Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

11 Kelompok Ini Gratis Naik Trans Jakarta, Termasuk Penyandang Disabilitas

 dan kondusif menjadi prioritas untuk warga Jakarta dan sekitarnya yang beraktivitas di ibukot 11 Kelompok Ini Gratis Naik Trans Jakarta, Termasuk Penyandang Disabilitas

Tangerang, Kartunet – Kebutuhan transportasi yang cepat, murah, dan kondusif menjadi prioritas untuk warga Jakarta dan sekitarnya yang beraktivitas di ibukota. Trans Jakarta sebagai moda transportasi andalan milik pemerintah provinsi DKI Jakarta, terus memperbaiki diri dan berusaha semoga menjangkau semua lapisan masyarakat. Salah satu terobosannya yaitu meluncurkan TJ Card, kartu gratis naik bus Trans Jakarta yang diperuntukkan 11 kelompok masyarakat, termasuk di dalamnya para penyandang disabilitas.


Kebijakan ini didasarkan pada peraturan gubernur no 160 tahun 2016 mengenai pelayanan Trans Jakarta gratis dan bus gratis bagi masyarakat. Di sana tertera kelompok-kelompok yang berhak atas layanan gratis ini di antaranya:



  1. Pegawai Negeri Sipil dan pensiunan Pegawai Negeri Sipil Daerah

  2. tenaga kontrak yang bekerja di Pemerintah Daerah

  3. peserta didik peserta KJP

  4. karyawan swasta tertentu

  5. penghuni rumah susun sederhana sewa

  6. penduduk Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu

  7. penerima beras keluarga sejahtera yang berdomisili di Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek)

  8. anggota Tentara Nasional Indonesia (TNI)/Kepolisian Republik Indonesia (POLRI)

  9. Veteran Republik Indonesia

  10. PENYANDANG DISABILITAS dan

  11. PENDUDUK LANJUT USIA (LANSIA)


Khusus untuk penyandang disabilitas, layanan gratis ini sanggup dinikmati tanpa harus mempunyai KTP DKI Jakarta. hal ini tentu sangat baik alasannya yaitu banyak migrasi penyandang disabilitas dari kawasan yang tiba ke ibukota, alasannya yaitu kemudahan dan lapangan kerja di kawasan yang belum terbuka untuk mereka.


Registrasi dan registrasi untuk dapatkan “TJ Card” sanggup dilakukan di seluruh halte di koridor Transjakarta. Di beberapa halte dengan jumlah pelanggan yang besar disediakan booth untuk melayani pendaftar yang buka mulai pukul 06:00 WIB sampai pukul 20:00 WIB. Booth tersebut sanggup dijumpai di halte Glodok, Kalideres, Pasar Pulogadung, Matraman 1, Kampung Melayu, Ragunan, PGC 2, Duri Kepa, Slipi Petamburan, Tanjung Priok. Pendaftaran ini sudah sanggup dilakukan mulai bulan November lalu.


Untuk mempunyai “TJ Card” sangat mudah. Petugas di halte akan membantu mendata identitas pelanggan dengan persyaratan menunjukkan KTP. Lalu harus bersedia difoto dan menawarkan nomor telepon yang sanggup dihubungi oleh petugas Transjakarta. Jika kartu “TJ Card” ini sudah final akan dihubungi melalui telepon dan sanggup diambil di tempat pendaftaran.


Lantas pada praktiknya, TJ Card ini nanti fungsinya menyerupai dengan tiket elektronik bus Trans Jakarta, tapi tidak dikenakan biaya atau kepingan saldo. Sama menyerupai pelanggan lainnya, pemegang kartu “TJ Card” tetap melaksanakan tap in dan tap out di halte ketika naik bus Transjakarta. Namun untuk dikala ini layanan tersebut hanya berlaku di koridor Transjakarta (berlaku di halte BRT). Sehingga pelanggan yang dari atau menuju rute feeder stasiun dan rute ke kawasan penyanggah belum sanggup menikmati layanan gratis ini.


Semoga kebijakan gres ini sanggup menciptakan penyandang disabilitas lebih gampang dalam mobilitas di Jakarta. Meski kemudahan yang ada belum sepenuhnya aksesibel, tapi patut diapresiasi inisiatif pemerintah provinsi DKI yang sudah turut memperhatikan kebutuhan penyandang disabilitas.(DPM)



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "11 Kelompok Ini Gratis Naik Trans Jakarta, Termasuk Penyandang Disabilitas"