Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tiga Cara Ampuh Menangkal Hoax

 Belakangan ini publik terutama di media umum dirisaukan dengan banyaknya hoax atau beri Tiga Cara Ampuh Menangkal Hoax

Tangerang – Belakangan ini publik terutama di media umum dirisaukan dengan banyaknya hoax atau info bohong yang beredar. Hingga salah seorang mantan presiden Indonesia berkomentar bahwa negara ini telah dikuasai oleh hoax. Namun tak perlu khawatir, ada beberapa tips sederhana untuk kau supaya tidak terjebak, apalagi terpengaruh oleh berita-berita bohong tersebut. Mari simak tiga cara ampuh menangkal hoax berikut ini.


Pertama, jangan ikut-ikutan. Berita bohong atau hoax biasanya bersumber dari artikel di internet yang dibagikan atau disukai oleh sahabat kita di media sosial. Dengan mudahnya kau sanggup eksklusif tekan like atau ikut membagikan ulang artikel tersebut dengan beberapa klik atau sentuhan jari. namun bersikap bijaklah, apabila sekiranya informasi itu tidak terlalu bermanfaat atau mungkin sanggup merisaukan, lebih baik jangan ikut-ikutan, apalagi jikalau hanya ingin dianggap happening atau kekinian.


Berikutnya, jangan share atau like sebuah artikel atau info dengan hanya membaca judul informasinya bukan keseluruhan isinya. Banyak sekali pembuat info bohong atau hoax yang tidak bertanggung jawab, hanya alasannya yakni ingin mendapat klik atau traffick pengunjung, isi info tak ada kaitannya dengan judulnya yang “bombastis”. Sebab bagi pemilik web, makin banyak yang klik atau share artikel dari website / blog mereka, maka penghasilan mereka makin banyak. Sedang apa yang kau dapat? Mungkin unfriend dari teman-temanmu di media sosial.


Terakhir, cek keafsahan sumber info dari domain yang digunakan. Domain yakni alamat website menyerupai pola gamepelajar.xyz. Banyak info bohong atau hoax yang tidak bersumber dari website atau situs-situs info yang terpecaya menyerupai Republika, Kompas, Detik, dll. Perhatikan domainnya, jikalau bukan dari sumber-sumber yang falit, lebih baik jangan share. Apalagi jikalau sumbernya itu dari blog atau website gratisan menyerupai blogspot atau wordpress, terang pembuat info bohong itu agak kurang modal untuk mencari pemasukan. Meski kita pun tak sanggup menjamin independensi dari media-media terpercaya sekalipun, tapi pengelolanya terang dan sanggup dimintai pertanggung jawaban.


Selain itu, domain berbayar pun tak sepenuhnya sanggup dipercaya. Domain ekstensi internasional menyerupai .com, info., .org, dll, tidak menutup kemungkinan pemiliknya pun anonim atau tidak sanggup dilacak. Sebab untuk mempunyai domain internasional tersebut, pembuat tak perlu menyertakan identitas asli, bahkan sanggup disembunyikan dengan whois protection. Beda apabila sumber info itu dari domain lokal menyerupai .co.id. Tingkat validitasnya sangat tinggi alasannya yakni untuk proses pembuatan domain tersebut, diharapkan legalitas perusahaan. Sehingga apabila ada hal-hal tidak diinginkan di kemudian hari, terang pihak yang bertanggung jawab.


Mudah bukan? Itu beliau tiga cara ampuh menangkal hoax, yang bersumber dari pengalaman pribadi. Agar sanggup diingat bahwa tiap hal yang kita katakan atau kita bagikan, meski hanya jawaban beberapa sentuhan jari di layar touch screen, maka dampak yang dihasilkan pun potongan dari tanggung jawab kita. Makara lebih bijak ya mitra dalam berinternet.(DPM)



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Tiga Cara Ampuh Menangkal Hoax"