Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Menu Sahur Hemat tapi Bikin Tetap Berenergi, Cobain Yuk!

Ramadan sudah di depan mata. Selain menyiapkan hati dan pikiran, khususnya ibu-ibu dan anak kos, sudah harus ancang-ancang merencanakan menu sahur hemat tapi bikin tetap berenergi.

 

Buat yang mau bener-bener ekstra ngirit, bisa mempertimbangkan membeli bahan makanan untuk seminggu full. Kemudian dari bahan-bahan itu dipisah untuk dimasak per hari. Setelah seminggu, beli bahan lain untuk minggu berikutnya. Begitu seterusnya sampai Lebaran.

 

Biar gak bosan, variasikan bahan-bahan itu menjadi menu yang berbeda setiap hari. Yang penting, harus ada protein dalam menu sahur. Pasalnya, protein berguna buat mencegah lapar dan menyediakan banyak energi biar aktivitas sehari-hari. Jadi, puasa jalan terus deh.

 

Sumber makanan yang banyak mengandung protein antara lain:

  • Telur
  • Kacang-kacangan
  • Ikan
  • Daging sapi bebas lemak
  • Dada ayam (tanpa kulit)
  • Tahu-tempe
  • Kentang
  • Buncis

 

Jadi, kalau mau beli sekalian untuk menu sahur hemat seminggu, bahan makanan di atas wajib ada di daftar belanjaan. Selain belanja di pasar tradisional, yang memang terkenal murah, kita juga bisa kok belanja hemat di supermarket. [Baca: 3 Trik yang Bikin Belanja Bulanan di Supermarket Lebih Menguntungkan]

 

Khusus ikan, gak perlu beli salmon atau tuna. Lele dan ikan kembung atau ikan teri, yang lebih murah, juga bergizi tinggi kok. Kandungan proteinnya juga banyak.

 

Oiya, gak hanya makanan, buah juga harus ada di meja buat sahur. Banyak kok buah murah tapi bergizi tinggi plus tahan lama. Kurma sudah tentu wajib masuk daftar menu. Pilihan lainnya:

  • Pisang
  • Jeruk
  • Pepaya
  • Belimbing
  • Mangga
  • Semangka

Buah-buahan itu kaya vitamin tapi harganya  relatif murah. Coba bandingkan dengan harga apel atau pear atau malah kiwi yang juga bergizi, tapi lebih mahal. Apalagi pisang juga bisa dijadikan menu utama sahur karena merupakan sumber energi yang bagus.

 

Menu sahur yang hemat tapi penuh gizi yang bisa dicoba dari bahan-bahan tersebut di atas antara lain:

 

1. Nasi goreng spesial ikan teri

Nasi goreng spesial ikan teri

 

 

Menu hari pertama sahur, coba yang simpel, kayak nasi goreng spesial ikan teri. Nasi goreng dengan campuran teri plus telur ceplok spesial di atasnya. Untuk minuman, bisa jus jeruk. Hmmm…nyam..nyam..

 

Asal jangan terlalu pedas bikin nasi gorengnya. Kalau sahur makan terlalu pedas, lambung bisa melilit nanti. Jadinya harus beli obat atau malah ke dokter, gak jadi ngirit deh.

 

2. Orak-arik telur kacang polong

Orak-arik telur kacang polong

 

 

Menu sahur murah meriah tapi bergizi selanjutnya adalah orak-arik telur kacang polong. Kacang polongnya beli yang beku saja di supermarket. Menurut situs kesehatan WebMD, sayuran beku malah kandungan nutrisinya lebih terjaga karena dingin.

 

Bahan utama untuk bikin orak-arik cukup telur, buncis, dan wortel yang diiris tipis dan kecil-kecil. Untuk menemani makan, jus belimbing kayaknya seger tuh.

 

3. Sop daging (kentang, kacang polong, buncis) + tahu-tempe

Sop daging (kentang, kacang polong, buncis) + tahu-tempe

 

 

Setelah dua hari makan garingan, saatnya sahur pakai menu berkuah, yaitu sop daging. Selain daging, isikan kentang, kacang polong, dan buncis sebagai sayuran. Buat pelengkap, goreng deh tahu dan tempe.

