Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Bukti Kemewahan Bukan Berarti Kebal dari Derita Mobil Mogok Kena Banjir

Yang namanya bencana alam, apa pun yang ada di hadapannya pasti diterjang. Banjir salah satunya. Enggak peduli kita orang biasa atau presiden, banjir siap bikin kita repot.

 

Contoh dampak banjir yang bisa bikin segala nama penghuni kebun binatang keluar dari mulut kita adalah mobil mogok. Bukan apa-apa, kalau mobil mogok saat banjir, siapa sih yang enggak dongkol?

 

Hal pertama yang dikhawatirkan tentunya jadwal jadi berantakan gara-gara harus ngurusin mobil. Yang kedua, pastinya kita takut mobil kenapa-kenapa sehingga harus merogoh kocek dalam-dalam buat servis.

 

Simak nih 5 bukti banjir enggak pandang bulu bikin mobil mogok. Lima mobil di bawah ini harganya bikin melongo, tapi tetap keok dihajar banjir.

 

1. BMW – 19 Januari 2014

bmw mogok banjir
Humm.. kebayang deh, kasihan si bmw ini meringkuk kedinginan…

 

BMW yang satu ini bukan Becak Merah Warnanya, tapi Bayerische Motoren Werke, merek produk otomotif kenamaan asal Jerman. Banjir Januari 2014 yang aje gile dashyatnya itu memakan korban satu mobil BMW di pintu tol Pluit lama.

 

Mobil mewah ini ditinggal begitu saja di depan pintu tol itu dalam keadaan terendam banjir. Pemiliknya udah kebanyakan duit kali ya, enggak takut mobilnya dimaling orang. Atau udah putus asa gara-gara mobil mogok enggak mau nyala.

 

Pada Minggu, 19 Januari 2014, akun Twitter Traffic Management Center Polda Metro Jaya sampai mencuit: “BMW B 1751 SLX mogok & ditinggal di Pintu Tol Pluit Lama. Bagi Pemilik mhn hub: @TMCPoldaMetro 021-52960770.” Walhasil, terkenal deh itu mobil sejagat Twitter.

 

2. Rolls-Royce – 17 Januari 2013

rolls royce mogok banjir
Kacau juga nih supirnya si mobil milyaran Rupiah ini, emang disangka Hardtop kali??

 

Pada 2013, duit Rp 13 miliar basah terendam banjir Jakarta! Tapi duit yang mungkin cukup buat makan orang sekampung selama lima tahun lebih itu bukan dalam bentuk cash, melainkan mobil mewah Rolls-Royce Phantom.

 

Tepatnya Kamis, 17 Januari 2013, banjir “bersikap adil” lantaran enggak cuma nerjang daerah perkampungan Kampung Pulo, tapi juga kawasan elite di Bundaran HI. Sejumlah kendaraan, dari sepeda motor sampai angkot, mogok enggak mau jalan.

 

Rolls-Royce Phantom hitam termasuk di antara kendaraan yang teronggok di dekat Hotel Kempinski. Pemilik mobil itu tampaknya pasrah. Sementara sopirnya ngeluarin air dari kabin pakai ember, dia asyik mainan hape di kursi depan.

 

3. Ferrari – 19 Mei 2013

ferrari mogok banjir
Mahakencang jadi mahangambek… yeps, ngambek diajak basah-basahan ama air banjir yang kotor hihihi

 

Entah apa yang dilakukan mobil mahakencang ini di jalanan Jakarta yang bahkan bisa bikin pejalan kaki kena macet. Pada Minggu malam, 19 Mei 2013, Ferrari 599 GTB seharga Rp 10 miliar ini lemah tak berdaya akibat menerjang banjir.

 

“Sedan Ferrari mogok di dekat Balai Kartini, Jalan Gatot Subroto karena banjir dan masih penanganan,” begitu akun Twitter TMC Polda Metro Jaya memberi informasi. Kalau yang mogok Avanza atau Xenia, pasti banyak yang bisa bantuin. Ini Ferrari, yang bisa betulin teknisinya doang.

