Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deretan Kartu Kredit Cash Back Terbaik yang Bisa Bikin Kita Lebih Hemat

Sayang tuh kalau jadikan kartu kredit sekadar aksesori di dompet. Apalagi kalau ada program cashback. Setiap kartu kredit digesek, tradaaaa…dapat deh pengembalian duit sekian persen dari nominal transaksi. Gesek kartu kredit lalu berhadiah duit, siapa yang enggak nolak!

 

Perlu dicatat dulu, besaran cashback-nya pasti tergantung sama kebijakan penerbit kartu kredit. Misalnya saja kartu kredit X menawarkan cashback 5% di tiap transaksi yang dilakukan. Jadi kalau transaksi Rp 1 juta maka cashback-nya 5% X Rp 1 juta = Rp 50 ribu. Nah, duit Rp 50 ribu ini bakal dikembalikan pada rekening kartu kredit di bulan berikutnya.

 

Coba bayangkan kalau persentase cashback-nya gede, pasti makin besar pula duit yang dikembalikan ke rekening kartu kredit. Sekarang peer-nya tinggal lihat mana kartu kredit yang kasih tawaran cashback paling oke.

 

Cuma indikator cashback yang oke bukan semata-mata sama besaran persentase-nya, tapi juga lihat apakah cashback itu sesuai dengan kebutuhan. Katakanlah biasa pakai kartu kredit untuk belanja bulanan di supermarket, ya cari kartu kredit yang tawarkan cashback untuk jenis transaksi itu.

 

Nah, iming-iming cashback bakal jadi sia-sia kalau ternyata tak sesuai dengan kebutuhan. Misalnya saja enggak doyan nongkrong di restoran tapi cashback-nya hanya berlaku untuk transaksi di restoran. Masak demi dapat cashback 20% mesti maksakan diri makan di restoran dulu. Kan enggak lucu.

 

Iming-iming cashback ini bisa jadi keuntungan yang mesti dimaksimalkan dari kartu kredit. Tawaran cashback membuat kartu kredit jadi lebih sakti. Kadang, adanya cashback ini bisa membuat orang berpaling dan meninggalkan kartu kredit sebelumnya yang dianggap enggak mumpuni.

 

[Baca : Program Cash Back Kartu Kredit Untung atau Buntung]  

 

 

Dari sekian bejibunnya kartu kredit, kira-kira mana ya yang menawarkan cashback yang paling oke? Mungkin lima kartu kredit cash back terbaik ini bisa jadi pertimbangan untuk dimiliki karena lebih menguntungkan. Apa saja itu?

 

1. PermataShopping card

 

Kartu kredit ini bisa jadi pegangan buat yang rutin belanja di supermarket atau restoran. Kartu kredit yang diterbitkan Bank Permata ini menyodorkan cashback 10% untuk setiap belanja di supermarket dan restoran yang jadi mitranya.

 

Saat PermataShopping card digesekkan di kasir, seketika itu juga cashback dikreditkan langsung pada tagihan bulanan. Nilai cashback ini bisa digunakan untuk memotong jumlah tagihan kartu kredit. Ujung-ujungnya, tagihan bakalan berkurang.

 

Atau bisa juga opsi lainnya dengan mengumpulkan nilai cashback itu dalam sekian waktu. Artinya, cashback itu ditabung dulu lalu kemudian digunakan di kemudian hari. Nah kalau belanja bulanan di supermarket nilainya Rp 5 juta, maka dapat cashback Rp 500 ribu. Dikumpulkan tiga bulan saja bisa dapat Rp 1,5 juta. Angka yang tak sedikit, bukan?

 

kartu kredit cash back terbaik

 Kalo hobi belanja coba deh apply kartu kredit Permata Shopping Card, banyak benefit yang bisa kamu dapetin lho!

2. Citi Cashback Platinum

 

Citi Cashback menawarkan keuntungan pengembalian dana sampai Rp 500 ribu per bulan atau Rp 6 juta dalam setahun. Perhitungan cashback itu diambil dari akumulasi transaksi bulanan, entah itu transaksi retail atau pembayaran tagihan rutin dengan Citi Cashbck. Cocok bagi mereka yang nilai transaksi bulanan pakai kartu kredit cukup besar.

 

Buat dapatkan cashback ini, pelajari dengan seksama aturan mainnya. Nilai cashback kartu kredit ini dihitung berdasarkan sistem progesif dalam satu periode. Rinciannya, nilai transaksi Rp 6 juta pertama dapat cashback 1%. Lalu transaksi Rp 6 juta berikutnya dapat lagi cashback 3%. Dan, pembelanjaan senilai di atas Rp 12 juta dapat cashback 5%.

 

Detailnya begini, pada bulan Juni 2015 trercatat ada transaksi mencapai Rp 20 juta dengan Citi Cash Back. Maka perhitungan cashback sebagai berikut:

 

Rp 6 juta pertama kali 1% = Rp 60.000

Rp 6 juta kedua kali 1% = Rp 180.000

Terakhir, Rp 20 juta dikurangi (Rp 6 juta+Rp 6 juta) x 5% = Rp 400.000

Total = Rp 640.000

 

Karena nilainya melebihi batas maksimal (Rp 640 ribu), maka cashback yang diberikan adalah Rp 500 ribu.

