Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kamu yang Baru Usia Kepala 2, Borosin Gaji Untuk Hal-hal Ini Gak Masalah Kok, Asal…

Orang-orang bilang ‘Life Begins at 40’. Bahasa kerennya sih ‘hidup baru dimulai pada usia 40’.

 

Urusan hidup memang berbeda-beda bagi setiap orang. Standar kemapanan pun juga gak bisa disamain antara satu orang dan yang lainnya.

 

Tapi gak bisa dimungkiri, semua orang pasti mengalami masa muda yang menyenangkan. Apalagi kamu yang masih usia kepala 2. Masa muda memang kadang disepelekan dengan bersenang-senang mulu. Padahal, justru pada saat muda kita harus membangun dan mempersiapkan masa depan kita.

 

Salah satu cara mempersiapkan masa depan ya dengan membuat portofolio karir yang bagus. Gak cuma itu, kebiasaan finansial yang bagus juga harus kamu bangun.

 

Dengan kondisi keuangan yang bagus sewaktu muda, kamu bakal dengan nyaman menikmati hidup terutama untuk hal-hal di bawah ini. Yuk, daripada nyesel pas udah menginjak usia kepala 4.

 

1. Traveling di negeri eksotis

Saat memasuki usia 40 mungkin kamu bakal sedikit kesulitan mengatur jadwal liburan. Mungkin saja kamu yang sudah berkeluarga bakal memiliki prioritas lain.

 

Traveling memang lebih cocok dilakukan saat kamu masih muda. Mumpung energi masih berlimpah, kenapa gak jelajahi saja negeri atau pulau eksotis? Mau di luar atau dalam negeri ya monggo.

 

usia kepala 2

Hhhmm, siapa yang gak tergiur ketika disuguhi pemandangan kayak gini?

 

 

Buanyakk banget destinasi wisata yang bisa dijadikan rujukan. Misalnya saja Maladewa, Nepal atau di dalam negeri kayak Bunaken di Sulawesi Utara, Mentawai di Sumatera Barat dan sebagainya.

 

Bujet sih bisa dikondisikan. Sisihkan saja beberapa persen dari gajimu. Bahkan sekarang sudah banyak agen perjalanan yang menawarkan open trip di berbagai tujuan wisata dengan bujet yang bisa disesuaikan.

 

[Baca: Liburan ke Maladewa dengan Bujet Rp 6 Juta? Cek Ini Dulu Dong]

 

2. Beli gadget

Buat mendukung aktivitasmu yang padat-padatnya, gak ada salahnya beli gadget berkualitas. Berkualitas di sini tentu ada harganya ya.

 

Tapi dengan membeli yang sedikit lebih mahal, kamu bisa mendapat kepuasan dan daya tahan yang lebih lama dibanding merek yang gak jelas.

 

3. Nyicil properti

Buat yang gak punya tunai keras, satu-satunya cara membeli properti ya lewat skema KPR. Tapi ingat, kebanyakan syarat KPR mengharuskan cicilan selesai pada usia 55 tahun sementara jangka waktu paling lama adalah 20 tahun. Jadi maksimal umur 35 tahun kamu sudah harus mulai mencicil KPR. 

 

usia kepala 2

Makin cepat selesai makin bagus, itu prinsip mencicil KPR kalau gak mau kena floating rate melulu

 

 

Tapi ingat juga idiom ‘lebih cepat lebih bagus’. Kalau cicilan KPR lebih cepat selesainya, bukankah kamu bakal hidup lebih tenang saat tua? Misalnya, usia 25 tahun kamu sudah mulai mencicil, kalau tenor yang diambil 15 tahun, pada umur 40 tahun kamu sudah bisa bersantai atau bahkan pensiun dini!

 

4. Beli baju branded

Barang-barang KW alias bajakan memang murah dan gampang ditemukan. Tapi yakin soal kualitasnya? Baju bermerek memang mahal. Sepatu misalnya, bekisar antara ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Tapi mungkin kamu bisa memakainya sampai bertahun-tahun. Bahkan sampai kamu bosan.

 

5. Menekuni hobi

Gak ada yang salah dengan menekuni hobi. Yang salah adalah kalau kamu gak fokus ke pekerjaan gara-gara mikirin hobi melulu di kantor. Hobi itu ajang melepas stress, sekaligus mengembangkan diri. Bayangin kan kalau kamu gak punya hobi? Bosan berat lah pastinya.

 

Hobi itu bermacam-macam dan gak sedikit yang malah bisa menghasilkan uang. Contoh saja hobi mengumpulkan mainan atau action figure. Kalau ditekuni malah bisa jadi bisnis yang menggiurkan tuh.

 

[Baca: Hobi Koleksi Action Figure itu Menguntungkan Gak Sih?]

 

6. Mencoba tantangan baru

Belum pernah merasakan olahraga yang menantang adrenalin? Pengin belajar bahasa Rusia? Atau ingin menguasai teknik desain grafis? Gak ada salahnya loh menyisihkan bujet untuk mencoba hal-hal baru. Kalau hal-hal tersebut bisa menambah kualitas diri dan memberikan pengalaman baru buat diceritakan ke anak cucu ya sah-sah saja.

 

usia kepala 2

Fiuhhh, menyalurkan adrenalin yang menumpuk gara-gara stress pekerjaan itu bagus buat kesehatan

 

 

Yang dimaksud borosin gaji di atas bukan berarti menghambur-hamburkan gaji secara gak jelas ya. Kalau memang barang tersebut memberikan manfaat demi dirimu, ya kenapa gak.

 

Tapi yang harus digarisbawahi, semua kembali lagi ke bujetmu. Kalau bujet gak memungkinkan, ya jangan dipaksakan sampai berutang. Lebih baik menabung dulu sampai cukup.

 

[Baca: 8 Tips Biar Tabungan Bisa Nambah Sekian Ratus Ribu Rupiah Tiap Bulan]

 

 

 

Image credit:

  • http://4.bp.blogspot.com/-q-4YdXNQAUw/VHNFupMShTI/AAAAAAAAAYs/4JePKTTGY0k/s1600/Keuntungan-dan-Kelebihan-Investasi-Properti.jpg
  • http://www.hlimg.com/images/stories/738X538/bunjee-victoria-falls.jpg
  • https://lh5.googleusercontent.com/proxy/spBGs2Fxy0eOk6CQgRyuk_NThWOozf42k1kYgv_cK1Reyt4zvZGZC-B6GJ8CeaRYiXd2-4ciZMoHiw6nfARAyKfECXe1Pc4Db8Vwj_pXrK2-0R1SafoTHw3QxwgugiJEuNrEzDuhF8i-mFc=s0-d

Posting Komentar untuk "Kamu yang Baru Usia Kepala 2, Borosin Gaji Untuk Hal-hal Ini Gak Masalah Kok, Asal…"