Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nih Manfaat Punya Kartu Kredit Lebih dari Satu, Maksimalkan Biar Gak Mubazir

Gak sembarang orang bisa punya kartu kredit. Apalagi bisa sampai punya kartu kredit banyak.

 

Wong, kadang untuk tembus apply satu kartu kredit aja syaratnya cukup bikin pusing pala barbie. Lha ini, bisa memiliki sederet kartu ajaib itu.

 

Kalau kamu termasuk di antara orang yang beruntung tersebut, harus bisa memaksimalkan manfaatnya. Lucu kan, sudah pegang beberapa kartu kredit tapi malah manfaatnya gak diambil.

 

Nah, daripada kartu itu menuh-menuhin dompet, yuk maksimalkan manfaat punya kartu kredit banyak biar gak mubazir. Simak tipsnya berikut ini:

 

1. Rewards..rewards..rewards…

Punya banyak kartu kredit artinya punya lebih banyak kesempatan buat dapetin rewards dari transaksi kartu itu. Misalnya pengin beli handphone terbaru dengan fasilitas cicilan bunga 0 persen dan cashback.

 

 

Ternyata cuma berlaku buat kartu kredit bank X dan kebetulan itu salah satu dari kartu yang kita miliki. Otomatis bisa dipakai buat transaksi barang itu. Walhasil, dapet fasilitas cicilan bunga 0 persen, dapet pula rewards berupa cashback.

[Baca: Kenali Manfaat Kartu Kreditmu: Points Rewards vs Cash Back]

 

2. Atur pengeluaran

Kita bisa mengatur pengeluaran tidak hanya dari satu kartu kredit. Contohnya kartu kredit A khusus buat belanja di supermarket karena rewards yang gede. Terus kartu kredit B khusus buat beli tiket pesawat, dan lain-lain.

 

manfaat punya kartu kredit

 

 

Dengan begitu, kita bisa mengawasi pengeluaran di pos masing-masing. Kalau semua transaksi numpuk di satu kartu kredit, bisa-bisa limit terlewati

 

3. Sedia payung sebelum hujan

Kalau satu kartu kredit bermasalah, misalnya jatuh atau dicuri, kita bisa pakai kartu kredit lain buat transaksi. Mengurus kartu kredit yang hilang gak cukup sehari-dua hari, lho.

 

4. Jalan-jalan santai

Mungkin pas di luar negeri kita tanpa sadar kehabisan duit cash, tapi di saat yang sama ada barang bagus di depan mata. Tapi toko itu hanya menerima pembayaran kartu kredit American Express, yang kurang populer di Indonesia dibanding MasterCard dan Visa.

 

Nah,kalau kita punya banyak kartu kredit dan salah satunya termasuk jaringan American Express, beruntung banget. Daripada gesek tunai di luar negeri, aduhai tinggi lho biayanya.

 

5. Bantu-bantu keluarga

Daripada punya banyak kartu kredit tapi ada yang dianggurin, lebih baik kartu itu diberikan ke anggota keluarga yang mungkin bisa lebih memanfaatkannya. Misalnya ke adik, istri, atau anak.

 

 

Beri kartu yang limitnya paling kecil saja kalau khawatir disalahgunakan. Tapi tetap kontrol penggunaannya karena kartu itu bagaimanapun milik kita, yang artinya kalau ada apa-apa kita yang tanggung jawab.

 

manfaat punya kartu kredit

 

 

Itu dia beberapa manfaat punya banyak kartu kredit yang patut dimaksimalkan. Tapi tunggu dulu, karena punya satu kartu kredit saja mendatangkan risiko, apalagi banyak kartu.

 

 

Hati-hati jika punya sederet kartu kredit, lebih-lebih jika ada yang disimpan doang gak dipakai. Nanti kartunya hilang juga gak ketahuan kalau gak pernah dipakai. [Baca: Punya Kartu Kredit tapi Tidak Digunakan? Gapapa Sih, Asal Tahu 7 Konsekuensinya Ini..]

 

Risiko punya banyak kartu kredit antara lain:

 

1. Di sini bayar, di sana bayar

Kalau punya 3 kartu kredit, misalnya, dan semuanya aktif dipakai, artinya tiap bulan kita harus rutin melunasi tagihan dari kartu-kartu itu. Pastikan gak ada pembayaran yang kelewat karena akibatnya bisa bikin hamsyong alias bikin rugi sendiri karena kena bunga.

 

Hindari pula menutup kartu kredit sembarangan setelah memakainya. Penutupan kartu kredit ada prosedurnya, gak bisa asal tutup jebreet. [Baca: Dilarang Keras Menutup Kartu Kredit Sembarangan, Perhatikan 7 Poin Penting Ini!]

 

2. Awas, jurang blacklist

Terkait dengan poin di atas, kalau sampai lupa bayar tagihan kartu dan terus berulang, bisa-bisa credit score alias peringkat kredit kita di Bank Indonesia jeblok. Kalau sampai jeblok, artinya kita bakal masuk blacklist BI. Ujungnya, kita bakal sulit dapet pinjaman/kredit dari bank karena dinilai bermasalah dalam pelunasan kredit.

[Baca: Aduh, Masuk Blacklist BI atau Enggak Ya? Kalau Iya, Gimana Keluarnya?]

 

3. Tergoda hawa nafsu

Karena punya banyak kartu kredit, bisa-bisa hawa nafsu buat belanja ikut berlipat ganda. Jika gak sanggup mengendalikan hawa nafsu ini, siap-siap ambrol deh itu rekening tabungan. Manfaat punya kartu kredit banyak memang menggiurkan, tapi tanggung jawab pengelolaannya besar.

 

manfaat punya kartu kredit

 

 

Gimana, gak perlu takut kalau memang mau apply kartu kredit lain walau sudah punya kartu kredit. Yang penting, harus maksimalkan tuh manfaat punya kartu kredit lebih dari satu.

 

 

Selain itu, tingkatkan kewaspadaan kalau sudah punya beberapa kartu kredit yang aktif. Gak mau kan, dikejar-kejar debt collector gara-gara nunggak tagihan kartu kredit terus-menerus?

 

[Baca: 5 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Terhadap Bunga Kartu Kredit]

Posting Komentar untuk "Nih Manfaat Punya Kartu Kredit Lebih dari Satu, Maksimalkan Biar Gak Mubazir"