 

Bagian daging sapi yang paling rendah lemak adalah tenderloin, tapi memang agak mahal. Alternatifnya, bisa juga pilih iga. Setelah sop selesai disantap, tutup dengan buah pepaya yang bertekstur lembut dan bagus buat pencernaan. [Baca: Yuk Ketahui Potongan-Potongan Daging Sapi yang Berbeda-beda]

 

4. Dada goreng sambal lalapan + pisang panggang

Dada goreng sambal lalapan + pisang panggang

 

 

Daripada beli pecel ayam gak jelas riwayat ayam dan minyak goreng yang digunakan, bikin sendiri saja dada goreng sambal lalapan buat sahur. Kalau mau lebih sehat, goreng dada ayam kampung tanpa kulit.

 

Untuk melengkapi nutrisi karena tak ada sayur, bikin pisang panggang buat penutup. Kalau ada persediaan meses atau keju, taburkan di atasnya biar lebih yummy. Terakhir, makan buah mangga buat penurun kolesterol setelah makan makanan berminyak.

 

5. Pepes lele

Pepes lele

 

 

Ikan lele selain murah, banyak gizinya. Ikan lokal ini mengandung selenium yang sangat baik buat menjaga daya tahan tubuh. Sssst..selenium juga baik buat keperkasaan pria, lho.

 

Kalau ribet bikin pepes, bisa juga digoreng biasa, seperti pecel lele. Tapi kalau dibikin pepes makannya lebih nikmat karena lebih ramai rasanya. Kalau mau sahur pakai lele goreng, tutup dengan jus mangga, yang bermanfaat menurunkan kolesterol.

 

6. Oseng-oseng tahu-tempe kacang polong +  telur ceplok

Oseng-oseng tahu-tempe kacang polong +  telur ceplok

 

 

Oseng-oseng tahu tempe bumbu kecap dengan tambahan kacang polong pasti bikin lidah nagih. Gak cuma murah, makanan ini sangat bergizi karena terdiri atas kacang-kacangan. Bikinnya pun gampang karena cukup pakai bumbu bawang merah-putih dan kecap.

 

Telur ceplok bisa jadi pendamping kalau lauk dirasa tak cukup. Agar mulut fresh setelah makan, santap potongan semangka yang penuh air itu. Satu buah semangka buat dimakan seminggu juga cukup kalau sendirian.

 

7. Ikan kembung kuah pindang

Ikan kembung kuah pindang

 

 

Menu terakhir, saatnya ikan-ikanan lagi. Ikan kembung gampang didapat dan murah harganya. Selain menyegarkan, ikan kembung kuah pindang bisa bikin energi naik karena kandungan proteinnya.

 

Apalagi kalau ditambahi irisan cabe rawit secukupnya agar bikin mata gak ngantuk pas sahur. Jus jeruk bisa dijadikan penutup untuk menghilangkan bau khas ikan di mulut dan sekitar ruangan.

 

 

Gimana, sudah ada ide buat menu sahur pada bulan puasa mendatang? Kalau bisa ngirit saat sahur, kan bisa dipakai untuk kebutuhan lain duit kita. Atau mungkin dari masak-masak ini malah terbersit ide buat bikin usaha warung sendiri. [Baca: Peluang Usaha Kecil atau Bisnis Menguntungkan dari Rumah]

 

Sebenarnya ada satu lagi bahan makanan yang bergizi tinggi dan bisa disimpan lama, yaitu oatmeal. Tapi sepertinya lidah orang Indonesia kurang cocok dengan makanan ala Barat ini.

 

Kalau mau coba oatmeal, bisa juga dikombinasikan dengan bahan-bahan makanan di atas. Selamat masak sahuurrr…sahuuurrr…sahuuurrrr..sahuuurrrr..

 

 

 

Image credit:

  • http://2.bp.blogspot.com/-VyDm-vCIeGU/T-kC0DOjfOI/AAAAAAAAAA8/SMxjIYdQvAU/s1600/teri2.jpg
  • http://duniafitnes.com/wp-content/uploads/2012/01/Scrambled-egg-and-chinese-longbean.jpg
  • http://www.resepmasakanidola.com/wp-content/uploads/2013/10/Resep-Dan-Cara-Membuat-Pepes-Lele.jpg
  • http://www.raja-makan.co.id/image/data/blog/recipe/large_resep_61_pindang%20ikan%20bandeng.jpg

Posting Komentar untuk "7 Menu Sahur Hemat tapi Bikin Tetap Berenergi, Cobain Yuk!"