Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mau Cepat Dapat Kerja? Ini Bocoran dari HRD Amazon hingga Facebook

Mendapat pekerjaan disebut susah-susah gampang. Karena itu, ada beberapa orang yang bisa menganggur selama lebih dari tiga bulan. Agar gak mengalami hal tersebut, ada cara cepat dapat kerja yang bisa kamu terapkan.

Kepada CNBC, beberapa hiring manager dari perusahaan ternama seperti Amazon, Tesla, hingga Facebook, memberi nasihat buat para pencari kerja.

Menurut mereka, ada beberapa cara cepat dapat kerja yang dijamin bikin job seeker berpeluang dapat pekerjaan.

Penasaran seperti apa cara cepat dapat kerja menurut mereka? Yuk, simak dalam ulasan berikut ini:

Fokus pada skill yang dikuasai

Fokus pada skill yang dikuasai
Fokus pada skill yang dikuasai

Cara cepat dapat kerja yang pertama kali bisa kamu lakukan adalah, fokus pada skill yang kamu kuasai.

Di Indonesia, hal ini ataupun gelar akademik menjadi nilai di atas kertas dan patokan buat mencari karyawan. Namun, gak sedikit perusahaan yang kini mengutamakan skill.

Saat ini, kandidat yang menguasai skill lebih berharga bagi perusahaan di bandingkan kandidat yang punya gelar akademik. Nasihat inilah yang disampaikan Janelle Gale, Vice President of Human Resources dari Facebook.

Menurutnya, penguasaan skill sangat penting. Dia pun memberi nasihat kepada para jobseeker buat apply lamaran sekalipun pengalaman kerja di CV gak sesuai dengan deskripsi pekerjaan.

Asalkan menguasai skill yang dibutuhkan, si jobseeker berpeluang kok mendapat pekerjaan.

Namun, kamu perlu tahu, penguasaan skill itu gak cukup dengan duduk di bangku kuliah aja. Kamu bisa mengikuti kursus online hingga daftarkan diri buat mengikuti workshop.

Baca juga:

Dari Go-Jek, Tokopedia hingga Bukalapak, Pekerjaan Ini Bergaji Dua Digit Lho 

Berkomitmen pada misi perusahaan

Berkomitmen pada misi perusahaan

Komitmen menjadi salah satu hal yang paling dicari dari para jobseeker. Wajar aja kalau perusahaan mencari kandidat yang kayak gitu.

Pasalnya, karyawan yang punya komitmen sangat bisa diandalkan. Selain itu, karyawan dengan kategori tersebut memberi kontribusi signifikan bagi perusahaan.

Lebih baik lagi kalau si jobseeker punya komitmen buat menjalankan misi perusahaan. Dijamin deh jobseeker tersebut berpeluang besar mendapat pekerjaan. Seleksi berdasarkan komitmen inilah yang mulai dilakukan perusahaan milik Elon Musk, Tesla.

Cindy Nicola, Head of Global Recruiting dari perusahaan pembuatan mobil listrik ini, mengatakan para kandidat yang melamar ke Tesla diminta menghafal misi perusahaan.

Mereka juga harus menunjukkan kalau mereka emang sejalan dengan misi yang dijalankan perusahaan. Pengabdian pada misi perusahaan bertujuan agar goal yang pengin dicapai perusahaan tercapai sesuai dengan harapan.

Baca juga:

Udah Kerja Keras tapi Gak Kaya-Kaya? Coba Cek Daftar Kesalahan Ini

Tunjukkan rasa ingin tahu

Tunjukkan rasa ingin tahu
Tunjukkan rasa ingin tahu

Cara ini juga dinilai ampuh sebagai cara cepat dapat kerja. Dengan menunjukkan rasa ingin tahu, berarti kamu punya ketertarikan buat bekerja di perusahaan tersebut.

Paling gampang menunjukkan rasa ingin tahu adalah dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan ke pewawancara saat interview. Ajukan pertanyaan-pertanyaan kreatif yang bikin kamu berada dalam kondisi sedang berdialog.

Hal inilah yang diinginkan Sean Kelley, Worldwide Operations Talent Acquisition Director dari Amazon. Dia ingin sekali melihat kandidat yang melamar ke Amazon merasa berdialog saat interview berlangsung.

Sampaikan secara jujur setiap pertanyaan yang ingin kamu ketahui jawabannya. Jangan bikin pertanyaan yang tampak dibuat-buat. Dengan begitu, perusahaan melihat kamu punya rasa antusias yang alamiah pada pekerjaan yang kamu lamar.

Kuasai soft skills agar peluang dapat kerja semakin terbuka

Selain penguasaan skill teknik alias hard skill seperti yang disebutkan pada poin pertama, kamu juga perlu menguasai sejumlah soft skill agar berpeluang dapat pekerjaan.

Asal tahu aja nih, penguasaan soft skill juga cukup menentukan kamu bisa peroleh kerja atau gak.

Seperti yang diungkap jejaring sosial profesional Linkedin, ada beberapa soft skills yang perlu kamu kuasai di tahun 2019:

  • Kreativitas
  • Persuasi
  • Kolaborasi
  • Kemampuan beradaptasi
  • Manajemen waktu

Daftar soft skills tersebut didapat Linkedin setelah melakukan analisis terhadap ratusan ribu lowongan kerja. Sampailah Linkedin pada kesimpulan kalau soft skills di atas paling dicari dari para jobseeker.

Gimana nih jobseeker? Ada gak cara cepat dapat kerja di atas yang udah kamu lakukan? Kalau belum, segera deh dimulai dari sekarang. Dengan begitu, peluang kamu semakin besar buat dapat pekerjaan impian.

Selamat menerapkan ya! (Editor: Chaerunnisa)

Posting Komentar untuk "Mau Cepat Dapat Kerja? Ini Bocoran dari HRD Amazon hingga Facebook"