Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trik Supermarket Bikin Pengunjung Kalap Belanja Ini Bisa Kamu Tiru

Saat kamu pergi ke supermarket, pernah gak sih terpikir penataan produk-produk mereka bukan tanpa sengaja? Ternyata, benar! Supermarket punya trik penataan yang bikin pengunjung jadi kalap belanja. Trik ini bisa banget ditiru sama kamu yang sedang berdagang.

Yap! Entah kamu berdagang di warung biasa atau pengin buka franchise minimarket, strategi penempatan produk ini wajib kamu ketahui. Pasalnya, supermarket emang gak sembarang menempatkan produk-produk mereka.

Asal tahu aja, buat yang sering datang ke supermarket, kamu pasti sering kan belanja di luar rencana?

Penasaran mengapa belanja di supermarket bisa bikin kalap? Yuk, intip strategi berdagang produk ala supermarket berikut ini:

1. Pencahayaan terang-benderang

Pencahayaan terang
Pencahayaan terang

Cara ini adalah salah satu cara yang paling sering dilakukan oleh supermarket dan bahkan toko lainnya. Di etalase produk mereka, khususnya di bagian produk yang bakal masuk kulkas, mereka bakal bikin lighting seterang-terangnya.

Gak dipungkiri berbagai barang yang berada di bawah pencahayaan terang emang lebih menarik. Selain supermarket, toko busana malah lebih sering pakai cara ini.

Buat kamu yang sering ke mal, kamu pasti sering banget tertarik pada produk tertentu karena terlihat bercahaya kan? Nah, itu adalah efek dari pencahayaan terang-benderang.

2. Naruh produk yang dibutuhkan di lokasi gak strategis

Penempatan barang di lokasi gak strategis
Penempatan barang di lokasi gak strategis

Coba deh perhatikan saat kamu memasuki supermarket atau minimarket, kamu pasti sering berjalan searah jarum jam kan?

Kemudian, kebanyakan pengunjung menggunakan tangan kanan. Nah, kebiasaan pelanggan ini dijadikan senjata oleh pengelola supermarket.

Jadi, produk-produk yang dibutuhkan banget itu biasanya berada di lokasi gak strategis. Contoh, telur ayam atau susu biasanya ditempatkan di balik lorong.

Jadi, kamu harus jalan dulu mengitari searah jarum jam. Nah, produk yang kamu butuhkan tersebut berada di balik rak tersebut.

3. Produk bakery di bagian depan

Produk bakery di bagian depan
Produk bakery di bagian depan

Strategi ini biasanya dilakoni oleh supermarket besar yang menyediakan produk bakery. Roti-roti yang diproduksi oleh mereka tersebut biasanya memiliki bau khas. Nah, bau khas kue tersebutlah yang jadi senjata buat menarik perhatian pengunjung.

Pasalnya, saat belanja, seseorang gak cuma tertarik karena pandangan mata aja melainkan juga indera penciuman. Maka dari itu, kebanyakan supermarket menempatkan beragam produk roti dan kue fresh mereka di tempat strategis yang tercium keluar.

4. Poster yang eye-catching

Poster yang eyecatching (pixabay)
Poster yang eyecatching (pixabay)

Di berbagai rak atau di lorong, kamu kadang kala bisa lihat poster-poster eye-catching yang menampilkan produk tertentu. Nah, poster tersebut biasanya dibikin sedikit nyentrik yang bikin kamu tertarik buat beli produk tersebut.

Ditambah pula bila pada poster tersebut dilabeli diskon. Gimana gak tertarik tuh para pengunjung toko atau supermarket?

5. Diskon pemancing

Diskon pemancing
Diskon pemancing

Strategi berdagang satu ini nih yang paling sering diterapkan oleh toko atau supermarket. Mereka pasti punya salah satu produk ternama atau terkenal mahal, namun kemudian didiskon. Padahal, cuma segelintir produk yang diskon di toko dan supermarket tersebut.

Cara tersebut disebut sebagai diskon pemancing. Jadi, toko atau supermarket emang sengaja memotong harga produk tertentu buat memancing pengunjung belanja. Sebab, supermarket tahu kalau kamu hampir gak mungkin cuma beli produk diskonan itu aja.

Kebanyakan pengunjung bakal tertarik buat lihat-lihat yang lain dan malah beli produk lain lagi selain produk yang didiskon tersebut.

6. Ragam produk di kasir

Ragam produk di kasir
Ragam produk di kasir

 

Penempatan produk yang ada di kasir pun udah diatur sedemikian rupa, lho. Cara ini bisa banget kamu tiru buat kamu yang lagi pengin berdagang.

Asal tahu aja, produk-produk yang ditaruh dekat mesin kasir biasanya adalah produk camilan atau minuman ringan. Pasalnya, banyak orang pikir harganya masih terjangkau.

Selain itu, mereka juga udah lelah berkeliling supermarket. Jadilah, mereka kayak butuh mengganjal perut atau sekadar melepas dahaga.

Kemudian, supermarket juga sering menaruh produk-produk remeh yang berkaitan sama sehari-hari kamu. Contoh, permen, permen karet, obat-obatan ringan, dan sebagainya.

Nah, sekarang udah tahu kan trik para pengelola supermarket buat menata produk mereka biar laku? Buat kamu yang sedang mulai bisnis dalam bidang berdagang, coba deh contek trik-trik di atas. (Editor: Chaerunnisa)

Posting Komentar untuk "Trik Supermarket Bikin Pengunjung Kalap Belanja Ini Bisa Kamu Tiru"