Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Memulai Langkah Bersama Melalui We Care!

 memperlihatkan bahwa jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai angka  Memulai Langkah Bersama melalui We Care! memperlihatkan bahwa jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai angka  Memulai Langkah Bersama melalui We Care!


Apa itu We Care?


Data Kementerian Sosial RI tahun 2014 memperlihatkan bahwa jumlah penyandang disabilitas di Indonesia mencapai angka 7 juta orang, dengan 1,7 juta di antaranya merupakan cacat telantar. Akan tetapi, keberadaan para penyandang disabilitas dengan jumlah yang relatif tinggi tersebut belum diimbangi dengan sumbangan moril maupun materil yang cukup dari pemerintah dan masyarakat umum. Penyandang disabilitas sebenarnya mempunyai hak untuk mendapat kemudahan dan perlakuan yang sama dengan orang lain pada umumnya dalam seluruh aspek kehidupan, termasuk pendidikan. Meskipun demikian, dominan institusi pendidikan, termasuk perguruan tinggi tinggi, belum menyediakan kemudahan umum yang memadai bagi para mahasiswa yang menyandang disabilitas. Salah satu di antaranya ialah keterbatasan jalur khusus bangku roda untuk menaiki undakan dan pegangan di beberapa tempat, menyerupai kamar mandi. Hal ini tentunya akan menyulitkan para mahasiswa yang memakai bangku roda untuk menaiki undakan.


We Care ialah sebuah bentuk kegiatan yang mempunyai bantuan dalam hal dedikasi kepada masyarakat, sebagai wujud realisasi dari salah satu aspek dalam Tridharma Perguruan Tinggi. We Care tahun kemudian (2014) mengusung   tema   “Berbagi   Jalan   dengan   Sesama” dengan tiga planning kegiatan, yaitu Sensitivity Training, Acara Puncak (FGD), dan Advokasi.


Karena itulah, We Care 2015 sebagai proyek BEM Fakultas Psikologi Universitas Indonesia yang didasari oleh social movements, berusaha untuk memperlihatkan pemahaman yang lebih baik mengenai disabilitas serta mengubah sudut pandang masyarakat terhadap kaum difabel. We Care diperlukan sanggup merealisasikan pengadaan kemudahan umum untuk komunitas disabilitas, khususnya di lingkungan universitas, sebagaimana yang telah dicanangkan dan direncanakan bersama pada tahun sebelumnya. Bentuk dedikasi masyarakat, khususnya kepada para penyandang disabilitas ini diperlukan sanggup menjadi awal langkah bersama realisasi kemudahan yang bermanfaat untuk menunjang kegiatan dan kemandirian mereka dalam menuntut ilmu. Tidak hanya itu, kegiatan ini juga diperlukan sanggup meningkatkan rasa kepedulian dan tenggang rasa masyarakat terhadap kaum disabilitas.


Acara We Care akan dilaksanakan pada tanggal 7 November dan 21November 2015 di beberapa lokasi yang berbeda sesuai rangkaian program yang ada.


 


Apa saja rangkaian program We Care?


Acara ini diawali dengan field trip yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 7November 2015 dan Acara Puncak pada Sabtu, 21November 2015. Acara puncak akan diikuti oleh seluruh penerima dan panitia We Care, pihak yang telah mendukung keberlangsungan acara, dan lembaga-lembaga dan komunitas-komunitas psikologi.



  1. Field Trip pada 7 November 2015



  • Diadakan di Wisma Chesire, Jakarta Selatan

  • Acara :



  1. Sharing dengan penyandang disabilitas mengenai kehidupan mereka

  2. Cooking Class

  3. Bemain bersama



  • Peserta :



  1. Penyandang disabilitas dari Wisma Chesire

  2. Mahasiswa Psikologi Universitas Indonesia


 



  1. Acara Puncak pada 21 November 2015



  • Diadakan di Gedung RIK, Universitas Indonesia.

  • Peserta :



  1. Mengundang mahasiswa penyandang disabilitas yang telah ikut berpartisipasi pada kegiatan We Care 2014, mengundang perwakilan BEM universitas-universitas lain yang belum hadir. Tujuan utama ajakan ini ialah untuk membagikan pengalaman pengajuan pengadaan kemudahan umum penunjang kegiatan para mahasiswa penyandang disabilitas yang telah dibentuk pada kegiatan sebelumnya.  Diharapkan pengalaman advokasi ini sanggup menjadi rekomendasi untuk tindak lanjut berikutnya.

  2. Menghadirkan pihak-pihak yang berkompeten sebagai narasumber, menyerupai komunitas yang fokus memperjuangkan hak-hak penyandang disabilitas, perwakilan ASEAN Disability Forum, dan pihak kementerian Indonesia (Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia dan Kementerian Sosial) untuk memperlihatkan feedback atas upaya ini dan memperjelas pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas.



  • Acara :



  1. Menyerukan komitmen “Memulai Langkah Bersama” untuk Advokasi pengadaan fasilitas-fasilitas pendukung penyandang disabilitas di institusi masing-masing.



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Memulai Langkah Bersama Melalui We Care!"