Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bandingkan Paket Internet HP Terbaik dari XL, Telkomsel, dan IM3

Saat ini sudah banyak masyarakat Indonesia yang melek Internet. Hal ini gak lepas dari makin gampangnya akses ke Internet dari tahun ke tahun.

 

Dulu kita harus mantengin layar monitor yang cembung kayak perutnya Paman Gembul untuk membuka situs atau men-download lagu favorit. Kini tinggal pencet-pencet layar HP kita sudah bisa terhubung dengan Mbah Google.

Tapi ada anggapan bahwa biaya Internet di Indonesia mahal. Apalagi kalau pakai HP.

 

Padahal kalau dilihat-lihat banyak operator seluler yang menawarkan paket Internet HP terbaik dengan harga ekonomis. Contohnya yang ditawarkan XL, Telkomsel, dan IM3.

 

Tiga produk operator seluler ini sudah berpengalaman di dunia HP di Indonesia. Sepertinya mereka tahu betul kebutuhan pengguna layanan seluler di Tanah Air.

 

XL, Telkomsel, dan IM3 mengklaim memiliki paket Internet HP terbaik buat masyarakat Indonesia. Tapi, di antara ketiga operator itu, manakah yang paling ekonomis? Yuk, bandingkan paket Internet dari mereka.

 

1. XL

paket internet XL
Paket Internet XL bisa bikin mereka yang lelet dan labil gara-gara habis putus jadi cepat dan stabil gak ya?

 

XL termasuk yang punya banyak pilihan paket Internet, dari HotRod Pro, 3G+, Music, sampai Super Unlimited. XL juga punya paket Sesukamu.

 

  • Sesukamu

Di paket Sesukamu, kita bisa rancang sendiri paket yang mau kita pakai, asalkan sesuai dengan syarat dan ketentuan dari pihak XL. Dengan menyusun paket sendiri, artinya kita juga memilih tarif sendiri yang sesuai dengan kebutuhan per bulan.

 

Misalnya kita lebih sering pakai media sosial Facebook atau Twitter ketimbang browsing, kita bisa susun paket yang memberi fasilitas media sosial lebih banyak. Oh ya, untuk menyusun paket ini, musti lewat my.XL.co.id.

 

  • HotRod 3G

HotRod 3G sebaiknya dipakai kalau jaringan 3G di daerahmu memang bagus karena paket ini menggunakan jaringan itu. Misalnya di kota-kota besar kayak Jakarta atau Surabaya. Kalau rumah di daerah Papua, mending pakai paket yang lain.

 

  • HotRod Pro

HotRod Pro adalah paket terbaru dari XL buat yang suka internetan tanpa batas waktu selama 24 jam di jaringan mana pun baik 3G maupun 2G. Ini beda dengan pendahulunya, HotRod 3G+ yang berlaku buat jaringan 3G saja.

 

  • HotRod Music

Kalau HotRod Music cocok buat orang-orang yang gak bisa lepas dari musik. Sebab paket ini telah bergabung dengan aplikasi Guvera, yang memberikan layanan streaming musik lewat smartphone berbasis Android, iOS, dan Windows Phone. Jadi kalau pakai paket ini bisa bayar lagu di Guvera lewat pulsa XL.

 

  • Super Unlimited

Sedangkan Super Unlimited pas buat yang gak mau ribet beda-bedain layanan. Sebab paket ini semacam kumpulan dari paket lain yang dimiliki XL. Tapi kecepatannya kurang kalau dibanding HotRod Pro.

 

Paket-paket itu kebanyakan dipakai pengguna Android, iOS, dan Windows Phone. Sebab layanan Internetnya lebih komplit kayak bakso semangkok. Tapi XL juga punya layanan khusus buat pengguna BlackBerry.

 

  • Full Service

Yang pertama adalah Full Service. Paket ini berlaku buat sebulan dan penggunanya bisa mengakses apa pun, dari media sosial, BBM, sampai browsing Internet.

 

  • 3in1

Terus ada paket 3in1 yang cocok buat pelaku bisnis, misalnya penjual online. Soalnya kalau pakai paket ini bisa nelpon gratis ke 3 nomor yang didaftarkan dan SMS ke semua operator.

 

Buat pelaku bisnis, tiga nomor yang didaftarkan itu mungkin bisa nomor distributor/supplier barang dagangan. Paket ini kayaknya juga pas buat cowok yang suka ngegebet cewek sana-sini.

