Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggunakan Nvda, Software Pembaca Layar Untuk Tunanetra

 ialah kegiatan screen reader yang memungkinkan para tunanetra memakai komputer dengan Menggunakan NVDA, Software Pembaca Layar untuk Tunanetra

Tangerang, Kartunet – NVDA (Non Visual Desktop Access) ialah kegiatan screen reader yang memungkinkan para tunanetra memakai komputer dengan sistem operasi Windows tanpa biaya suplemen sama sekali. Jadi, NVDA ini sanggup didapat secara gratis. Kita sanggup men-download NVDA di situs: www.nvaccess.org. NVDA yang terbaru pada tahun 2017 ini ialah NVDA versi 2017.3. Pada modul ini akan dijelaskan cara memakai NVDA dari mulai install hingga setting program.


Menginstal NVDA


Langkah-langkahnya sebagai berikut:



  1. Pertama, unduh NVDA terbaru di Website Resmi NVDA (www.nvaccess.org)

  2. Kemudian instal/pasang NVDA di komputer/laptop dengan menekan enter pada file yang telah di download, contohnya nvda_2017.3.exe, jikalau tampil obrolan Security Warning, pilih Run, enter

  3. Jika tampil obrolan User account control, pilih Yes, enter

  4. Tunggu beberapa ketika hingga tampil obrolan berikutnya. Tab pilih I agree dengan menekan spasi, tab pilih Install NVDA on this computer, enter.

  5. Tab menuju Continue, enter.

  6. Tunggu beberapa ketika hingga NVDA telah berhasil diinstal, tekan enter.


Mengaktifkan NVDA


Ada dua cara mengaktifkan NVDA, secara manual dan secara otomatis. Mengaktifkan NVDA secara manual maksudnya kegiatan NVDA harus dipanggil dengan short-cut. Caranya: tekan Alt+Ctrl+n, tunggu sebentar, komputer akan mengeluarkan bunyi sejenis beep, dan tidak usang kemudian NVDA akan mengeluarkan suara.


Sedangkan mengaktifkan NVDA secara otomatis maksudnya kegiatan NVDA diatur/disetting semoga kegiatan tersebut aktif tanpa harus dipanggil.


coba lakukan langkah-langkah berikut:



  • Aktifkan dulu NVDA secara manual, atau eksklusif ke langkah berikutnya jikalau sudah aktif.

  • Tekan tombol Insert+n untuk membuka sajian NVDA.

  • Tekan panah bawah hingga komputer mengatakan:”Preferences”, tekan Enter.

  • Tekan panah bawah atas cari General Setting, tekan Enter.

  • Tekan Tab beberapa kali hingga computer mengatakan:”Automatically start NVDA after I log oncheck box”. Tekan spasi untuk mengaktifkannya.

  • “Use NVDA on the windows log on screen check box.” Pada bab ini tekan spasi untuk memberinya tanda centang.

  • Tekan Tab beberapa kali untuk hingga di OK, tekan Enter.


Mematikan NVDA


Mungkin kita perlu mematikan NVDA atau kegiatan screen reader alasannya ialah komputer kita akan digunakan saudara kita yang berpenglihatan, alasannya ialah itu NVDA harus dimatikan terlebih dahulu. Untuk mematikannya caranya: tekan Insert+q, (tombol NVDA ialah variasi tombol Insert pada PC sedangkan tombol Capslock untuk Laptop), NVDA akan mengkonfirmasi apakah yakin anda akan mematikan NVDA dengan mengatakan”are you sure you want to quit NVDA?”. Langsung tekan Enter untuk mematikannya.


Menghafalkan Posisi Tombol Keyboard dengan Help on Keyboard


Adalah akomodasi yang sanggup digunakan untuk memahami tombol-tombol yang ada pada sebuah keyboard. Dengan akomodasi ini NVDA akan mengunci keyboard sehingga tidak kuat pada kegiatan aplikasi apapun yang ada di komputer tersebut jikalau keyboard ditekan. Sehingga sangat berkhasiat untuk pemula yang gres mempelajari keyboard.


Cara mengaktifkan Help on Keyboard ialah dengan menekan tombol NVDA+1, tekan kembali tombol NVDA+1 untuk menonaktifkan.


Setting suplemen pada NVDA


Ada beberapa pengaturan suplemen yang cukup bermanfaat semoga kau nyaman memakai computer dengan NVDA. Mungkin beberapa di antaranya kau belum paham apa maksudnya, namun seiring meningkatnya penguasaan kau pada komputer, maka hal-hal berikut akan dirasakan manfaatnya.



  1. Menonaktifkan Screen Layout. Ketika kau browsing internet, NVDA akan membacakan urutan link atau tautan sesuai dengan tampilan bekerjsama di layer. Akan tetapi kadang tampilan ini agak membingungkan Karena lebih gampang untuk tunanetra navigasi dengan panah atas / bawah untuk membaca tiap link ketimbang harus menelusuri urutan link yang posisi bekerjsama horizontal. Untuk mengubah pengaturan ini ikuti langkah berikut:

    • Masuk ke sajian NVDA dengan menekan insert + N

    • Panah atas/bawah cari Preferences

    • Lalu masuk ke Browse mode

    • Tekan tab hingga NVDA menyampaikan “use screen layout (when supported), tekan sepasi untuk menjadikannya not check.

    • Tekan tab hingga ok button kemudian enter.



  2. Menonaktifkan Spelling Error. Secara default, Bahasa yang dikenali oleh NVDA ialah Bahasa Inggris. Maka dari itu, tiap kali kau membaca atau menulis teks berbahasa Indonesia di Microsoft Word, maka NVDA akan menyampaikan “spelling error”. Tentu hal ini cukup mengganggu. Untuk menghilangkannya, lakukan cara sederhana berikut:

    • Masuk ke sajian NVDA dengan insert + N.

    • Masuk ke Preferences

    • Cari Document Formating

    • Hilangkan tanda ceklis pada “spelling error” denganm enekan tombol sepasi

    • Tekan tab hingga ok button, kemudian tekan enter.





Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Menggunakan Nvda, Software Pembaca Layar Untuk Tunanetra"