Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Supaya Acara Buka Puasa di Luar Rumah Gak Boros-Boros Amat

“Sar, besok Sabtu kita buka puasa bareng alumni SMP ya di Restoran Similikiti.” Begitu isi bbm text Dewi ke teman SMP-nya, Sari. “Wah, Minggunya gue juga diundang buka puasa bareng alumni teman-teman kuliah Wi di Cafe Hompipah Alaiyum Gambreng, bisa wasalam nih dompet gue Wi!”

 

Oh emji, gak terasa ya bulan suci Ramadan udah mulai aja nih. Berasa dong suasananya di mana-mana. Gak terkecuali sama yang namanya ritual buka puasa bareng di restoran atau cafe. Yup, ini nih yang bikin bulan puasa jadi makin seru.

 

Pasti kamu juga udah mulai kebanjiran jadwal bukber nih, ngaku deh pusing kan mau datang ke yang mana.

 

Ritual berbuka puasa bareng teman atau sanak famili di luar rumah selain mempererat tali silaturahmi juga bikin hidup makin hidup ya. Apalagi buat yang jomblo, bisa juga tuh sambil deketin gebetan atau mau balikan sama mantan, eh.

 

Tapi ingat, buka puasa di luar rumah apalagi yang sifatnya ‘BSS’’ alias bayar sendiri-sendiri itu pastinya bakal ‘maksa’ kamu untuk merogoh kocek.

 

Nah, jangan sampai deh acara bukber di bulan suci malah bikin pengeluaran kamu jadi bengkak. Mendingan duitnya disayang-sayang buat menyambut hari kemenangan nanti.

 

[Baca: Siasat Mengatur Pengeluaran di Bulan Puasa Biar Kantong Aman]

 

 

Tenang, jangan bingung jangan gundah. Biar gak boros-boros amat di bulan puasa tapi tetap mau ikutan buka puasa bareng di luar rumah, simak 4 cara ini

 

1. Tetapkan Budget

Kalau kamu tipe orang yang punya teman segudang, pasti bakal terima seabrek undangan bukber. Wajib hukumnya tuh nentuin budget khusus untuk acara bukber. Semisal untuk bulan puasa kali ini kamu nentuin budget Rp 1 juta buat bukber.

 

acara buka puasa

Coba ditengokin tuh isi dompetnya, ada iduit atau cuma tagihan-tagihan hehehe

 

 

Ya udah, taati dan disiplin sama budget tersebut. Usahain gak over budget apalagi sampai berkali-kali lipat.

 

Menentukan budget untuk berbuka puasa di luar bareng teman-teman penting kalau kamu emang niat mengendalikan pengeluaran selama bulan puasa.

 

2. Selektif

Kembali lagi soal kamu yang jadi anak gaul masa kini. Teman di mana-mana dan semuanya ngundang kamu untuk ikutan bukber. Pusing gak tuh? Apa sanggup sih hadir di semuanya, pasti bakal ada yang bentrok deh jadwalnya.

 

Ajakan berbuka puasa bareng, jangan semuanya kamu iyakan, apalagi pasti harus merogoh kocek sendiri. Gak hanya kantong yang bakal merana, tenaga dan kekhusukan kamu berpuasa malah gak optimal loh.

 

Ini bisa terjadi kalau dalam seminggu kamu eksis di lebih dari 2 acara bukber. Situ artis? Pejabat teras? Biasa deh, gak usah lebay dan sok pengin eksis. Selektif dikit lah bro. Pilih mana yang benar-benar harus kamu hadiri.

 

Kalau emang yang ngundang gak akrab-akrab amat atau baru kenal, lebih baik jangan dimasukin daftar prioritas.

 

Mengurangi frekuensi buka puasa di luar bareng teman-teman ada baiknya, artinya kamu jadi bisa berbagi waktu sama keluarga di rumah.

