Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Uang Rokok 10 Tahun Dibelikan Reksa Dana, Bisa Tumbuh Jadi Rp170,8 Juta

Artikel ini dipersembahkan oleh mitra produk investasi kami Bareksa.com Bareksa Logo

 

Bareksa.com – Buat sebagian orang, rokok sudah menjadi candu. Tak bisa tidak, harus dihisap secara rutin, terus-menerus. Mereka yang taraf kecanduannya belum kelewat parah, bisa menghabiskan sebungkus rokok setiap harinya. Artinya, jika kita asumsikan ini adalah harga jual rata-rata sebungkus rokok, kalangan ini merogoh kocek paling tidak Rp12.000 setiap hari atau sekitar Rp360 ribu sebulan. Jika dihitung selama 10 tahun, maka uang yang dibakar perokok mencapai Rp43,2 juta.

 

Pertanyaannya — ini mudah-mudahan dapat membuat Anda berhenti merokok — apa yang terjadi jika uang tersebut Anda alihkan untuk berinvestasi di reksa dana?

 

Menggunakan Simulator Reksa Dana Bareksa, ternyata hasilnya fantastis!

 

Jika sejak 10 tahun lalu uang rokok itu Anda belikan suatu reksa dana berbasis saham (nama produk tidak disebutkan untuk menghindari promosi), maka alih-alih terbakar habis dan meracuni paru-paru Anda, total uang Anda yang semula Rp43,2 juta itu sekarang sudah menggelembung menjadi Rp170,8 juta. Dengan kata lain, return yang Anda peroleh hampir mencapai 300 persen!

 

Di Simulator itu, coba Anda pilih periode 10 tahun ke belakang, misalnya pada 18 Februari 2005 hingga 17 Februari 2015. Kemudian, masukkan nilai investasi awal sebesar Rp360 ribu dan nilai tambahan investasi setiap bulan sebesar Rp360 ribu yang akan Anda tanamkan setiap tanggal 18. Maka, hasilnya akan tampak seperti grafik di bawah ini.

 

Grafik: Hasil Simulasi Investasi Reksa Dana dalam 10 Tahun

grafik 1

 

 

Dalam 10 tahun, uang rokok Anda yang Rp43,2 juta itu, alih-alih terbakar habis, malah menghasilkan keuntungan (return) sebesar Rp127,6 juta atau tumbuh 295,3 persen. Totalnya, uang Anda menjadi Rp170,8 juta.

 

Jadi, silakan Anda pilih: terus merokok atau mulai berinvestasi di reksa dana.

 

 

 

Baca Juga:

Di Usia Senja, Masihkan Harus Mengambil Risiko Dalam Berinvestasi?

Tabungan Pendidikan Rp500 Rb/Bln Dibelikan Reksa Dana Tumbuh Jadi Rp135 Jt

Tingginya Harga Rumah Tidak Terjangkau Gaji, Ini Jadi Alternatif Cara Beli Rumah

Posting Komentar untuk "Uang Rokok 10 Tahun Dibelikan Reksa Dana, Bisa Tumbuh Jadi Rp170,8 Juta"