Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ylki Imbau Pt Angkasapura I Kemudahan Penyandang Disabilitas

Sejumlah petugas bandara berada di ruang lobi di Terminal T YLKI Imbau PT Angkasapura I Akomodasi Penyandang Disabilitas


TEMPO.CO, Jakarta – Tulus Abadi, pengurus harian Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia atau YLKI imbau PT Angkasapura I kemudahan penyandang disabilitas terkait dengan pembatalan boarding call di Bandara Juanda Surabaya. Ia menilai intinya perihal itu baik, “Cuma perlu sosialisasi kepada para penumpang dan calon konsumen,” katanya kepada Tempo, Kamis, 29 Mei 2014.


Untuk para penyandang disabilitas, misalnya, ia berharap pembatalan boarding call dibauri kebijakan yang memperhatikan kepentingan mereka. “Seperti dipandu petugas dari check in sampai nanti penumpang itu naik pesawat,” katanya. Terlebih, kalau penyandang disabilitas tersebut tidak mempunyai pendamping. “Jangan hingga mereka ketinggalan pesawat,” ujarnya.


PT Angkasa Pura I berencana menghapus sistem boarding call atau panggilan boarding. Sekretaris Perusahaan Farid Indra Nugraha menyatakan langkah ini dilakukan guna meningkatkan kenyamanan. “Contohnya bandara-bandara besar di luar negeri, menyerupai Changi itu tidak ada boarding call,” katanya saat dibubungi Tempo, 21 Mei 2014.


Pada tahap awal, ia menyampaikan AP I akan melaksanakan uji coba di Bandara Juanda Surabaya mulai 1 Juni 2014. Uji coba ini akan dilaksanakan dalam jangka waktu tertentu, tiga hingga enam bulan. “Setelah itu, dievaluasi. Kalau lancar, akan diberlakukam di seluruh bandara AP I,” tuturnya.


Masyarakat, berdasarkan dia, tidak perlu gundah dengan sistem gres ini. Musababnya, saat check-in, para petugas akan memberi warta kalau sistem tersebut ditiadakan dan diminta hadir sempurna waktu. “Kami juga memasang spanduk-spanduk di bandara sebagai bentuk sosialisasi,” ujarnya.


Lagipula, pengumuman yang biasanya berisi warta semoga penumpang pesawat segera boarding masih diperdengarkan di ruang tunggu penumpang, hanya bedanya tidak diperdengarkan lagi di selasar atau seluruh ruang di bandara.


ANANDA PUTRI


sumber: Tempo.co



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Ylki Imbau Pt Angkasapura I Kemudahan Penyandang Disabilitas"