 

  • Full BIS Lite

Ada juga “adiknya” Full Service, yaitu Full BIS Lite. Kalau pakai paket ini bebas akses media sosial sampai internet, tapi ada syarat tertentu. Contohnya akses internet cuma bisa pakai browser dari BlackBerry.

 

  • BB Gaul

Paket selanjutnya, BB Gaul. Kalau kamu suka ngobrol dan main Facebook/Twitter, pas nih. Soalnya memang fokusnya di media sosial dan chatting via e-mail.

 

  • BB Bizz

Nah, kalau sering berkirim e-mail atau chatting via e-mail, ada paket BB Bizz. Yang tiap hari sibuk kerja pakai e-mail buat kirim penawaran ke klien dan lain-lain, pas kalau pakai paket ini.

 

  • Unlimited 10 ribu

Selain paket-paket tersebut di atas, ada juga paket Unlimited 10 ribu. Ini paket BB terbaru dari XL yang bisa digabungkan dengan paket BB Gaul dan BIS Lite. Keuntungannya, kalau beli paket ini otomatis dapat pulsa tambahan gratis sesuai dengan pilihan paketnya.

 

Tak hanya itu, XL juga punya beberapa paket lain yang menarik. Walau pastinya banyaknya paket ini bikin kita jadi cukup bingung buat menentukan pilihan.

 

  • Opera Mini

Opera Mini adalah browser dari Opera buat ponsel. XL punya paket Opera Mini yang menjanjikan akses internet gratis buat penggunanya. Syaratnya, browsingnya pake Opera Mini, bukan browser lain kayak Google.

 

  • Super Ngebut

Buat yang hobi download, ada paket Super Ngebut dari XL. Rincian penggunaannya:

  • Kuota Super Ngebut Rp 30rb, 5GB, pada jam 00:00 – 11:59 dan 500 MB pada jam 12:00-23:59
  • Kuota Super Ngebut Rp 55rb, 11GB, pada jam 00:00 – 11:59 dan 1GB pada jam 12:00-23:5

 

  • Facebook 123

Yang satu ini lebih merupakan aplikasi yang ditawarkan XL buat yang suka Facebook-an. Kalau daftar paket Facebook 123, pengguna bisa akses Facebook seperti akses SMS dengan mengetik *123*325*1#.

 

Paket internet dari XL lumayan banyak. Kita sebagai konsumen jadi punya banyak pilihan untuk menentukan yang paling pas. Selain melihat fitur, tentunya ita juga harus mempertimbangkan tarif paket internet dari XL tersebut.

 

2. Telkomsel

paket internet Telkomsel
Kapan yaTelkomsel bikin paket murah yang ramah buat kantong mahasiswa? Udah murah, sinyal kuat lagi. Siapa yang gak ngiler?

 

 

Bisa dibilang Telkomsel adalah dedengkotnya operator seluler di Indonesia. Karena sudah lama berdiri, jaringannya pun sangat bagus. Tower Telkomsel sudah menjangkau daerah-daerah terpencil di Indonesia.

 

Yang keren, Telkomsel punya alat penghitung rencana penggunaan paket Internet kita di situsnya. Ini bisa merekomendasikan paket apa yang layak kita beli sesuai dengan kebutuhan kita.

 

Kuatnya jaringan Telkomsel memastikan kualitas paket Internetnya. Karena kualitas ini pula harga paketnya terbilang yang paling mahal dibanding kompetitornya. Tapi harga paket ini sepadan kok dengan stabil dan luasnya jaringan sinyalnya.

 

  • Ultima

Paket internet yang ditawarkan Simpati antara lain Ultima. Tarif paket Internet ini ditentukan berdasarkan zona. Jadi tarif Internet Ultima di Jakarta dan Papua berbeda, tergantung nomor kartu itu diterbitkan di kota mana.

 

Kalau kamu sering bepergian ke pelosok dan lebih mementingkan jaringan ketimbang tarif, paket Internet Ultima kayaknya pas.  Telkomsel punya daftar zona yang dipakai buat menentukan tarif.

 

  • Loop

Selain Ultima, Telkomsel juga punya Internet Loop yang dulu laris manis waktu BlackBerry sedang populer karena tarifnya ramah di kantong. Kini, walau tren BlackBerry meredup, Internet Loop masih punya banyak pelanggan, terutama yang paket 6 GB seharga Rp 49.000 dengan masa aktif 30 hari karena dianggap ngirit.

