Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bikin Kartu Kredit Online Dengan Cepat dan Mudah

Pengguna kartu kredit di Indonesia makin banyak saja. Data Asosiasi Kartu Kredit Indonesia (AKKI) menyebut jumlah kartu yang beredar di akhir tahun 2013 mencapai 15.007.492 buah dengan 214.138.629 kali transaksi.

 

Bila dirata-rata, setiap kartu kredit melakukan 15 kali transaksi di tahun lalu. Sedangkan di tahun ini diproyeksikan pengguna kartu kredit naik 15 persen yang berarti aka nada 16,5 juta kartu kredit di Indonesia.

 

Ini menandakan pamor kartu kredit tetap tinggi. Alat pembayaran satu ini fungsinya sudah meluas dari sekadar transaksi saja menjadi bagian dari gaya hidup.

 

Kartu kredit sudah menjadi simbol si empunya. Kelas sosial seseorang paling mudah dilihat dari jenis kartu kredit yang dimiliki. Inilah yang mendorong orang bikin kartu kredit.

 

[Cekidot Infographic: Mengenal Plus Minus Kartu Kredit lewat Gambar]

 

Tapi di balik berbagai kelebihannya itu, kartu kredit seharusnya dipandang dari fungsi utamanya sebagai pengganti uang dalam bertransaksi. Sekali kartu kredit digesekkan maka secara otomatis terciptalah utang. Sayangnya, fungsi dasar dari kartu kredit ini kadang diabaikan.

 

Tak sedikit pengguna yang menganggap kartu kredit adalah uang lebih. Bila prinsip ini yang dianut maka sama saja mengundang malapetaka di kemudian hari. Kartu kredit bakal menciptakan masalah keuangan dan terlilit masalah serius.

 

Maka itu, kartu kredit bisa setiap saat berubah wujud. Dari awalnya seolah menjadi malaikat penyelemat keuangan dapat tiba-tiba berganti menjadi sosok monster yang menakutkan dan menggerogoti keuangan.

 

Bikin Kartu Kredit Dengan Cepat dan Mudah

Bikin Kartu Kredit Dengan Cepat dan MudahBiar terhindar dari aura buruk kartu kredit, berikut ini ada tips menjinakkan kartu kredit.

 

1. Kartu kredit sama dengan utang yang tak gratis.

Beban suku bunga kredit cukup tinggi karena masuk kelompok utang konsumtif. Usahakan melunasi nominal penggunaan kartu kredit tepat waktu.

 

Hindari melunasi dengan jumlah minimum karena bunga yang dikenakan itu bukan pada sisa utang melainkan pokok utang. [Baca: Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Terhadap Bunga Kartu Kredit]

 

2.Tahan godaan

Tahan godaan promo, cicilan nol persen, diskon, dan lain sebagainya. Kadang semua penawaran itu mengundang adrenalin untuk terus-menerus berbelanja.

 

3. Manfaatkan Fasilitas

Bila ada fasilitas dari kartu kredit yang memang dibutuhkan, justru dianjurkan untuk digunakan. Misalnya saja fasilitas air lounge saat berpergian, kemudahan melunasi tagihan rutin seperti listrik atau telepon. Toh itu sifatnya pengeluaran tetap yang mesti dikeluarkan tiap bulan.

 

[Baca: Kartu Kredit yang Paling Bagus Itu Tergantung dari Kebiasaan Kita Sendiri]

 

4. Biaya Gaya Hidup

Hindari membiayai gaya hidup dari kartu kredit. Gaya hidup itu tak ada batasannya sementara kemampuan untuk membayar justru banyak batasan.

Posting Komentar untuk "Bikin Kartu Kredit Online Dengan Cepat dan Mudah"