Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hut Ri Ke-69 #Akses Kemerdekaan

Para tunanetra bermain blind race memakai laptop HUT RI ke-69 #AKSES KEMERDEKAANHut RI ke-69 yang jatuh pada hari Minggu kemaren turut pula diramaikan oleh komunitas penyandang disable netra yang bergerak di ranah online. Banyak perlombaan yang biasa diselenggarakan untuk memeriakan hut RI pada tiap tahunya seperti: balap karung, panjat pinang, tarik tambang, makan kerupuk, dan beberapa perlombaan unik lainya. Pada hut RI kemaren kartunet sebagai komunitas penyandang disabel yang melaksanakan gerakan sosial untuk menkampanyekan wacana disabilitas kepada masyarakat lewat persepsi dari penyandang disabelitas sendiri semenjak tahun 2011, kartunet turut memeriakan hut RI yang ke-69 kemaren. Bukan perlombaan umum yang diselenggarakan oleh komunitas berbasis teknologi tersebut, melainkan tetap memanfaatkan ranah online/media internet untuk meramaikan hut RI tersebut. Adapun perlombaan atau permainan yang diadakan oleh komunitas kartunet yaitu bermain game online dengan audio game online. Lalu apakah dan bagaimana audio game online itu?


Audio game merupakan game yang hanya memakai audio sama sekali tak memakai tampilan visual pada game tersebut. Audio game memanfaatkan suara/audio untuk mengambarkan aktifitas atau gerakan-gerakan yang biasa terlihat pada sebuah game. Misalnya saja game audio ‘sonic match.’ Audio game tersebut seluruhnya memakai media bunyi untuk sanggup dimainkan oleh pemain tunanetra. terdapat 4 jenis tipe bunyi yang ada dalam game sonic match tersebut. Masing-masing dari bunyi berbeda-beda, sehingga tunanetra sanggup memasangkan bunyi yang didengar dengan gerakan kursor atau panah pada papan ketik komputer. Selain dengan suara, ciri lain dari game audio yakni dengan keyboard tanpa mouse atau stick. Seperti pola game audio diatas, para pemain hanya dituntut sempurna dalam mencocokan bunyi yang didengar dengan menggerakan kursor pada keyboard. Suara-suara yang akan keluar dari game sonic match yaitu bunyi pendek yang sanggup dicocokan oleh 4 panah pada keyboard,dengan bunyi berbeda atas, bawah, kanan dan kiri. Untuk sanggup memenangkan game audio tersebut pemain harus mencocokan bunyi-bunyi dengan panah pada keyboard dengan sempurna memakai kursor panah. Ada banyak game auido yang sudah banyak dimainkan oleh tunanetra mulai dari game audio perang, petualangan, balapan, atraksi pesawat tempur, dan yang gres dipertandingkan oleh komunitas kartunet pada hut RI kemaren yaitu game online uno.


Game online uno sendiri merupakan bab dari game online RS games yang sanggup didownload dari situsnya rsgames.org dan sanggup dijalankan diberbagai macam operating system komputer (OS), windows, linux, juga mac. Terdapat banyak game online didalamnya seperti: zhombie dies, farkol, battleshift, black jack, monopoli, 1000miles, dan game uno yang paling banyak dimainkan. Gamers yang sudah menginstal RS game pada komputernya, harus menciptakan user dan password sesudah masuk pada rs game. Menariknya dalam rs game juga tersebia medai chatting yang memfasilitasi para user untuk mengobrol selama bermain game baik dengan teks dan suara.


Terselenggaranya acara meramaikan hut RI ke-69 oleh komunitas kartunet tentunya tak lepas dari derma operator telekomunikasi pt. Indosat TBK yang menawarkan sponsor untuk hadiah berupa pulsa untuk masing-masing pemenang. Semoga dengan diadakanya acara kompetisi oleh kartunet kemaren, menjadi langkah kasatmata untuk mengkampanyekan bahwa penyandang disabelitas juga memiliki hak yang sama untuk ikut memeriahkan kemerdekaan negaranya.



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Hut Ri Ke-69 #Akses Kemerdekaan"