Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cari Kerja Idaman? Ini 5 Keuntungan Buat Kamu yang Bekerja Sesuai Passion

Jawab jujur ya. Kira-kira apa jawabannya kalau ditanya, ”suka sama pekerjaan sekarang?”

Paling umum jawabnya,” ya mau gimana lagi. Namanya juga cari rejeki.” Bisa juga,”cari kerja sekarang susah, syukurin aja yang sekarang.”

[Baca: Pilih Kerja Seusuai Passion tapi Duit Tiris atau Karir yang Cepet Bikin Mandiri?]

Jawaban datar dan ala kadarnya bisa menandakan pekerjaan yang digeluti sekarang belum sesuai passion.

Bandingkan kalau jawabnya penuh semangat ’45. “Sukaaaakk banget ama kerjaan sekarang.” Atau,”berasa waktu cepat berlalu kalau lagi kerja.” “Pokoknya I love my job deh.”

Selamat dulu kalau sering jawab yang terakhir. Itu tandanya hoki karena pekerjaan yang digeluti sekarang sesuai passion.

Disebut beruntung karena tak semua orang bisa bekerja sesuai passion. Ada banyak alasan yang dikemukakan orang kenapa tetap melakoni pekerjaan sekarang meski jauh dari passion.

Misalnya khawatir passion yang dimilikinya tak akan menghasilkan uang banyak, tak berani ambil risiko, atau worry sama masa depan.

Tidak ada yang salah sih kerja tanpa passion. Pokoknya jadi safety player aja daripada pusing-pusing kerja pakai passion. Belum tentu seenak sekarang.

bekerja sesuai passion
Gak semua orang bisa beruntung mengikuti passion-nya

Padahal banyak keuntungannya lho kerja pakai embel-embel passion. Jelas dong, karena kerja pakai ‘cinta’. Beda banget sama kerja sekadar ‘mengugurkan kewajiban.”

Mau tahu apa saja keuntungannya? Ini nih di bawah ini.

1. Menyenangkan

Kerja pakai passion sudah pasti menyenangkan. Seolah-olah pekerjaan itu seperti soulmate. Waktu bakal berasa cepat berlalu ketika sudah membenamkan diri sama pekerjaan.

Tak ada yang namanya kerja mekanis alias sekadar menyelesaikan pekerjaan sesuai job desk. Bagi orang yang mengejar passion, kerja mekanis sama saja membunuh.

Di samping itu, bekerja sesuai passion juga tak gampang menyerah bila menghadapi masalah. Justru masalah itu adalah tantangannya karena tak merasa mengalami tekanan saat bekerja.

2.Semesta mendukung

Bukan bermaksud lebay, tapi faktanya orang-orang yang bekerja penuh passion seolah-olah ada dukungan tak kasat mata. Istilahnya ‘biarkan semesta mendukung’.

Silakan baca sejarah orang-orang besar. Misalnya penemu bola lampu Thomas Alfa Edison. Dia mengubah wajah dunia karena keyakinannya bisa menciptakan bola lampu listrik.

bekerja sesuai passion
Bisa bekerja di mana saja juga sebuah keuntungan loh

Enggak usah jauh-jauh. Di dalam negeri banyak pegawai negeri sipil yang resign dan memilih menjadi entrepreneur. Mereka keluar karena passion-nya tak sesuai dengan pekerjaan sebagai PNS.

[Baca: Jangan Buru-buru Resign Jika Pekerjaan Sekarang Kurang Berkembang]

3.Energi dan kreativitas melimpah

Tak bisa dibantah lagi, keuntungan bekerja sesuai passion bakal memancing ide, kreativitas, dan energi yang tak ada habis-habisnya. Semua mengalir begitu saja tanpa ada penghalang.

Tanpa perlu diminta, tubuh secara otomatis bergerak dan otak berputar terus sehingga bekerja seperti tak mengenal rasa lelah. Pokonya stamina, otak, tenaga, semangat, dalam kondisi full tank.

4. Jadi diri sendiri

Hidup menjadi diri sendiri itu sesuatu yang mahal. Tak sedikit orang yang merasa hidup jadi orang lain dan bukan diri sendiri. Banyak sebagian bekerja karena tersandera dengan pendapat dan standar orang lain.

Lain halnya bekerja sesuai passion, maka itu menjadi identitas diri yang patut dibanggakan. Rejeki yang diterima seseorang sekarang ini tidaklah final. Masih bisa diubah dan porsinya bisa diperbesar.

Hanya mereka yang menjadi diri sendiri dan melakukan aktivitas bekerja dengan passion yang bisa membuka pintu-pintu rejeki lebih banyak lagi.

5. Mulailah dengan yang kecil

Ingin menikmati pekerjaan sesuai passion tak perlu langkah ekstrem. Misalnya langsung switch dari pekerjaan lama ke pekerjaan dengan embel-embel passion.

bekerja sesuai passion
Pada akhirnya, jangan pernah takut untuk mencoba hal baru

Cukup membuat langkah kecil sehingga bisa merasakan perbedaan yang signifikan terhadap pekerjaan yang digeluti. Bisa pula bergabung dengan mereka yang sudah terlebih dulu eksis di bidang pekerjaan yang menjadi impian selama ini.

Minimal lima benefit itu yang bakal dirasakan ketika bekerja penuh dengan rasa cinta alias passion. Bekerja adalah sepertiga aktivitas yang dihabiskan dalam hidup. Jadi jangan sia-siakan waktu itu hanya untuk melakukan kegiatan yang sama sekali jauh dari keinginan kita.

[Baca: Hati-hati Cari Kerjaan Baru, Simak Situs Lowongan Kerja Terpercaya Ini]

 

Image credit:

  • http://www.readaja.com/wp-content/uploads/2016/02/cover-5.jpg
  • http://cdn.zettamedia.co/trivia/jessicadima/original/2016-05-29-18-53-06-01.pexelscom.jpg
  • http://www.gaulgelaa.com/wp-content/uploads/2013/07/Bagaimana-Bekerja-Sesuai-Passion-Anda-1-1024×754.jpg

Posting Komentar untuk "Cari Kerja Idaman? Ini 5 Keuntungan Buat Kamu yang Bekerja Sesuai Passion"