 

acara buka puasa

Makannya pelan-pelan ya, nanti tersedak loh. 

 

 

[Baca: 7 Menu Sahur Hemat Tapi Bikin Tetap Berenergi Cobain Yuk]

 

 

3. Bikin Daftar Prioritas

Nah ini ada hubungan erat sama soal selektif di atas. Buat deh daftar teman-teman yang mulai mengundang kamu untuk bukber di buku kecil. Lalu kamu mulai deh tuh pertimbangkan dan bikin urutan nomer prioritas.

 

Mana yang ingin kamu hadiri dan mana yang bisa dikesampingkan. Sampai segitunya kayak bikin daftar tamu undangan nikah aja sih. Loh, gak ada salahnya kok sedikit terorganisir. Ini menyangkut keuangan kamu kan.

 

Bikin daftar ajakan bukber yang lengkap dengan tempatnya, punya manfaat lain loh. Kamu jadi bisa sekaligus membuat kalkulasi pengeluaran makan di tempat tersebut. Sesuai gak sama budget? Pas gak dengan selera makan kamu dan lainnya.

 

4. Survey

Survey itu gak hanya dilakukan untuk hal-hal tertentu kayak kalau lagi cari properti atau kendaraan. Mau ikutan acara bukber juga harus survey dulu bro.

 

Cari informasi restoran atau cafe yang harga menunya masih terjangkau sama kantong kamu. Ini juga berlaku buat kamu yang kerja merantau dan harus ngekost.

 

5. Manfaatin Kartu Kredit

Salah satu cara lain biar acara bukber di luar rumah gak boros-boros amat juga bisa dengan manfaatin kartu kredit. Hah, gimana caranya tuh? Duh kudet bingits sih! Cari dong restoran yang nawarin potongan harga untuk pengguna kartu kredit tertentu.

 

Di bulan-bulan istimewa kayak bulan puasa pasti banyak restoran dan cafe yang nawarin promo dengan kartu kredit tertentu. Sayang loh kalau kamu sampai gak tahu tentang benefit yang kayak gini, lumayan banget bisa menghemat sekian persen.

 

acara buka puasa

Jangan cuma jeli sama yang bening-bening aja, promo pas bulan puasa sayang kalau dilewatkan 

 

 

Kebanyakan orang sih pada akhirnya bakalan tepok jidat sama elus dada, karena pengeluaran di bulan puasa malah bengkak. Ya itu sih salah diri sendiri, bukan salah Hayati apalagi si Babang.

 

[Baca: Simak Nih Kebijakan Pemerintah Menghadapi Libur lebaran 2016]

 

 

Jangan sampai bulan puasa pengeluaran kamu malah berkali lipat dari bulan-bulan biasa ya. Kumpul bareng untuk berbuka puasa bareng teman, kolega atau sanak famili emang barokah.

 

Tapi gak lantas kamu memaksakan. Kalau memang kocek kamu terbatas ya batasi juga dong acara buka puasa di luar kamu.

 

Lebih barokah lagi kalau sesekali bikin bagi-bagi makanan beruka puasa buat mereka yang gak mampu. Selain hati happy lihat senyuman mereka, pahala juga nambah dong!

 

 

Esensi bulan puasa itu kan menahan hawa nafsu, termasuk salah satunya nafsu jajan dan konsumtif. Betul gak bro? So, selamat berbuka puasa ramai-ramai dengan bijak ya!

 

 

 

Image Credit:

  • http://phinemo.com/wp-content/uploads/2015/01/isi-dompet.jpg
  • http://cdn-2.tstatic.net/jabar/foto/bank/images/ridwan-kamil-buka-puasa-bareng-keluarga_20150618_211645.jpg
  • https://pbs.twimg.com/media/CIoxXrtW8AAUUQE.jpg

Posting Komentar untuk "5 Cara Supaya Acara Buka Puasa di Luar Rumah Gak Boros-Boros Amat"