Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Curhat Duit: Gaji Kerja 6 Bulan Habis Melulu, Mau Nabung Susah Amat Sih!

Curhat Duit adalah kolom khusus yang diadakan di www.moneysmart.id karena banyaknya pertanyaan-pertanyaan yang dikirim ke kami seputar masalah keuangan. Ini lah yang membuat kami ingin mencoba membantu memberikan solusi sebisa mungkin. Curhat Duit pun menjadi bentuk komunikasi langsung antara www.moneysmart.id dan pembaca setianya, selain lewat Forum.DuitPintar.com

 

Curhat Duit kali ini datang dari email yang masuk ke [email protected] yang berasal dari seorang karyawati yang ingin memperoleh tips menabung. 

 

Hai duitpintar,

Nama gue mia, singgel, gue kerja jadi admin di pabrik garmen daerah cikarang, gue lagi liat fesbuk eh nongol deh postingan duitpintar yang judulnya curhat duit gitu deh, nah yaudah deh gue coba kirim email ke admin. Jadi gini min, gue udah kerja 6 bulan cuma kok tabungan gue ga ada sama sekali ya???

gaji gue sebulan 3.8an, belom dipotong pajak ini itu, bersihnya gue terima sekitar 3.6an, sebenernya pengeluaran gue sebulan sekitar 2jutaan, tapi entah kenapa duit gue abis mulu… dan gue ga tau kemana tu duit abisnya, ujung-ujungnya tiap bulan gw nyesel, capek min masa udah setengah tahun kerja tapi ga ada yg bisa gue simpen.

padahal min, gue pengen banget selama gue kerja, punya tabungan. Gimana ya cara biar gue punya tabungan. Minta tips oke nya dong min.

makasih

 

Email dapat dilihat di sini: http://forum.duitpintar.com/question/curhat-duit-gaji-kerja-6-bulan-habis-melulu-mau-nabung-susah-amat-sih/ 

Jawaban:

Halo Mia,

Terima kasih ya untuk emailnya,

Menabung emang terdengar mudah dan sepele ya, tapi kenyataannya masih banyak orang yang gak bisa merealisasikannya. Tuh, kamu salah satu buktinya hehehe.

Duitpintar sendiri sudah beberapa kali membuat artikel tentang tips berhemat dan menabung. Kalau kamu lagi senggang coba kapan-kapan browsing ya. Nih, beberapa tips yang kami bisa disarankan untuk kamu supaya bisa menabung.

1. Berakit-rakit ke hulu, berenang-renang ke tepian, walau sedikit ribet, usahakan deh bikin catatan pengeluaran kamu sehari-hari. Kalau emang memungkinkan sedetail mungkin. Paling gak setiap bulan kamu bisa lihat tuh, uang gaji kamu habis buat apaan aja. Jangan cuma jadi catatan kayak buku diary atau postingan facebook ya. Pengeluaran yang kelewat boros jangan diulangi lagi di bulan mendatang. Lebih baik ditabung kan?

2. Siapin beberapa amplop setiap terima gaji, lalu kamu tulis masing-masing amplop untuk pos pengeluaran apa aja. Semisal, amplop 1 tulis ‘tagihan rutin’, amplop 2 ‘kebutuhan belanja sehari-hari’, amplop 3 ‘nongkrong’, amplop 4 ‘nabung dan seterusnya.

Ini juga jangan cuma jadi wacana, tapi harus dilakuin ya Mia. Belajar disiplin dengan alokasi dana yang kamu tentuin sendiri. Amplop tabungan jangan dikutak-kutik buat shopping atau tambahan nongkrong sama teman-teman ya.

3. Kamu tahu fasilitas autodebet kan? Coba gunakan fasilitas ini untuk menabung deh. Datang saja ke bank tempat kamu membuka rekeningnya. Minta agar setiap bulan setelah gaji kamu masuk, sistem bank otomatis meng-autodebet sejumlah uang yang kamu tentuin sendiri sebagai tabungan. Produk yang ini disebut dengan produk Deposito.

Dengan deposito mau gak mau kamu akan ‘dipaksa’ menyetor sejumlah uang setiap bulan. Manfaatnya lagi, uang yang sudah disetorkan ini gak akan bisa kamu ambil seenaknya. Ada jangka waktu yang mengatur.

4. Bergaul dan bersenang-senang sama teman sah-sah aja kok. Tapi coba deh, mulai bulan depan lebih selektif lagi. Kalau sekiranya setiap pulang kerja kamu nongkrong bareng teman apalagi sampai harus keluarin duit, pikir seribu kali. Gak mau menyesal lagi dong? Batasi dulu frekuensi nongkrong kamu yang berdampak besar ke pengeluaran.

 

Nah, semoga solusi yang kami berikan di atas bisa cukup menjawab pertanyaan dan keresahan kamu ya. Dan, semoga kamu bisa punya komitmen sekuat baja buat mulai praktekin solusi tersebut . Jadi, gak ada lagi tuh kalimat mau nabung susah amat sih lagi. Semangat menabung ya!

Posting Komentar untuk "Curhat Duit: Gaji Kerja 6 Bulan Habis Melulu, Mau Nabung Susah Amat Sih!"