Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pertimbangan Jasa Pembuatan Kartu Kredit

Dalam pembuatan kartu kredit, fokusnya bukan hanya pada terpenuhinya semua syarat saja. Ada banyak aspek yang mesti dipertimbangkan sebelum mencantumkan data-data dalam aplikasi pengajuan kartu kredit.

 

Pertimbangan ini penting mengingat agar kartu kredit bisa dimanfaatkan secara maksimal dan bukan sekadar aksesori di dompet saja. Apa saja itu pertimbangannya?

 

Tipe dan jenis kartu kredit

 

Kartu kredit sejatinya semacam lisensi meminjam uang. Hanya, penerbit kartu kredit sangat kreatif dalam menciptakan produk yang disesuaikan dengan kebutuhan nasabah. Jadinya tak heran jika ada kartu kredit pelancong, kartu kredit belanja, kartu kredit hiburan, sampai kartu kredit yang dilabeli klub sepakbola.

 

Selain itu juga dibedakan dalam tipenya seperti silver, gold, platinum, dan lain sebagainya. Ada pula logo Mastercard dan Visa. Nah, ini menjadi penting untuk dipelajari agar kartu kredit yang dimiliki sesuai dengan kebutuhan. [Baca: Kartu Kredit yang Paling Bagus Itu Ya Yang Cocok dengan Kebiasaan Kita Sendiri]

 

Fasilitas dan fitur

 

Kartu kredit selalu dilengkapi fitur dan fasilitas. Cek lebih jauh kedua hal tersebut karena menyangkut ‘kesaktian’ kartu kredit. Sebut saja berapa limit, besaran suku bunga, fleksibilitas dalam pembayaran tagihan, annual fee atau biaya tahunan, dan seberapa luas akses penggunaannya.

 

[Baca: Fasilitas-Fasilitas Yang Bikin Kartu Kredit Bermanfaat]

 

Siklus tagihan dan tempo pembayaran

5 Pertimbangan Pembuatan Kartu Kredit

Ini sebenarnya yang paling utama karena menyangkut utang dan suku bunga. Gagal memahami periode tagihan dan pencatatan bakal terkena pinalti bunga.

 

Misalnya selama masa jatuh tempo dan kartu kredit digesek lagi, maka tagihan itu akan dicatat untuk bulan berikutnya lagi. Selain itu, pemohon bisa menegosiasikan periode penagihan untuk disesuaikan dengan tanggal gajian agar mudah diselesaikan sesegera mungkin.

 

Biaya yang menyertai kartu kredit

 

Komponen tagihan yang tertera di lembar tagihan kartu kredit bukanlah murni nilai transaksi yang dilakukan. Ada beberapa komponen biaya yang melekat dalam tagihan itu.

 

Misalnya saja biaya bunga jika melakukan pembayaran minimum, biaya asuransi, biaya materai, maupun biaya tarik tunai jika menjadikan kartu kredit layaknya ATM. [Baca: 5 Kesalahan yang Paling Sering Dilakukan Terhadap Bunga Kartu Kredit]

 

Keamanan kartu kredit

 

Ketahui dengan detail bagaimana caranya agar tidak menjadi target korban penipuan kartu kredit. Pelajari fitur-fitur keamanannya. Misalnya saja PIN, bentuk fisik kartu kredit, dan nomor kartu kredit. Minta bantuan ke penerbit kartu kredit untuk menginformasikan dengan segera jika ada transaksi yang mencurigakan.

Posting Komentar untuk "5 Pertimbangan Jasa Pembuatan Kartu Kredit"