk Ngirit, Pantau Terus 12 Website Diskon di Indonesia Ini!]

 

 

Like atau ikuti pula akun media sosial mereka, jadi kita selalu up to date dengan promo-promo terbaru. Kalau ada promo dengan menggunakan kartu kredit yang kita punya, langsung sambar saja gak perlu ragu.

 

Pastikan dapetin restoran yang ngasih manfaat maksimal dari kartu kredit kita. Selain diskon, kita bisa dapet rewards berupa cashback atau poin jika belanja pakai kartu kredit di merchant yang kerja sama ama bank penerbit kartu itu.

 

2. Ajak makan

Begitu info promo kartu kredit udah di tangan, segera temui kawan-kawanmu. Ajak mereka makan, tapi gak usah bilang kamu yang akan bayarin.

 

cara pakai kartu kredit

 Makan bareng-bareng teman-teman memang selalu seru dan menyenangkan ya!

 

 

Apalagi pakai ngomong, “Mumpung ada promo kartu kredit gue.” Malah jatuh harga diri kita, gak jadi bikin mereka terkesan. Main rahasia-rahasian aja, biar mereka surprised.

 

3. Cek tagihan dan bayar

Makanlah sambil ngobrol sewajarnya. Meski ada promo, bukan berarti kita bebas sebebasnya pesan segala macam makanan/minuman, ya.

 

Tetep sesuaikan dengan bujet. Apalagi kalau temen yang ikut makan banyak dan pada pesen menu yang mahal-mahal. Ingat inti makan-makan ini, yaitu mempererat koneksi, bukan makan banyak.

 

Setelah semuanya selesai makan, ambil tagihan dan bayar. Biar lebih mengesankan kayak di film-film, bilang mau ke toilet sebentar. Pas balik, langsung bilang dengan nada meyakinkan: “Yuk, pulang, udah gue bayar.” Cakeeeep…

 

 

cara pakai kartu kreditSetelah makan langsung ke kasir, cek tagihan sebelum bayar ya, pastikan gak ada yang salah

4. Panen hadiahnya

Yang terakhir, kita tinggal memanen hadiahnya. Setidaknya ada dua hadiah yang bisa kita dapat dari jurus lobi meja makan ala Jokowi ini.

  1. Rewards dari kartu kredit
  2. Kesan bagus dari temen yang diajak makan

 

Cara pakai kartu kredit tanpa bikin rugi di atas membuat duit yang kita keluarin gak berarti dibandingkan dengan hadiah yang kita dapet. Barang yang bisa ditukar dengan total poin dari kartu kredit bahkan secara nominal bisa lebih besar daripada biaya makan-makan itu.

 

Contohnya biaya makan-makan Rp 500 ribu. Setelah dapet poin dari bayar di restoran itu, total poin yang kita punya bisa ditukar dengan smartphone Samsung seharga Rp 5 jutaan.

 

cara pakai kartu kredit

Siapa sih yang gak senang kalau bisa mendapatkan banyak hadiah 

 

[Baca: Kenali Manfaat Kartu Kreditmu: Points Rewards vs Cash Back]

 

Tapi tentunya gak mungkin poin dari transaksi di restoran itu bisa langsung ditukar dengan reward bernilai gede. Kecuali sekali makan langsung habis puluhan juta rupiah.

 

Hadiah lebih bernilai dapat dari kesan bagus yang kita tinggalkan buat temen. Kesan yang bagus ini bisa membuka peluang ke manfaat lain.

 

Mungkin temen, terutama di tempat kerja, bakal lebih sering bantuin selesaikan pekerjaan kantor. Terus temen yang digebet bisa jadi langsung terpesona dan jatuh cinta.

 

Eh bentar dulu, kalau gak niat buat nraktir orang, apa masih bisa bikin mereka terkesan dengan kartu kredit kita?

 

Ya bisa aja. Tetap lakuin “mau ke toilet bentar” kayak di poin nomor 3 di atas. Begitu balik, bilang aja ke teman-temanmu, “Udah gue bayar, ntar tinggal kasih duitnya ke gue ya!” Poin rewards dapat, kesan pun dapat (meski ga bakal segede kalau nraktir, kan semua orang suka ditraktir, hehe).

 

 

Punya kartu kredit itu banyak manfaatnya, asal kita tahu cara menggunakannya. Bukan malah menyalahgunakannya. Yang ada malah bisa kejebak utang kartu kredit.

 

[Baca: Kebiasaan Bayar Minimum Tagihan Kartu Kredit Bisa Bikin Celaka]

 

 

 

Image Credit :

  • http://katalogpromosi.com/wp-content/uploads/2015/02/dominos_bca-bni_12082015.jpg
  • https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhR0UzHz2FPa-Ey4opx8_JgA_zwTlwM9Zu0a8IcQh4UIdj78L-28t14V7aI794dv84U-PUg5rrmQZkXxfKqRCP3qQeJSmH-vefWByoa3Myz4CGN7s08mPJ6EUPc459bZWDBCpHZpTWrly33/s1600/284852_1848001928876_1505527448_31422862_430618_n.jpg
  • http://laurentiadewi.com/uploads/DSCF2137.jpg
  • https://res.cloudinary.com/cermati/image/upload/q_70/v1433321456/crtpok2kpg6gn1tdixbz.jpg

Posting Komentar untuk "Sering Dinner di Luar? Coba Cara Pakai Kartu Kredit tanpa Bikin Rugi Ini"