Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Angkasa Pura I: Pengumuman Bunyi Tetap Ada Di Ruang Tunggu

Jakarta, Kartunet – Meski menerima protes dari komunitas penyandang disabilitas, penerapan sistem silent announcement di Bandara Internasional Juanda tetap akan dilaksanakan 1 Juni. Akan tetapi, PT Angkasa Pura I berusaha akomodatif dengan salah satunya memastikan pengumuman bunyi tetap ada di ruang tunggu (31-05).


Dari advokasi yang dilakukan melalui @ProtesPublik ke administrator utama dan general manager PT Angkasa Pura I, mereka akan tetap menghapus pengumuman bunyi di bandara Juanda, Ngurah Rai, Makassar, dan Balikpapan. Pengumuman versi audio mengenai gosip penerbangan akan dihilangkan dari seluruh ruangan terminal, kecuali pada ruang tunggu keberangkatan. Pihak Angkasa Pura I beralasan, keputusan ini diambil dari keluhan penumpang yang merasa terganggu dengan pengumuman bunyi yang hampir tiap dikala tanpa jeda.


Lanjut @ProtesPublik yang disampaikan ke akun twitter @Kartunet, sebagai gantinya, bandara menyediakan petugas di tiap counter check in yang akan mengingatkan seluruh penumpang, termasuk penumpang dengan kebutuhan khusus atau penyandang disabilitas. Selain itu, pengelola bandara juga akan memperbanyak Flight Information Data System (TV pengumuman) berupa running text di banyak sekali lokasi strategis bandara menyerupai toko, cafe, dan lain-lain.


Untuk mengatasi wacana yang paling krusial menyerupai delay flight atau perubahan gate keberangkatan, pihak bandara akan tetap mengumumkannya melalui semua pengeras bunyi yang ada di ruangan-ruangan terminal. Termasuk insiden ketika ada penumpang yang belum boarding sedangkan pesawat sudah akan lepas landas, PT Angkasa Pura I menjamin bahwa penumpang tersebut akan dipanggil melalui sistem pengumuman bunyi menyerupai biasa hingga ia on board.


Ditambahkan oleh pihak Angkasa Pura I, keputusan ini selain didasari oleh usul penumpang, mereka juga ingin mencontoh sistem yang diterapkan di Bandara Changi Singapura dan Incheon Korea Selatan.


Menurut gosip dari rekan LBH Surabaya, kebijakan pembatalan pengumuman bunyi di Bandara Juanda sudah diterapkan mulai hari ini, dan Jaringan Advokasi Disabilitas Jawa Timur (JADI-Jatim) akan berkoordinasi untuk menanggapinya.(DPM)



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Angkasa Pura I: Pengumuman Bunyi Tetap Ada Di Ruang Tunggu"