Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadi Ganjal Pintu, Gak Disangka Batu Ini Meteorit Bernilai Rp 1,5 Miliar

Seorang pria gak menyadari bahwa batu yang selama ini ia jadikan sebagai pengganjal pintu punya nilai tinggi. Batu yang ternyata sebuah meteorit itu bernilai US$ 100 ribu atau setara Rp 1,5 miliar!

David Mazurek, pria asal Michigan, Amerika Serikat, ini sebenarnya gak jauh beda sama kita. Kita sering menggunakan barang-barang tertentu untuk tujuan tertentu meski sebenarnya fungsi barang tersebut gak selayaknya untuk tujuan itu.

Contohnya aja batu meteorit itu. Si pria sepertinya gak mau ribet, daripada beli karet pengganjal pintu, mending pakai batu. Toh, berfungsi dengan baik juga.

Dilansir dari Mashable, setelah puluhan tahun memakainya untuk ganjal pintu, Mazurek baru tahu kalau batu itu bukan berasal dari Bumi. Ia lantas tertarik membawanya ke Central Michigan University untuk diteliti karena banyak membaca berita soal tingginya harga jual meteorit.

Adalah Mona Sirbescu, Profesor dari Central Michigan Uninversity yang meneliti dan memastikan bahwa “ganjal pintu” Mazurek adalah meteorit. Malahan, menurut Sirbescu, itu meteorit paling berharga yang pernah ia lihat.

“Saya langsung bisa mengatakan, ini unik sekali. Ini adalah spesimen paling berharga yang pernah saya pegang sepanjang hidup saya, baik secara nilai maupun keilmuan,” tutur Sirbescu kepada Associated Press.

Ditemukan di lumbung

Mazurek mengatakan, meteorit yang mengandung besi dan nikel ini ditemukannya di lumbung yang ia beli di Edmore pada tahun 1988. Spesimen berbobot 11,5 kilogram itu diyakini sebagai meteorit terbesar ke-6 di Michigan.

Konon, menurut cerita pemilik lumbung sebelumnya, meteorit itu “mendarat” di halaman belakang pada era tahun 1930-an.

Sirbescu mengatakan, biasanya meteorit dijual ke kolektor atau museum. Biasanya mereka bakal melakukan pemeriksaan tambahan.

Namun, untuk meteorit Mazurek ini, kabarnya udah ada dua institusi yang tertarik. Selain Museum Smithsonian, ada juga sebuah museum mineral lain yang udah menyatakan berminat membeli.

“Cukup sudah kupakai untuk ganjal pintu, sekarang waktunya cari pembeli!” ujar Mazurek.

Mungkin, setelah menjual meteorit itu, Mazurek bakal menggunakan sebagian hasil penjualannya buat membeli ganjal pintu sungguhan.  

Posting Komentar untuk "Jadi Ganjal Pintu, Gak Disangka Batu Ini Meteorit Bernilai Rp 1,5 Miliar"