Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Thailand Sediakan Layanan Telepon Untuk Tunarungu

Bangkok, Kartunet – Menyadari pentingnya komunikasi bagi tunarungu atau penyandang disabilitas pendengaran, terlebih pada situasi darurat dan memerlukan bantuan, organisasi telepon di Thailand (TOT) membuatkan layanan yang dinamakan “Telepon untuk Tunarungu”.


Layanan ini disediakan TOT pada akomodasi telepon umum yang tersebar di seantero Thailand. Total ada 500 unit telepon umum dan 10 di antaranya berada di kota Bangkok.


Sederhananya, Telepon untuk Tunarungu ini layaknya telepon umum biasa, akan tetapi dilengkapi dengan keyboard untuk mengetikkan pesan yang sanggup dipakai oleh tunarungu.


Untuk memakai layanan ini, seorang tunarungu sanggup mendatangi telepon umum yang sudah dilengkapi dengan keyboard tambahan. Angkat gagang telepon, kemudian masukkan kartu telepon rlangganan dari TOT, dan tekan nomor tujuan. Penerima panggilan haruslah memakai telepon selular atau telepon khusus yang disediakan oleh TOT dengan komplemen keyboard. Lantas pesan sanggup dikirimkan ke peserta tanpa batasan jumlah aksara hanya dengan biaya 3Baht per panggilan. Apabila telah selesai, letakkan kembali gagang telepon dan ambil kartu.


TOT berharap dengan adanya layanan ini sanggup membantu seseorang dengan gangguan telinga untuk berkomunikasi dengan akomodasi yang tersedia di masyarakat, bukan hanya di rumah.


Untuk bahasa pengantar, Telepon untuk Tunarungu ini sanggup dipilih antara Bahasa Thai dan Bahasa Inggris.


Bagaimana dengan Indonesia? Mungkin akomodasi ini dinilai sederhana dan sudah sanggup digantikan oleh persebaran telepon genggam yang makin “merakyat”. Akan tetapi, akomodasi umum yang sanggup diakses oleh semua orang, termasuk tunarungu, tetaplah diperlukan. Terkhusus, pada situasi genting yang tetap memudahkan seorang tunarungu sekalipun meminta santunan lewat telepon umum.


Semoga penemuan dari negeri Gajah Putih tersebut sanggup diterapkan suatu hari di Indonesia.(DPM)


sumber: Global Accessibility



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Thailand Sediakan Layanan Telepon Untuk Tunarungu"