Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengin Karier Sukses, Terapkan 5 Tips Ini Untuk Tingkatkan Potensi Diri

Punya potensi diri yang bagus jangan disia-siakan. Dalam karier, kamu bisa mencapai kesuksesan karena potensi yang tersimpan dalam dirimu itu.

Sayangnya, banyak yang gak menyadari hingga akhirnya potensi diri tersebut gak keluar. Namun, buat kasus yang satu ini, masih ada waktu buat memperbaikinya.

Gimana dengan yang udah menyadari, tapi membiarkan begitu aja potensi dirinya alias gak meningkatkan sama sekali? Ini sih sama aja kayak pisau yang jarang diasah sehingga gak tajam lagi.

Nah, buat kamu yang pengin sukses dalam karier, mulai sekarang tingkatkan deh potensi diri yang kamu miliki. Gimana caranya? Terapkan deh tips-tips berikut ini seperti yang dikutip dari pelbagai sumber.

1. Minta evaluasi dari atasan

Meminta evaluasi pada atasan (Ilustrasi).

Ini beneran minta atasan buat mengevaluasi kita? Melakukan ini kedengaran berani sih emang. Namun, dengan memintanya dari atasan, kamu bisa tahu secara langsung di mana kekuranganmu selama ini di mata atasan. Dengan begitu, ini membantu kamu melakukan peningkatan potensi diri.

Walaupun nanti hasil evaluasinya diselipkan beberapa kritik yang bisa aja bikin kita down buat sementara, seenggaknya hal itu bisa mendorong kita ke depannya menjadi lebih baik lagi.

2. Ambil kursus atau mengikuti workshop

Mengikuti workshop (Ilustrasi).

Gak ada kata berhenti untuk belajar. Selama masih sanggup, kenapa gak? Asal tahu aja nih. Belajar itu gak mengenal batas usia atau status. Siapa pun boleh belajar sekalipun udah bekerja.

Lagi pula adanya kursus atau mengikuti workshop dapat membantu dirimu buat meningkatkan potensi diri. Skill yang kamu miliki makin terasah dan kamu dapat pengetahuan baru mengenai pekerjaan yang kamu jalani. Kalau udah begitu, peluang kamu buat sukses dalam karier terbuka lebar.

3. Cari tantangan

Seringnya kamu menyelesaikan tantangan bikin pengalaman kian bertambah.

Seringnya kamu menyelesaikan tantangan bikin pengalaman kian bertambah. Dengan bertambahnya pengalaman, itu berarti potensi diri yang kamu punya kian meningkat.

Menyelesaikan tantangan bisa menjadi tips untuk menambah pengalamanmu. Misalnya aja kamu setiap hari cuma menyelesaikan tiga tugas. Biar menantang, kamu bisa tambah tugas yang awalnya tiga menjadi empat. Kalau udah bisa beradaptasi, kamu bisa tambah lagi dan tambah lagi hingga kamu perlu tantangan baru.

Pindah tempat kerja juga menjadi cara yang mendorong peningkatan potensi diri. Gak menutup kemungkinan di tempat kerja yang baru tantangannya sedikit berbeda. Dengan mendapat tantangan baru, pengalamanmu bertambah dan pengetahuanmu kian luas.

4. Jalin relasi dengan banyak orang

Menjalin relasi sebanyak mungkin (Ilustrasi).

Punya relasi yang banyak itu menguntungkan lho. Pengusaha-pengusaha yang udah sukses sekarang aja bilang berkat relasi yang mereka punya, akhirnya bisa sukses seperti sekarang.

Gak cuma urusan aja jadi lancar karena adanya relasi ini, potensi diri yang kamu punya juga bertambah peningkatannya. Misalnya aja kamu terlibat diskusi intens dengan relasimu tentang pekerjaan. Di sini kamu bisa mendapat pandangan-pandangan baru yang belum kamu ketahui.

Dengan adanya pandangan-pandangan tersebut, nantinya kamu jadi tahu apa yang bisa diperbaiki atau apa yang perlu ditingkatkan supaya potensi diri yang kamu punya lebih baik lagi dari sebelumnya.

5. Bergabung dalam komunitas

Bergabung dalam komunitas (Ilustrasi).

Sekarang ini banyak komunitas-komunitas yang ada hubungannya dengan karier. Menggabungkan diri dengan komunitas tersebut bisa menjadi keuntungan buat kemajuan karier.

Sebab potensi diri yang kamu punya bisa terbangun lebih baik lagi nantinya. Udah gitu secara gak langsung, relasimu bertambah dan tentu saja ini bagus untuk perkembangan karier. Dan ujung-ujungnya potensimu bertambah lebih baik.

Gimana? Tahu kan sekarang apa aja lima tips yang bisa diterapkan agar ada peningkatan dalam potensi diri. Semoga informasi di atas bermanfaat ya dan selamat mencoba!

Posting Komentar untuk "Pengin Karier Sukses, Terapkan 5 Tips Ini Untuk Tingkatkan Potensi Diri"