Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Bupati Sleman Sepakati Pengembangan Rintisan Desa Inklusif

Jakarta, Kartunet – Pemerintah Kabupaten Sleman menandatangani nota akad kolaborasi dengan Sasana Integrasi dan Advokasi Difabel (SIGAB) terkait jadwal rintisan desa inklusi pada Rabu (11/11) di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. Nota akad tersebut akan menjadi awal sosialisasi pembangunan desa yang inklusif dan replikasi desa lainnya di Kabupaten Sleman.


SIGAB, lembaga advokasi info disabilitas yang berbasis di Yogyakarta, dengan didukung oleh Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (KemenkoPMK) melalui Program Peduli menjalankan Rintisan Desa Inklusi semenjak Juni 2015.


Rintisan Desa Inklusi ini berjalan di delapan desa di Daerah spesial Yogyakarta. Dua desa di Kabupaten Sleman, yakni Desa Sendangtirto dan Sendangadi, sementara enam desa ada di Kabupaten Kulon Progo yakni Desa Ngentakrejo, Wahyuharjo, Gulurejo, Jatirejo, Bumirejo, dan Sidorejo, Program yang sudah dimulai semenjak Bulan Juni 2015 ini bertujuan mempromosikan inklusi sosial berupa penerimaan, keterlibatan dan partisipasi penyandang disabilitas dalam kehidupan bermasyarakat.


Diawali dengan melaksanakan pemetaan wilayah dan evaluasi kondisi penyandang disabilitas dan desa secara umum, Program RINDI terus bergerak tidak sebatas menjalankan program, melainkan lebih pada gerakan sosial info disabilitas di desa. Program ini melibatkan pelopor disabilitas di masing-masing desa rintisan yang mengadvokasi pembangunan desa yang lebih inklusif dengan memasukkan perspektif disabilitas di dalam proses pembuatan kebijakan desa. Setelah melalui serangkaian diskusi, Pemerintah Kabupaten Sleman akan mereplikasi secara luas konsep Rintisan Desa Inklusi ini.


Pertemuan penandatanganan nota akad ini menjadi langkah awal Kabupaten Sleman dan SIGAB untuk bekerja sama sekaligus melaksanakan sosialisasi Rintisan Desa Inklusi. Forum tersebut juga menjadi ajang perkenalan Rintisan Desa Inklusi kepada satuan kerja pemerintah daerah, sekaligus mendorong lembaga sharing antar pengambil kebijakan Kabupaten Sleman.(DPM)



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Bupati Sleman Sepakati Pengembangan Rintisan Desa Inklusif"