 

  • Social Max

Kalau Social Max khusus dibuat bagi penggila media sosial. Kuota gak akan berkurang walau kita 24 jam sehari nongkrongin Facebook. Akses tiga aplikasi chatting juga diberikan gratis, yaitu Line, BBM, dan WhatsApp.

 

  • BlackBerry New Sosialita

Dulu namanya BlackBerry Sosialita, sekarang ditambai New karena ada tambahan fitur. Selain harganya lebih murah, ada layanan Line gratis tanpa kuota. Fitur lainnya masih sama, yaitu akses full dari media sosial sampai browsing.

 

  • Galaxy Plan

Paket ini tersedia berkat kerja sama dengan Samsung. Soalnya paket ini memang diperuntukkan buat pengguna Samsung seri Galaxy. Keuntungannya, paketnya lebih ramah di kantong.

 

  • Nokia Asha dan Lumia

Telkomsel juga bikin paket buat pengguna Nokia Asha dan Lumia. Ini mirip dengan Galaxy Plan. Bedanya, yang bisa pakai cuma pengguna Asha dan Lumia.

 

  • Android One

Yang baru beli ponsel murah meriah Android One, ada juga nih paket dari Telkomsel buat kalian. Paket ini menawarkan gratis update software dan aplikasi 6 bulan setelah diaktifkan.

 

  • BlackBerry Full Service

Nama paketnya sudah cukup jelas menunjukkan fungsinya. Paket ini dibuat bagi pemakai BlackBerry yang gak mau terbatas dalam berponsel ria. Mau main Facebook, kirim e-mail, browsing Internet, bisa pakai paket ini.

 

3. IM3

paket internet IM3
Nah ini paket yang nyediain dari yang murah sampai yang paling mahal. Tapi kok sinyal juga kadang bagus kadang gak

 

 

Yang terakhir, IM3 adalah operator keluaran Indosat yang lebih menyasar anak muda. Beda dengan Mentari yang banyak digunakan kaum gaek alias bapak-bapak. Karena itulah tarif paket Internet IM3 terbilang ramah buat kantong anak muda.

 

Paket Internet Super Kuota 8 GB seharga Rp 39.900 pas buat pemakai Android maupun iOS. Kuota sebesar 8 GB bakal sisa dipakai sebulan kalau buat media sosial dan sesekali download lagu.

 

Versi di atasnya adalah Super Kuota 4G. Tapi ini khusus buat ponsel pintar yang sudah bisa mengakses jaringan 4G. Jaringan ini termasuk baru di Indonesia.

 

Pengguna BlackBerry juga masih bisa langganan paket BlackBerry dari Indosat. Ada dua pilihan, yaitu Reguler dan Enterprise Service. Kalau Enterprise Service buat kalangan pengusaha yang pengin keamanan datanya terjamin pas komunikasi lewat BB.


IM3 juga punya fasilitas Super WiFi, yang membolehkan kita main Internet gratis di tempat-tempat tertentu yang ada tulisan “Super WiFi”-nya, seperti di taman atau mal. Tapi hanya paket bulanan yang dapat fasilitas itu. Daftar tarif paket Internet IM3 dan fasilitasnya tersedia di situs Indosat.

 

 

Itulah perbandingan paket Internet HP dari XL, Telkomsel, dan IM3. Pilih paket Internet yang paling pas dengan kebutuhan dan keuangan. Biar uang bisa disisihkan buat hal lain, misalnya kredit motor baru.

 

Apa pun HP kamu, baik Android, iOS, Windows Phone, maupun BlackBerry, bisa menggunakan paket tersebut. Mana yang terbaik, kamu sendiri yang bisa menilai.

 

 

 

Image credit:

  • http://www.xl.co.id/id/internet
  • https://4218c13b010bcbf0474448ec8f62f8d0d91f6c0f.googledrive.com/host/0B64h3Jbt6gs-eFV1Z2JqQlY0ZG8/tarif-simpati-max.JPG
  • http://4.bp.blogspot.com/-NXzDK1h45-k/UoY-0yeE89I/AAAAAAAABiA/q7aJ4cbQSZw/s1600/Daftar+Harga+Paket+Internet+IM3+dan+Mentari+Terbaru+Super+Internet.png

Posting Komentar untuk "Bandingkan Paket Internet HP Terbaik dari XL, Telkomsel, dan IM3"