Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Tunanetra Menghidupkan Dan Mematikan Komputer

Suasana training komputer untuk penerima tunanetra di Pusat TIK Nasional Kementrian Kominf Cara Tunanetra Menghidupkan dan Mematikan Komputer

Tangerang, Kartunet – Kali ini akan dipelajari bagaimana menghidupkan dan mematikan komputer. Sebuah proses paling fundamental yang harus dikuasai sebelum sanggup mengoperasikan komputer lebih jauh. Karena diperuntukkan untuk tunanetra, jadi akan diberikan tips biar sukses menghidupkan dan mematikan komputer dengan mengoptimalkan indera pendengaran dan peraba.


Menghidupkan Komputer



  1. Apabila komputer memakai stabilizer, tekan tombol ke mode on dan pastikan bahwa stabilizer sudah aktif. Untuk orang awas, mengetahui stabilizer sudah on ini dari lampu indikator yang menyala atau jarum penunjuk tegangan yang bergerak. Tapi untuk seorang tunanetra, sanggup disiasati dengan mendengarkan apakah sudah ada bunyi ibarat dengungan trafo yang akan berbeda dengan ketika stabilizer off.

  2. Aktifkan Loud Speaker. Hafalkan posisi tombol ketika dalam mode on, atau perhatikan ketika tombol on ditekan, biasanya akan ada bunyi ibarat “dep” ketika gres hidup. Namun jikalau memakai earphone atau headset, pastikan kabel yang dihubungkan ke port audio di belakang CPU tidak salah. Minta pertolongan pada orang awas untuk awalan, kemudian buat tanda untuk membedakan antara kabel earphone dan microphone.

  3. Aktifkan monitor apabila diperlukan. Tombol on/off biasanya ada di tepi dari monitor. Namun ada pula monitor yang sudah otomatis hidup ketika CPU nanti dihidupkan.

  4. Tekan tombol power yang ada di CPU. Perhatikan, apabila komputer sudah memulai proses, maka akan terdengar bunyi dengung halus kipas. Selain itu, sanggup pula dirasakan dengan mengarahkan tangan ke belakang CPU (tanpa menyentuh permukaan casing CPU) dan rasakan hembusan angin ekcil dari dalam CPU. Dapat pula dengan meletakkan tangan di atas CPU untuk mencicipi getaran halus dari komputer. Pada sebagian komputer, proses menghidupkan komputer ini juga ditandai dengan bunyi bip yang berasal bukan dari Loud Speaker, tapi dari dalam mesin CPU.

  5. Jika memakai earphone atau headset, posisikan pada indera pendengaran dan tunggu proses berjalan beberapa detik atau menit, tergantung dari kecepatan komputer. Makin anggun spesifikasi komputer yang ada, maka proses akan semakin cepat.

  6. Akan terdengar musik singkat pembuka yang mengambarkan operating system telah dimulai. Jika sudah dilengkapi dengan Screen Reader dan disetel untuk otomatis aktif ketika komputer dihidupkan, maka akan ada bunyi dari kegiatan tersebut yang memberitahukan posisi ketika ini pada komputer.

  7. Selamat, kau sudah berhasil menghidupkan komputer. Silakan eksplorasi secukupnya dengan bimbingan instruktur.


Mematikan Komputer



  1. Untuk mulai mematikan lagi komputer, pastikan program-program yang masih terbuka sudah ditutup kecuali Screen Reader.

  2. Aktifkan start menu. Caranya yakni dengan tekan tombol Windows yang biasanya ada di sebelah tombol Control, atau jikalau keyboard tidak ada tombol Windows, sanggup menekan kombinasi tombol Control + Escape.

  3. Proses mematikan komputer dinamakan Shut Down atau Turn Off. Saat Start Menu sudah terbuka, cari dengan panah atas/bawah untuk menemukan Shut Down atau Turn Off. Namun pada Windows Vista, 7, 8, atau 8.1, sanggup eksklusif menekan panah kanan dan tekan enter pada Shut Down. Sedang pada Windows 10, sehabis tekan Start Menu, tekan tab satu kali, kemudian panah atas/bawah hingga screen reader membacakan “power button”, tekan enter. Lalu pilih shut down, enter.

  4. tunggu proses sejenak, dan komputer akan memperdengarkan musik singkat yang mengambarkan bahwa Operating System Windows sedang ditutup. Keciali pada sistem Windows 10, tak ada nada masuk yang menandai Windows sedang ditutup.

  5. Perhatikan getaran atau bunyi pada CPU, apabila sudah tidak didengar atau dirasakan lagi, maka komputer berarti sudah berhasil di-non-aktifkan.

  6. Lantas matikan Loud Speaker, monitor, dan terakhir stabilizer.


Selesai, kau sudah berhasil menghidupkan kemudian mematikan komputer. Silakan coba proses tersebut beberapa kali biar terbiasa. Sebab jangan hingga komputer yang masih proses atau belum Shut Down, dimatikan secara paksa dari stabilizer. Karena ada kemungkinan terjadi kerusakan yang makin sering akan jadi parah. Jadi, rawatlah komputer sebaik mungkin alasannya banyak pekerjaan kau ke depan akan sangat terbantu olehnya.


catatan: Mengenai posisi tombol tentu akan selalu berbeda antara satu CPU dengan lainnya. Makara minta pertolongan ke orang awas ketika pertama kali mengeksplorasi komputer yang gres digunakan. Sedang jikalau yang dipakai laptop, prosesnya lebih sederhana lagi yakni cukup temukan tombol power maka laptop akan segera hidup.



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Cara Tunanetra Menghidupkan Dan Mematikan Komputer"