Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Sampai Kamu Kredit Mobil Tanpa Perhitungan, Bisa Jadi Malapetaka!

Artikel Ini dipersembahkan oleh Mitra Perencana Keuangan

Kami Finansialku.com

logo finansialku

 

Zaman sekarang kendaraan sudah jadi sebuah kebutuhan bagi hampir seluruh masyarakat di Indonesia, khususnya masyarakat di perkotaan. Mobil adalah salah satu pilihan kendaraan yang paling populer. Saat ini kita dapat membeli mobil LCGC (low cost green car) dengan biaya yang relative terjangkau.

 

Saat ini banyak sekali pilihan kredit kendaraan dari bank maupun perusahaan leasing. Sayangnya jika kita menggunakan kredit mobil tanpa perhitungan yang matang, akan mengakibatkan malapetaka. Duh serem ya.

 

[Baca: Gaji Di Bawah Dua Digit Jangan Jiper Mau Kredit Mobil Coba Cara Ini Nih]  

 

 

Berikut ini 5 alasan yang kurang tepat terkait dengan pengajuan kredit kendaraan:

 

1. Alasan untuk Pamer

Gak sedikit orang sengaja kredit mobil untuk alasan pamer dan gengsi. Memaksakan gaya hidup (lifestyle) adalah bukan cara yang tepat. Pernah gak kamu melihat ada seseorang yang sudah punya mobil mewah tetapi belum memiliiki rumah?

 

2. Ambil Kredit Tanpa Perhitungan

Ada juga loh orang yang mengajukan kredit, tanpa menghitung biaya-biayanya. Coba sebutkan biaya apa saja yang tiba-tiba muncul jika seseorang mengajukan kredit mobil?

 

Pasti ada biaya – biaya terkait kredit mobil (bunga, biaya administrasi) dan juga biaya operasional (bahan bakar, biaya tol, biaya perawatan, biaya pengurusan surat-surat dan lain sebagainya).

 

kredit mobil tanpa perhitungan

Jangan cuma pacar yang disayang, mobil juga butuh kasih sayang, yaitu dirawat eyaaa

 

 

3 Asal-Asalan dalam Mengajukan Kredit Mobil

Biasanya orang yang sudah naksir berat dengan mobil, cenderung gak mikir lagi soal sumber pembiayaan.

 

Asal-asalan pilih bank atau perusahaan leasing tanpa melakukan pengecekan atau membandingkan dengan penawaran yang lain. Jadinya ya seringkali dapat penawaran yang kurang bagus (bunga mahal, biaya admnistrasi besar, provisi besar dan lain sebagainya).

 

Nah oleh sebab itu lakukan perbandingan kredit mobil dari beberapa penyedia kredit sebelum memutuskannya.

 

[Baca: Bengkel dan Asuransi Pertimbangan Penting Saat Kredit Mobil]

 

 

4. Nyicilnya Kelamaan

Permasalahan lainnya dalam kredit mobil adalah nyicilnya kelamaan. Ada loh orang yang mencicil mobil sampai lebih dari 4 tahun. Padahal harga mobil selalu mengalami penurunan (penyusutan / depresiasi) setiap tahunnya. Kalau kelamaan nyicil, bisa-bisa jumlah cicilan lebih besar dibandingkan harga jualnya.

 

5. Gak Memperhatikan Biaya

Jangan pernah lalai soal biaya-biaya yang terkait dengan kredit mobil. Mulai dari biaya kredit, biaya asuransi dan biaya operasional. Biasanya orang gak menyadari berapa besar pengeluaran kendaraan dibandingkan dengan pendapatan.

 

kredit mobil tanpa perhitungan

Kredit mobil pasti beda banget sama beli jajanan, cek lagi isi dompet brooo

 

 

Tips Memilih Kredit Mobil, Agar Kita Mendapatkan Keuntungan Ekstra

Apa saja yang harus dilakukan agar dapat keuntungan ekstra dalam memilih kredit mobil:

1. Pilih kendaraan sesuai dengan kebutuhan bukan keinginan. Misal, jika memang kebutuhannya untuk keluarga, ya family car lebih cocok dibandingkan city car yang sempit.

2. Jangan malas melakukan survey harga mobil sebelum mengambil keputusan membeli sebuah mobil. Browsing internet aja, cari harga-harga mobil. Pastikan kita juga mengetahui berapa harga mobil secondnya sebagai perbandingan.

3. Perhatikan juga biaya operasional, jangan hanya memikirkan biaya belinya. Pikirkan juga konsumsi bahan bakar, biaya perawatan dan lain sebagainya.

4. Beli asuransi kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan. Jika kita membeli asuransi all risk pastikan untuk membaca polisnya. Asuransi all risk hanya menanggung semua risiko yang tertera dalam polis. Jadi kalau ada risiko di luar polis maka gak akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

5. Sebisa mungkin jangan berutang untuk uang muka pembelian mobil. Sangat disarankan agar membayar uang muka pembelian mobil secara tunai.

 

[Baca: Cihuuy Beban Uang Muka Kredit Mobil dan Motor Enggak Berat Llagi]
Kredit mobil memang solusi yang paling tepat untuk membantu mewujudkan mobil impian. Agar gak terjadi penyesalan berkepanjangan di masa mendatang, pilihlah kredit mobil dengan bijak dan hati-hati. Selamat mencoba.  

 

 

 

Image Credit:

  • http://dapurpacu.com/wp-content/uploads/2013/10/Raja-servis-1.jpg
  • http://phinemo.com/wp-content/uploads/2015/01/isi-dompet.jpg

Posting Komentar untuk "Jangan Sampai Kamu Kredit Mobil Tanpa Perhitungan, Bisa Jadi Malapetaka!"