 

4. Mercedes-Benz – 1 Februari 2015

mercy mogok banjir
Lucunya, yang nolongin si mobil mewah ini justru orang-orang yang sering dilewati dengan angkuhnya ketika si mercy enggak mogok.

 

Mobil mewah asal Jerman yang satu ini juga enggak kebal banjir. Sedan Mercy mogok karena nekat melawan kehendak alam di Jalan Patra, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, pada 1 Februari 2015.

 

Saat itu genangan banjir sekitar 50 sentimeter. Pengendara Mercy itu mungkin berpikir, “Ini kan sedan harganya mahal, enggak bakal mogok kena banjir.” Tapi prediksinya salah.

 

Bersama sejumlah sepeda motor seharga Rp 12-15 jutaan, mobil mewah seharga lebih dari Rp 1 miliar itu mogok. Pengendara motor sih gampang, tinggal dorong motornya ke bengkel. Kalau pengendara Mercy?

 

5. BMW – 10 Februari 2015

bmw putih mogok banjir
Mau murah, mau mahal, enggak menjamin kekebalan terhadap ganasnya banjir

 

Lagi-lagi BMW? Tapi yang ini bukti terbaru bahwa mobil mewah juga bisa mogok karena banjir. Pada Selasa, 10 Februari 2015, sedan putih BMW berjalan pelan di bawah flyover Puri Kembangan, Jakarta.

 

Pengemudinya kayaknya ragu-ragu mau jalan terus atau enggak karena di depannya air setinggi 50 sentimeter sudah menghadang. Akhirnya dia membulatkan tekad: hajar bleeeh!! Tapi…bret…bret..bret…mobil mewah itu mogok.

 

Info soal mobil mogok ini diedarkan akun Twitter TMC Polda Metro Jaya yang menerima laporan warga. Seperti pemilik mobil mewah mogok sebelumnya, yang punya BMW ini juga memutuskan ngacir ninggalin mobil karena enggak tahu harus berbuat apa.

 

 

Itulah bukti bahwa banjir bisa menimpa kendaraan jenis apa saja, dari yang murah sampai supermahal. Banjir ini bisa mendatangkan kerugian yang enggak terkira.

 

Tapi ada yang berpendapat pemilik mobil mewah yang ikut asuransi kendaraan bisa santai-santai walau mobilnya mogok. Awas keliru. Meski sudah ikut asuransi, mobil yang mogok gara-gara banjir enggak begitu saja bisa ditanggung perusahaan asuransi.

 

Banjir enggak otomatis masuk dalam asuransi. Bencana diatur dalam perjanjian perluasan jaminan. Jadi, kita harus membayar lagi untuk mendapat fasilitas ini.

 

Otoritas Jasa Keuangan menjamin pertanggungan akibat insiden yang lebih terkenal dengan nama water hammer ini. Tapi ada syaratnya: kita enggak boleh nerjang banjir dan kalau mobil udah terendam, kita enggak boleh coba-coba benerin sendiri.

 

Jadi, kalau kasusnya kayak sedan BMW di atas, ya, wasalam. Kita dianggap melanggar perjanjian asuransi dan klaim enggak bakal cair.

 

Karena itu, kita wajib hati-hati kalau jalan lagi banjir. Mending cari aman saja, enggak usah maksain diri walau mobil yang kita bawa harganya miliaran rupiah. Kemewahan itu enggak berarti kebal sama bencana alam, dan mobil mogok kena banjir dapat menimpa siapa saja.

 

 

Image credit:

  • http://cdn1-a.production.liputan6.static6.com/medias/594232/original/tinggal-bmw-140119a.jpg
  • http://cdn-media.viva.id/thumbs2/2013/01/17/188347_mobil-super-mewah-rolls-royce-terendam-banjir-jakarta_663_382.jpg
  • http://image.tempointeraktif.com/?id=185609&width=620
  • http://www.kabarsatu.co/wp-content/uploads/2015/02/bmw-mogok-banjir.jpeg

Posting Komentar untuk "5 Bukti Kemewahan Bukan Berarti Kebal dari Derita Mobil Mogok Kena Banjir"