 

[Baca : Kenali Manfaat Kartu Kreditmu Points Rewards vs Cash Back]  

 

 kartu kredit cash back terbaikSiapa yang gak kenal reputasi Citibank? Bank besar ini juga nyediain fasilitas cash back 

3. ANZ MasterCard Titanium

 

Suka belanja online? Kartu kredit ini pas banget karena ada cashback untuk semua transaksi online. Oh ya, nilai cashback ini ada maksimumnya yakni Rp 300 ribu. Lebih-lebih ANZ Titanium kerja bareng sama sejumlah situs e-commerce sehingga banyak penawaran yang menguntungkan.

 

Kemudian, cashback ini juga bisa digunakan saat transaksi di SPBU. Jadi, saat mampir ke SPBU, pastikan ada layanan pembayaran kartu kredit biar bisa memaksimalkan fitur cashback dari ANZ Titanium ini. Lumayan lah dapat cashback sampai 20%. Tuh, enakkan mengingat bahan bakar buat kendaraan sifatnya pengeluaran yang pasti.

 

Punya kartu kredit jenis ini bisa jadi jurus hemat menekan pengeluaran untuk bahan bakar kendaraan. Maklumlah, pengeluaran bahan bakar kendaraan ini terbilang cukup besar. Terlebih bagi yang mobilitasnya tinggi.

 

kartu kredit cash back terbaik

Kamu suka belanja online? Nah, kartu ANZ Mastercard Titanium ini cocok banget deh, ada cash back nya lho!

4. PermataHero Card

 

Sebaiknya kartu kredit ini tersedia di dompet bila sering mampir ke Giant, Hero, atau apotek Guardian. Setiap transaksi di retail itu, siap-siap diganjar cashback sampai 3,5%. Tinggal serahkan PermataHero Card di kasir, maka secara otomatis cashback bakal diberikan begitu kasir menyelesaikan pembayaran. Enaknya lagi, cashback ini bisa diambil dalam bentuk uang tunai langsung di kasir.

 

Selain itu, ada juga tambahan cashback sebesar 1,5% untuk transaksi di merchant-merchant di luar Giant, Hero, dan Guardian. Makin sering kartu kredit digesek yang pada akhirnya menambah besar nilai transaksi, secara otomatis akan mendapatkan cashback yang besar pula.

 

kartu kredit cash back terbaik

 Nah, buat yang jadi regular customer Giant atau Hero, Permata Hero Card ini pilihan pertama 

5. Mandiri Hypermart Visa Gold

 

Suka belanja bulanan di Hypermart atau kongkow-kongkow di Foodmart? Mending transaksinya menggunakan Mandiri Hypermart Visa Gold. Kenapa? Ada iming-iming cashback sampai 10% kalau di kasir menyerahkan kartu kredit tersebut.

 

Terus yang tak kalah asyik lagi, cashback 10% juga bisa dinikmati kala mengajak kendaraan kesayangan mampir di SPBU. Maka itu, sebelum isi bensin, tanya dulu ke petugas SPBU apakah bisa menggunakan kartu kredit. Jangan sampai melewatkan tawaran ini hanya karena SPBU itu enggak ada mesin EDC-nya.

 

Itulah sebagian kartu kredit yang menawarkan cashback saat transaksi dengan menggesekkan duit plastik tersebut. Lagi-lagi cashback ini bisa bermanfaat maksimal jika syarat mendapatkan program itu sesuai dengan kebutuhan.

 

Misalnya saja kartu kredit dengan cashback di SPBU bisa jadi pertimbangan untuk menekan pengeluaran BBM. Atau bila rutin belanja kebutuhan rumah tangga di supermarket, bisa memilih kartu kredit yang menawarkan cashback untuk transaksi itu.

 

 

Jangan sampai tawaran cashback itu jadi perangkap untuk berutang. Maksudnya, demi mengejar cashback yang nilainya tak seberapa malah menggunakan kartu kredit yang tak sesuai kebutuhan. Katakanlah rela mampir ke restoran untuk dapat cashback yang sebenarnya enggak perlu-perlu amat.

 

 kartu kredit cash back terbaikBuat yang suka kongkow Mandiri patut dilirik banget 

 

[Baca : Kartu Kredit Supermarket yang Bukan Sekedar Alat Pembayaran Belanja Bulanan]

 

 

 

Image Credit :

  • http://proto.areamagz.com/alpha/backend/media/data/entry_images/2011/02/01/permatashopping-card2_full.jpg
  • http://img1.beritasatu.com/data/media/images/medium/1360852181.jpg
  • http://photo.kontan.co.id/photo/2014/03/12/1644865555p.jpg
  • https://www.permatabank.com/uploadedImages/PermataBank/Content/Products/Personal/CreditCards/Image%20for%20web-01%20REV.jpg
  • http://www.teropongbisnis.com/wp-content/uploads/2013/06/Berbagai-Pilihan-Kartu-Kredit-Mandiri-1.jpg

Posting Komentar untuk "Deretan Kartu Kredit Cash Back Terbaik yang Bisa Bikin Kita Lebih Hemat"