Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Navigasi Dan Menyunting Teks Di Word 2016

 Ada perbedaan fundamental untuk teknik editing pada lembar kerja Microsoft Word untuk penggu Navigasi dan Menyunting Teks di Word 2016

Tangerang, Kartunet – Ada perbedaan fundamental untuk teknik editing pada lembar kerja Microsoft Word untuk pengguna yang tunanetra. Seluruh perintah yang memakai keyboard dan screen reader, membutuhkan teknik khusus semoga fungsi yang diperoleh sama dengan yang memakai Mouse.


Navigasi Menggunakan Screen Reader


Membaca Dokumen



  • Membaca dan bergerak satu baris ke bawah, tekan panah bawah.

  • Membaca dan bergerak satu baris ke atas, tekan panah atas.

  • Membaca dan bergerak satu karakter ke kanan, tekan panah kanan.

  • Membaca dan bergerak satu karakter ke kiri, tekan panah kiri.

  • Membaca dan bergerak satu kata ke kanan, tekan Ctrl+panah kanan.

  • Membaca dan bergerak satu kata ke kiri, tekan Ctrl+panah kiri.

  • Berpindah ke paragraf berikutnya, tekan Ctrl+panah bawah.

  • Berpindah ke paragraf sebelumnya, tekan Ctrl+panah atas.

  • Membaca dokumen hingga selesai dari mulai posisi kursor, tekan insert atau NVDA key + A.


Menggerakkan kursor secara langsung



  • Menggerakkan kursor eksklusif ke awal dokumen, tekan Ctrl+Home

  • Menggerakkan kursor eksklusif ke selesai dokumen, tekan Ctrl+End

  • Menggerakkan kursor ke selesai baris, tekan End

  • Menggerakkan kursor ke awal baris, tekan Home

  • Berpindah ke awal halaman berikutnya, tekan Ctrl+Page Down (pg dn)

  • Berpindah ke awal halaman pada halaman sebelumnya, tekan Ctrl+Page Up


Berpindah antar Halaman



  • Berpindah ke halaman berikutnya disaat mengetik.

    Kasus ini mungkin akan ditemui ketika kita mengetik sebuah surat dan telah selesai, sedang surat itu tidak penuh satu halaman tapi kita harus pindah ke halaman berikutnya. Untuk berpindah ke halaman berikutnya sebelum halaman yang sedang kita edit belum habis ialah dengan menekan Ctrl+Enter

  • Berpindah antar halaman pada dokumen yang telah terisi

    Kita sanggup berpindah antar halaman dengan menekan Ctrl+Page Down untuk berpindah ke halaman berikutnya atau menekan Ctrl+Page Up untuk berpindah ke halaman sebelumnya. Kedua perintah ini juga akan menempatkan kursor pada awal halaman.


Menyunting Dokumen (editing)


Setelah kita membaca dokumen yang sudah kita ketik, mungkin kita menemukan beberapa kesalahan baik kurang huruf, kelebihan huruf, ada kata yang terulang dan sebagainya. Karena itu kita harus memperbaikinya.


Menghapus Teks (Delete)


Menghapus satu karakter ke arah kiri kursor


Pada dikala kita mengetik sebuah karakter, namun secara sadar kita melaksanakan kesalahan, maka cara termudah yang sanggup kita lakukan ialah eksklusif menghapusnya dengan menekan tombol Back Space.

Sebagai contoh: Ketika kita ingin mengetik karakter “R” namun ternyata salah menjadi karakter “T”, maka untuk menghapus karakter “T” tersebut, kita sanggup menekan Back Space, karakter “T” dihapus dan Screen Reader membacakan karakter yang dihapus tersebut. Setelah karakter T terhapus kita sanggup eksklusif menggantinya dengan karakter yang benar yaitu R.


Menghapus satu kata ke arah kiri kursor.


Cara ini sering kita lakukan ketika kita sedang menulis sebuah naskah, tiba-tiba sadar jikalau kita mengetik kata yang salah. Agar lebih terperinci coba ketik kalimat “ Saya sedang bermain “.

Ketika gres selesai mengetik kata (bermain), tiba-tiba kita sadar bahwa kata yang seharusnya ditulis bukan kata “bermain” melainkan (mengetik). Untuk itu eksklusif tekan Ctrl+Back Space. Kata (bermain) akan dihapus dan Screen Reader akan menyebutkan kata yang dihapus. Selanjutnya tinggal ketik kata pengganti yaitu (mengetik).


Menghapus satu karakter pada posisi kursor


Cara ini sering kita lakukan pada dikala mengedit ulang dokumen yang telah diketik. Untuk lebih jelasnya coba ketik kalimat “ Harga sembako kini sangat mahal “.


Tekan Ctrl+Home untuk menempatkan kursor di awal dokumen, baca kalimat  tersebut dengan menekan Ctrl+panah kanan. Setelah kita baca ternyata terdapat kesalahan ketik pada kata (sekarang) menjadi sekatang, alasannya ialah itu tempatkan kursor pada kata (sekatang). Ketika kita menekan Ctrl+panah kanan/kiri dan menemukan kata (sekatang), kursor berada di awal kata dari yang kita temukan yaitu karakter “ S “ dari kata (sekatang) alasannya ialah itu sehabis Screen Reader menyebutkan kata sekatang, berhentilah menekan Ctrl+panah kanan dan lanjutkan dengan menekan Panah Kanan saja hingga dibacakan karakter “ T “.


Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter “ T “ tersebut. Ketika kita menekan tombol delete, karakter T akan terhapus dan Screen Reader akan menyebutklan karakter “ A “ yaitu karakter yang berada di sebelah kanan karakter “ T “. Ketik karakter pengganti yaitu karakter “ R “.


Menghapus satu kata pada posisi kursor.


Cara ini sering dilakukan ketika kita mengedit kembali dokumen yang sudah kita ketik, namun menemukan kata yang salah. Untuk lebih jelasnya coba ketik kalimat berikut “ Saya lebih suka pergi dengan beliau “.


Setelah kalimat diatas kita baca kembali, ternyata kata (dengan) ingin kita ganti dengan kata (bersama), alasannya ialah itu tempatkan kursor pada kata (dengan). Setelah ketemu tekan Ctrl+delete untuk menghapus kata tersebut. Ketik kata pengganti yaitu (bersama) dan akhiri dengan Spasi.


Memilih (blok) teks.


Untuk menghapus banyak kata, kita sanggup melakukannya dengan cara  blok dahulu kata-kata yang ingin dihapus. Adapun perintah untuk blok ialah tekan Shift+menggerakkan kursor. Semua kata atau kelompok kata yang telah diblok bila diakhiri dengan menekan delete, maka kata-kata yang telah diblok tersebut akan terhapus semua. Untuk lebih jelasnya ikuti referensi sebagai berikut:



  • Menghapus satu karakter ke sebelah kiri kursor. Tekan Shift+panah kiri untuk mem blok karakter tersebut dan diakhiri dengan delete.

  • Menghapus satu karakter ke sebelah kanan dengan menekan Shift+Panah kanan dan diakhiri dengan delete.

  • Menghapus satu kata pada posisi kursor atau di sebelah kanan kursor, tekan Shift+Ctrl+panah kanan untuk mem blok kata tersebut dan diakhiri dengan delete.

  • Menghapus satu kata pada posisi sebelah kiri kursor, tekan Shift+Ctrl+panah kiri dan diakhiri dengan delete.

  • Menghapus satu baris dengan posisi kursor diawal baris, tekan Shift+panah bawah dan diakhiri dengan delete.

  • Menghapus satu paragraf dengan kursor berada di awal paragraf, tekan Shift+Ctrl+panah bawah dan diakhiri dengan delete.

  • Menghapus satu paragraf dengan posisi kursor di selesai paragraf, tekan Shift+Ctrl panah atas dan diakhiri dengan delete.

  • Menghapus dari posisi kursor hingga selesai dokumen, tekan Shift+Ctrl+End dan diakhiri dengan delete.

  • Menghapus seluruh dokumen, tekan Ctrl+A dan diakhiri dengan delete.


Menyisipkan karakter dan kata


Bila dalam sebuah kata yang diketik terdapat karakter yang kurang, contohnya kita ingin mengetik kata (mereka) akan tetapi kurang karakter “e” sehingga menjadi (Merkk), maka cara menambahkan karakter “e” ialah gerakkan panah hingga kursor berada pada karakter “k” dari kata (mereka), kemudian ketik karakter “e”.


Menambahkan kata yang kurang


Dengan cara yang hampir sama kita sanggup menambahkan kata yang kurang pada sebuah kalimat. Sebagai referensi coba ketik goresan pena berikut: “Aku pengemis cinta“.


Setelah kita periksa kalimat diatas ialah salah. Yang seharusnya adalah: “Aku bukan pengemis cinta“.


Cara menyisipkan kata (bukan) ialah tempatkan kursor pada karakter “P” dari kata (pengemis), kemudian ketik kata “bukan“ dan akhiri dengan spasi.


Menyambungkan penulisan yang terpisah dan memisahkan penulisan yang tersambung.


Ada kalanya kita menuliskan kata yang seharusnya ditulis satu kata namun ditulis terpisah. Seperti dikala mengetik kata (Pancasila), namun ditulis (Panca Sila).


Kadang pula penulisan kata yang seharusnya ditulis secara terpisah namun disambung. Seperti pada penulisan kata (sepak bola) namun ditulis secara sambung menjadi (sepakbola).


Pada penulisan (Panca Sila) tempatkan kursor pada kolom kosong diantara karakter “a” dari kata (Panca) dengan karakter “S“ dari kata (Sila). Disini kemudian tekan tombol delete sekali, maka karakter “S” dari kata sila akan bergeser ke kiri.


Sedang pada penulisan (sepak bola) untuk memisahkannya dengan cara tempatkan kursor pada karakter “b” dari bab kata “bola” kemudian tekan spasi satu kali.


Sekian cara navigasi di lembar kerja Microsoft Word 2016 dan teknik penyuntingan atau editing sederhana. Silakan berlatih dengan contoh-contoh perkara lainnya semoga kau semakin hebat mengetik dan memperbaiki sendiri hasil tulisanmu.(DPM)



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Navigasi Dan Menyunting Teks Di Word 2016"