Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gelar Pesta Natal dengan Bujet Terbatas? Begini Caranya

Mau bikin pesta perayaan Natal dengan bujet terbatas? Siapa bilang gak bisa? Semuanya tetap bisa dilakukan asal kamu tahu bagaimana triknya.

Semua tentu tahu bahwasannya gak sedikit dari kita yang memanfaatkan momen Natal untuk kumpul-kumpul bersama keluarga. Kumpul-kumpul tentu identik dengan makan-makan bukan?

Kalau yang diundang banyak tentu saja biayanya juga besar. Begitu pun sebaliknya.

Menjelang Hari Natal yang sebentar lagi tiba, MoneySmart bakal membocorkan ke kamu soal trik soal bagaimana menggelar perayaan Natal dengan bujet terbatas tapi tetap seru. Ingin tahu lebih lanjut? Simak ulasannya yuk di sini.

Baca Juga: Gak Perlu Mahal Asal Berkesan! Ini Rekomendasi Kado Natal di Bawah Rp 100 Ribu

1. Jual barang buat nutup kerugian gelar perayaan Natal

Jual barang bekas. (Shutterstock)
Jual barang bekas. (Shutterstock)

Hey, semua butuh biaya bukan? Kenapa gak diminimalisir saja biaya perayaan Natal di rumahmu dengan cara menjual barang-barang yang gak perlu.

Sebut saja, kamu harus keluar bujet Rp 3 juta untuk menggelar pesta di rumahmu. Dengan menjual barang-barangmu yang gak kepakai dengan senilai Rp 1 juta, berarti pengeluaranmu untuk menggelar pesta itu bisa cuma Rp 2 juta. Lebih hemat dong?

So, mulai dari sekarang coba lihat isi lemari. Kira-kira apakah ada baju, sneakers, atau barang-barang apa lagi yang sudah gak terpakai. Segera jual saja di situs OLX, Carrousell, atau Kaskus.

Baca Juga: Ini Pilihan Kado Natal Unik dan Berkesan Buat Si Dia

2. Coba masak menu western yang bahan bakunya gak mahal

Masak menu western yang hemat. (Shutterstock)
Masak menu western yang hemat. (Shutterstock)

Saat perayaan Natal, hidangan menu ala Barat pastinya bakal dicari oleh para tamu. Dan gak perlu repot-repot kok, banyak menu masakan ala Barat yang bahan bakunya murah.

Kalau gak percaya coba saja googling di situs-situs internet. Percaya deh, dengan bujet Rp 300 ribu kamu sudah bisa bikin Garlic Lemon Shrimp, Slow Cooker Pulled Pork, Beef Caserole, atau Roasted Vegetable Bacon.

Dengan bujet segitu, porsi yang bisa kamu bikin juga cukup berlimpah. Gak usah khawatir.

Baca Juga: Bikin Natal Terasa Spesial dengan Promo Kartu Kredit Ini

3. Minumannya suguhkan air putih saja

Minumnya air putih aja. (Shutterstock)
Minumnya air putih aja. (Shutterstock)

Soft drink, sirup, atau minuman manis lainnya memang cukup menggugah selera para tamu. Tapi, otomatis kamu harus modal duit untuk menyiapkan minuman tersebut.

Gimana kalau modal beli satu galon air mineral saja? Tentunya gak repot dalam hal penyajian bukan? Tinggal tuang ke gelas dan beres deh.

4. Hias sendiri pohon Natal di rumah

Hias sendiri pohon natal di rumah. (Shutterstock)
Hias sendiri pohon natal di rumah. (Shutterstock)

Mustahil kalau perayaan Natal di rumah gak ada pohon Natal. Membeli pohon Natal tentu gak akan disertai dengan hiasan.

Daripada harus beli hiasan, gimana kalau bikin sendiri saja. Dengan bujet Rp 50 ribu, kamu bisa kok bikin hiasan sendiri seperti dengan botol-botol bekas berisi foto, bohlam, hiasan botol plastik.

MoneySmart punya kok artikel DIY soal hiasan pohon Natal. Tenang saja!

5. Adakan potluck party

Adakan potluck party. (Shutterstock)Ngundang banyak orang? Jangan kamu sendiri dong yang repot. Adakan potluck party yang artinya setiap tamu yang diundang kamu minta bawa makanan juga.

Dengan mekanisme ini, otomatis perayaan Natal di rumahmu jadi makin seru. Pasalnya, makananya bakal banyak bukan?

Itulah tips dan trik menggelar perayaan Natal dengan bujet terbatas. Intinya semua gak mesti identik dengan pengeluaran yang besar.

Kamu masih punya banyak strategi untuk membuatnya jadi lebih hemat, biar pengeluaran tahun ini gak jebol. Yuk mari dicoba. (Editor: Ruben Setiawan)

Posting Komentar untuk "Gelar Pesta Natal dengan Bujet Terbatas? Begini Caranya"