Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Biaya Pesta Pernikahan

Umumnya pada bulan November dan Desember, kita banyak menerima undangan pernikahan. Sebagai tamu undangan, kita hanya disibukkan dengan baju apa yang hendak dipakai dan kado apa yang hendak diberikan.

 

Sangat berbeda dengan yang hendak menikah dan keluarganya karena mereka disibukkan dengan segala perencanaan pernikahan. Mulai dari pilihan baju untuk kedua mempelai beserta keluarganya hingga tempat penyelenggaraan pesta.

 

Bahkan bagian dari rencana pernikahan yang paling menguras pemikiran dan tenaga adalah perhitungan biaya pesta pernikahan. [Baca: Hemat Biaya Wedding]

 

Biaya pesta pernikahan memang harus disesuaikan dengan kemampuan mempelai berdua dan keluarganya. Bila biayanya disesuaikan dengan keinginan semata, boleh jadi total biayanya bisa membengkak.

 

Terutama mempelai perempuan yang biasanya ingin pesta diselenggarakan semewah mungkin karena pernikahan hanya terjadi sekali dalam hidup. Mempelai laki-laki pun biasanya juga ingin pesta dirayakan dengan mengundang banyak orang karena banyaknya relasi yang ingin diundang atau sekedar ingin meningkatkan status di masyarakat.

 

Oleh karena itu, lihat kembali kemampuan ketimbang keinginan. Rencanakan dengan bijak sehingga pesta bisa terselenggara tanpa mengorbankan tabungan untuk keperluan kehidupan berumahtangga yang berlangsung seusai pesta.

 

Biaya apa saja sih yang biasanya dianggarkan?

 

Tempat Penyelenggaraan

Biasanya tempat pesta merupakan bagian terbesar dari total biaya. Menyewa gedung tidaklah murah. Terutama bila pesta diselenggarakan di bulan-bulan favorit seperti bulan November dan Desember.

 

Biayanya akan lebih ekonomis bila pesta diselenggarakan di tempat ibadah seperti Masjid atau Gereja. Lebih irit lagi bila diselenggarakan di rumah salah satu mempelai.

 

Cukup dengan memasang tenda dan dekorasi yang indah sehingga pesta tetap layak dan berkesan. Hanya saja, bila memang mampu, kedua mempelai dan keluarganya pasti ingin menyelenggarakan pesta di gedung.

 

Sajian Bagi Para Tamu Undangan

Bila mengundang tamu, pastilah tuan rumah ingin memberikan sajian yang layak. Enak dan banyak. Tentu akan merasa malu bila jumlah makanannya tidak cukup untuk semua tamu yang sudah menyempatkan diri.

 

Perkirakan jumlah makanan, jenis, dan biayanya dengan cukup akurat. Pun ada baiknya bila menambah cadangan jumlah makanan. Tak perlu khawatir bila nantinya bersisa karena bila belum termakan semuanya, makanan bisa dibungkuskan untuk keluarga, panitia pesta, dan orang-orang yang sudah membantu kelancaran pesta.

 

Pilih katering yang memang memiliki spesialisasi pesta pernikahan. Bila tidak, tanyakan pada gedung atau hotel tempat pesta, apakah biaya sajian pesta sudah termasuk dalam paket pesta pernikahan.

 

Baju Pengantin

Pesta pernikahan sekali untuk selamanya. Tentu harus berkesan. Salah satu hal yang paling penting adalah pakaian yang dikenakan oleh mempelai berdua. Kemudian baru baju seragam untuk keluarga dan pengiring.

 

Baju pengantin bisa dibuat oleh perancang kenamaan atau penjahit pribadi. Bisa juga dibeli di toko yang khusus menjual baju pengantin beserta pernak-perniknya.

 

Namun bagi yang ingin lebih ekonomis, baju pengantin bisa menyewa. Ada juga yang mewarisi baju pengantin orangtua mereka. Tergantung pilihan masing-masing individu, baju pengantin haruslah nyaman dikenakan, kualitasnya bagus, dan berkesan.

 

Biaya-biaya Lainnya

Masih ada anggaran-anggaran lain yang diperlukan untuk:

 

– suvenir pernikahan yang diberikan pada tamu undangan.

– Dekorasi tempat pesta.

– Mobil pengantin yang bermerek dan dihias.

– Membayar petugas keamanan.

 

Dan lainnya. Yang meskipun tak sebesar tiga biaya sebelumnya namun bila ditotal bisa jadi jumlahnya cukup besar. Belum lagi bila pesta diselenggarakan dua kali, atau lebih dari satu hari. Biaya bisa membengkak.

 

Bila kedua mempelai dan keluarga tidak ingin repot, mereka bisa menggunakan jasa wedding organizer. Sudah ada paket yang bisa dipilih. Bila ingin beberapa kustomisasi, tinggal menyampaikannya kepada staf wedding organizer.

 

Boleh jadi, total biaya penyelenggaraan akan lebih terkontrol dan ekonomis bila diserahkan kepada wedding organizer. Alasannya sederhana, wedding organizer bisa mendapatkan harga dan ongkos khusus karena sudah langganan, tahu lebih banyak tentang seluk-beluk pernikahan, dan memang sudah ahli mengatur biaya pesta.

 

Untuk pembiayaannya, mempelai berdua dan keluarga bisa mengambil tabungan yang sudah direncanakan untuk pernikahan. Bila tidak, mereka bisa mengambil pinjaman dari bank. [Baca: Utang ke Bank untuk Wedding Boleh Aja, Asal Masuk Akal]

 

Bila memang sudah dianggarkan dengan matang, pasti biayanya tidak akan berlebih. Selain itu, semakin banyak mengundang tamu undangan, pastilah mempelai berdua akan menerima hadiah pernikahan lebih banyak; baik yang berupa barang atau pun nominal uang. Lumayan untuk membantu membiayai biaya pesta pernikahan.

 

Artikel ini dipersembahkan oleh DuitPintar.com.

Posting Komentar untuk "Biaya Pesta Pernikahan"