Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pahami Cara Pakai SMS Banking, Simpel dan Gak Perlu Pakai Internet

Dulu orang pacaran suka kirim pesan mesra lewat SMS, tapi kini banyak yang beralih ke WhatsApp atau BBM karena ada emoticon unyu-unyu dan lebih simpel. Tapi layanan SMS gak lantas patut ditinggal begitu aja.

 

Masih banyak pihak yang memanfaatkan fitur yang dipunyai segala jenis hape ini. Salah satunya bank.

 

Bank punya layanan SMS banking buat nasabahnya yang pengin bertransaksi tanpa lewat teller atau ATM. Mau cek saldo, bisa. Transfer, bayar tagihan listrik, beli pulsa, tinggal ketak-ketik-ketak-ketik, kirim.

 

Memang, dibanding fitur lain kayak Internet banking, SMS banking terbilang jadul. Tapi kejadulannya ini mendatangkan keuntungan: lebih simpel.

 

Penjelasan ihwal layanan SMS banking ada di buku Bijak Ber-E-Banking yang dirilis Otoritas Jasa Keuangan dan bisa diakses gratis melalui website-nya. Berbagai hal dari definisi sampai cara pakai SMS banking ada di sana.

 

SMS banking bisa dibilang sebagai layanan e-banking yang paling ramah nasabah. Gimana gak? Coba kalau pak tani di desa disuruh transaksi pakai Internet banking. Kerepotan pastinya.

 

Pertama, koneksi Internet di desa kurang bagus dibanding di kota. Kedua, kebanyakan warga desa kurang familier dengan teknologi Internet jika dibandingkan dengan masyarakat kota.

 

[Baca: Cicipi Kredit Usaha Rakyat, Hidup Sejahtera pun Terbuka Lebar]

 

Berkat SMS banking, pak tani tinggal ketik SMS buat cek apakah duit penjualan beras dari agen udah masuk ke rekeningnya. Peternak sapi juga tinggal pencet tuts hapenya buat mastiin bahwa susu sapinya udah dibayar lunas.

 

 

Cara Pakai SMS Banking

SMS banking bisa diakses lewat dua pilihan, yaitu:

 

cara pakai sms banking

Gak ada kata susah ya kalo mau belajar, demikian pula halnya dengan sms banking. Cara pakainya mudah kok!

1. SMS biasa

Ini cara yang umum dipakai dalam fitur SMS banking. Caranya, nasabah mengetik pesan berupa kode tertentu dan mengirimkannya ke nomor khusus dari bank. Misalnya Transfer <rek_sumber><rek_ tujuan><nominal><password> untuk melakukan transfer.

 

2. SMS toolkit

Kalau jenis ini, nasabah menggunakan SMS banking dari menu SIM card. Menu SIM card untuk SMS banking berbeda-beda tergantung providernya. Menu SMS banking Indosat, misalnya, beda dengan menu pada XL atau Simpati.

 

Untuk memanfaatkan SMS banking, kita wajib daftar dulu ke bank. Jangan lupa bawa hapenya. Setelah daftar dan dapat password, barulah kita bisa mengakses layanan ini.

 

Setiap bank punya petunjuk sendiri-sendiri soal cara pakai SMS banking. Jadi, untuk lebih jelasnya, lebih baik kunjungi bank tersebut dan tanyakan bagaimana cara menggunakan fitur itu untuk bertransaksi ke petugas bank.

 

Seperti disebutkan sebelumnya, layanan SMS banking relatif lebih simpel dalam penggunaannya ketimbang Internet banking. Sebab dalam Internet banking memerlukan banyak tahap.

 

Buat cek saldo, misalnya, harus buka situs bank dulu, terus masukin user ID dan password, terus baru pilih menu. Kalau lewat SMS banking, tinggal kirim kodenya ke nomor yang udah ditentuin. Sooo simpel.

 

Tapi, ada satu kelemahan SMS banking, yaitu kita wajib hafal satu per satu kode yang dibutuhin untuk masing-masing transaksi. Soalnya kode-kode itu berlainan. Kalau kodenya lupa, ya gak bisa transaksi.

 

Namun kalau pakai SMS banking gak perlu konek ke Internet. Yang penting pulsa cuku buat kirim SMS.

 

Kalau kita punya smartphone, mungkin  bisa daftar dua-duanya. Jadi ketika lagi gak ada koneksi Internet, kita bisa pakai SMS banking buat transaksi.

 

Gak ada ruginya punya akses ke dua fitur itu. Namun, dengan terdaftar di dua layanan tersebut, otomatis kita harus lebih berhati-hati menjaga keamanan saat bertransaksi.

 

Bisa saja kita merasa udah ngamanin Internet banking, eeh, ternyata bobolnya malah di SMS banking. Begitu juga sebaliknya.

 

cara pakai sms banking

Kalo udah tahu cara pakai sms banking, ingat ya untuk selalu waspada dalam penggunaannya

 

 

Tapi hidup ini gak seru tanpa risiko, iya gak? Kalau kata pengusaha sukses, semakin besar risiko di depan, semakin besar manfaat yang berpotensi kita rebut!

 

[Baca: 5 Kisah Pengusaha UKM yang Sukses Memulai Bisnis dari Nol]

 

 

 

Image credit :

  • http://www.detikgadget.net/wp-content/uploads/2015/09/Cara-Menggunakan-SMS-Banking.jpg
  • http://3.bp.blogspot.com/–MlnS2m3op4/Uq2T3fbfPOI/AAAAAAAAAgo/Aoid1GNPTao/s1600/Modus+Penipuan+Via+SMS+berkedok+Telkomsel+20131209.jpg

Posting Komentar untuk "Pahami Cara Pakai SMS Banking, Simpel dan Gak Perlu Pakai Internet"