Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kolaborasi Tepat Kartu Kredit dan Ibu Rumah Tangga Buat Bikin Belanja Bulanan Lebih Hemat

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan Kami Finansialku.com

 

logo finansialku

 

Tahu gak sih kalau kartu kredit bisa tepat guna juga di tangan ibu rumah tangga? Yup, ibu rumah tangga bisa belanja lebih hemat jika menggunakan kartu kredit dengan cara yang benar dan bijak.

 

Buat ibu-ibu rumah tangga yang tinggal di kota-kota besar pastinya sih udah gak asing dengan kartu kredit. Jenis kartu kredit itu sendiri banyak banget dan masing-masing memiliki keunggulan.

 

Sudah bukan rahasia lagi dong ya kalau belanja rumah tangga merupakan pengeluaran yang rutin dan wajib setiap bulan. Kamu sendiri gimana, punya budget dong untu pengeluaran belanja rumah tangga?

 

[Baca: Begini Nih Cara Menghemat Kartu Kredit untuk Belanja Tanpa Harus Jadi Pelit]

 

Nah, biasanya nih ibu-ibu menyiasati belanja bulanan dengan belanja saat ada promo, semisal ada diskon 10% pada hari tertentu. Ibu-ibu juga suka membandingkan katalog harga di beberapa supermarket untuk mendapatkan harga terbaik.

 

Selain menggunakan kedua strategi tersebut, ibu rumah tangga juga bisa banget loh memanfaatkan promo kartu kredit untuk belanja.

 

Berikut beberapa keuntungan yang ditawarkan oleh berbagai kartu kredit untuk membantu menghemat pengeluaran belanja bulanan.

  1. Diskon hingga 10% untuk semua produk private label dan produk promosi di supermarket yang bekerjasama dengan bank penerbit kartu kredit. Biasanya promo ini gak berlaku untuk susu bayi di bawah 1 tahun, telur curah, rokok, gadget dan pulsa telepon.
  2. Ada cash back hingga 3,5% dari total belanja di supermarket yang telah bekerja sama dengan bank penerbit kartu kredit.
  3. Mendapatkan ekstra 3x poin reward. Poin tersebut bisa ditukarkan untuk potongan harga saat berbelanja di merchant atau toko lain. Semisal, kita dapat menggunakan poin reward, untuk potongan harga di kafe atau di toko kosmetik.
  4. Ada juga kartu kredit yang memberikan hadiah langsung seperti minyak goreng, mie instan, gula jika transaksi lebih dari nominal tertentu (biasanya Rp 500.000) dalam satu struk.

 

belanja bulanan lebih hemat

Ibu-ibu zaman sekarang biasanya update loh sama info promo kartu kredit sama supermarket

 

[Baca: 4 Kartu Kredit Supermarket yang Bukan Sekedar Alat Pembayaran Belanja Bulananmu]

 

Ada beberapa kartu kredit yang memberikan manfaat di atas, sekaligus manfaat tambahan, seperti:

1. Merupakan kartu kredit pertama. Nah, kalau kamu termasuk ibu rumah tangga yang belum memiliki kartu kredit, kamu bakalan mudah untuk mendapatkannya.

2. Cash back untuk nonton film

3. Cashback untuk isi bahan bakar kendaraan

4. Gratis iuran tahunan

 

Lalu gimana cara memanfaatkan kartu kredit dengan bijak dna tepat untuk membantu menghemat belanja bulanan ibu?

 

Selain memilih kartu kredit yang tepat sesuai dengan kebutuhan utama, ibu rumah tangga juga perlu mengetahui cara memanfaatkan atau aturan main kartu kredit:

1. Namanya kartu kredit, tapi fungsinya bukan untuk kredit. Jadi bayar 100% tagihan bulanan. Jangan ada utang. Jangan ada bayar minimum.

2. Jangan sampai terlambat bayar tagihan kartu kredit

3. Untuk pemula, batasi jumlah limit kartu kredit sesuai dengan anggaran pengeluaran belanja bulanan. Semisal, belanja bulanan kamu setiap bulannya Rp 2.500.000, maka limit kartu kredit yang paling cocok adalah Rp 3.000.000.

4. Gunakan kartu kredit untuk belanja bulanan, sebaiknya hanya untuk belanja bulanan keluarga. Jika ingin mencicil produk elektronik atau lainnya, sebaiknya pisahkan dengan kartu kredit untuk belanja.

5. Diskon bukan berarti kamu boleh membeli barang lebih banyak ya. Beli barang sesuai dengan kebutuhan saja. Semisal total belanjaan bulanan sebelum ada kartu kredit sebesar Rp 2.500.000 per bulan.  Setelah ada kartu kredit dan diskon, total belanja bulanan menjadi Rp 2.350.000. Jadi ada penghemat sebesar Rp 150.000. Nah sisa uang ini sebaiknya digunakan untuk donasi sosial, menambah tabungan atau investasi.

 

belanja bulanan lebih hemat

Pakai kartu kredit emang enak ya, tapi jangan sampai lupa diri ya bunda! 

 

[Baca: Kartu Kredit Virtual VCC Cara Ciamik Buat Belanja Online]

 

Jangan antipati dan negative thinking dulu deh sama kartu kredit. Selama kita tahu cara memanfaatkannya, gak akan ada masalah kok. Ingat ya, masih ada biaya yang dibutuhkan untuk pendidikan anak, masa pensiun serta pengeluaran lainnya.
Semoga kita dan ibu rumah tangga lainnya dapat memanfaatkan kartu kredit dan mendapatkan keuntungan-keuntungan yang ditawarkan. Selamat mencoba.

 

 

 

Image Credit:

  • http://www.carrefour.co.id/img/uploads/page//promo20nov-pagi1.jpg
  • https://www.aturduit.com/articles/assets/keuntungan-belanja-bulanan-dengan-kartu-kredit.jpg

Posting Komentar untuk "Kolaborasi Tepat Kartu Kredit dan Ibu Rumah Tangga Buat Bikin Belanja Bulanan Lebih Hemat"