Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Trans Jakarta Care Buat Difabel Lebih Gampang Bepergian

Trans Jakarta Care Buat Difabel Lebih Praktis Bepergian Trans Jakarta Care Buat Difabel Lebih Praktis Bepergian

Tangerang, Kartunet – Pemerintah provinsi DKI Jakarta terus membenahi kota biar lebih ramah untuk semua, tak terkecuali warga dengan disabilitas. Salah satu terobosan di sektor transportasi yaitu kehadiran kendaraan beroda empat Trans Jakarta Care.


Layanan yang diinisiasi oleh PT Transportasi Jakarta ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, pada Rabu (19/10/16) di Balaikota. Apabila sebelumnya sudah ada kebijakan gratis naik bus Trans Jakarta, layanan Trans Jakarta Care ini menjadi solusi sementara masih banyak halte bus way yang belum sepenuhnya kanal untuk difabel.


Sebagai tahap awal, gres 5 unit kendaraan beroda empat yang diresmikan. Mobil khusus ini diawaki oleh 1 orang pramudi dan 1 orang petugas yang sudah dilatih khusus melayani difabel.  Dalam waktu bersahabat ini Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Transportasi Jakarta menargetkan untuk mengoperasikan 40 unit kendaraan.


Pada tahap awal Transjakarta Cares akan melayani dua zona yakni di Jakarta Pusat dan Jakarta Barat. Dalam waktu bersahabat layanan ini akan mencakupi seluruh Jakarta. Beroperasi dari pukul 08.00 hingga dengan 17.00 WIB setiap hari. Pelanggan difabel sanggup memesan kendaraan beroda empat Transjakarta Care dengan cara menghubungi call center 1500102 satu hari sebelumnya. Penjemputan akan dilakukan di lokasi asal pelanggan (rumah dan sebagainya) untuk diantar ke halte ramah difabel terdekat. Selanjutnya pelanggan sanggup melanjutkan perjalanan dengan bus, dan sesudah hingga di halte tujuan, akan diantar lagi dengan kendaraan beroda empat Trans Care lainnya hingga hingga lokasi tujuan.


Setelah dua bulan diluncurkan, sudah banyak penyandang disabilitas yang memakai layanan ini. Berdasar dari pengalaman sobat tunanetra yang sudah pernah mencicipi Trans Care, mereka cukup puas dengan layanan tersebut. Di dalam mobil, biasanya minimal ada 2 orang petugas. Satu orang pengemudi dan satu lainnya yang siap membantu difabel untuk mendampingi mobilitas dari dan ke dalam mobil. Tiap kali naik kendaraan beroda empat jatau hingga di lokasi tujuan, pelanggan akan difoto untuk laporan ke operator. Nilai plus juga alasannya kendaraan beroda empat Trans Care juga selalu datang sempurna waktu, sehingga tidak perlu khawatir terlambat kalau ingin pergike kantor.


Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan PT Transportasi sudah memproyeksikan ada sekitar 75 halte yang sanggup diubah menjadi halte ramah difabel. Sampai dengan ketika ini sudah ada 10 halte yang mempunyai JPO yang ramah kaum difabel,


Transjakarta Cares Untuk Difabel, diantaranya yaitu: 


10 Halte Ramah Difabel 



  1. Koridor 1 (Monas)

  2. Koridor 2 (Gambir, Balai Kota)

  3. Koridor 3 (Dispenda, Kalideres)

  4. Koridor 4 (Pemuda Rawamangun)

  5. Koridor 5 (Ancol)

  6. Koridor 6 (Ragunan)

  7. Koridor 8 (Permata Hijau)

  8. Koridor 9 (Pinang Ranti)


Sekali lagi apresiasi untuk DKI Jakarta dengan layanan Trans Care yang sudah dirasakan keuntungannya oleh para penyandang disabilitas. Bagaimana, apa kau sudah memakai layanan tersebut? Silakan tinggalkan komentar ya kalau ingin membuatkan pengalaman atau masukan. (DPM)



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Trans Jakarta Care Buat Difabel Lebih Gampang Bepergian"