Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Formasi Cpns Disabilitas Belum Berdasar Potensi

Jakarta, Kartunet – Tahun ini, dibuka 300 deretan CPNS untuk penyandang disabilitas. Akan tetapi, deretan CPNS disabilitas belum berdasar potensi. Sebagaimana dikutip dari pernyataan Menteri PAN dan RB, Azwar Abubakar pada Viva News (06-06)


Menurut Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN dan RB), Azwar Abubakar, akan dibuka lowongan untuk 300 orang penyandang disabilitas. Jumlah ini meningkat dari sebelumnya, tahun 2013 hanya mendapatkan 250 orang. Mereka, kata Azwar, bisa ditempatkan di slot khusus, contohnya untuk mengoperasikan komputer atau call center.


“Supaya kita juga bisa melatih dioptimalkan kemampuannya. Minimal komputer kan di mana-mana ada,” kata Azwar di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Jumat 6 Juni 2014.


Kebijakan ini merupakan upaya Affirmative action untuk meningkatkan derajat hidup penyandang disabilitas. Akan tetapi, kalau dilihat dari pernyataan Menteri PAN dan RB, terang masih ada pemahaman bahwa penyandang disabilitas hanya dilihat berdasar sisi kekurangnya, bukan potensinya. Cara pandang ini mengaburkan fakta bahwa ada sebagian penyandang disabilitas yang mempunyai kualifikasi pendidikan tinggi yang sanggup bekerja secara profesional pada bidang-bidang lain yang memutuhkan kompetensi tertentu. Sedangkan apabila mereka hanya ditempatkan pada urusan administratif atau operator komputer dan telepon, maka kualifikasi pendidikan itu tidak terpakai yang bekerjsama sanggup dikontribusikan untuk bidang lainnya yang lebih tepat.


Jika sistem yang dipakai masih pada faktor kekurangan/disabilitas bukan potensi, maka akan mempersempit peluang penyandang disabilitas yang berkompeten akan tetapi tidak dibuka formasinya untuk disabilitas di bidang tersebut. Sudah saatnya Kementrian PAN dan RB memahami ini dan membuka deretan disabilitas di CPNS 2014 menurut kuota, sedangkan mereka sanggup melamar pada posisi manapun asalkan kualifikasi pendidikan atau keahliannya memadai.


Sementara, secara keseluruhan tahun 2014 akan dibuka lowongan sebanyak 100 ribu. Untuk sentra 35.000 dan tempat 65.000. Sementara ujiannya, akan dilakukan pada 2 Juli 2014. “Bulan ini kita beri kematangan formasi,” terangnya.


Jangan sampai, kebijakan gres ini malah menjadi bentuk diskriminasi gres bagi penyandang disabilitas. Perlu tinjauan lagi semoga tidak terjadi deretan CPNS disabilitas belum berdasar potensi.(DPM)


sumber: Viva News 6 Juni 2014



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Formasi Cpns Disabilitas Belum Berdasar Potensi"