Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Persiapkan Ini Sebelum Ikut Tes Cpns 2018 Gugusan Disabilitas

hal administratif yang kalau tidak teliti sanggup mengakibatkan kegagalan kau  menjadi CPNS Persiapkan ini sebelum Ikut Tes CPNS 2018 Formasi Disabilitas

Kartunet – Pendaftaran seleksi CPNS 2018 dibuka 26 September – 10 Oktober. Selain pengetahuan dan mental, ada hal-hal administratif yang kalau tidak teliti sanggup mengakibatkan kegagalan kau menjadi CPNS. Maka dari itu, Persiapkan ini sebelum Ikut Tes CPNS 2018 Formasi Disabilitas.


Secara umum, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menunjukkan panduan mengenai berkas apa saja yang perlu dilengkapi ketika mendaftar CPNS 2018. Namun yang perlu diingat adalah, sehabis mengecek persyaratan umum yang ditentukan BKN, jangan lupa untuk periksa persyaratan spesifik yang ada di laman pengumuman tiap-tiap instansi. Karena tak menutup kemungkinan tiap instansi memerlukan persyaratan embel-embel sesuai dengan deretan yang dilamar.


Paling tidak, ada beberapa dokumen yang sudah harus kau persiapkan sebelum mendaftar CPNS 2018 deretan disabilitas.



  1. fotokopi dan scann Kartu Tanda Penduduk E-KTP terbaru.

    Gunakan foto kamera yang bagus atau scanner untuk menciptakan softcopy dari KTP. Jangan lupa file di-crop sesuai dengan ukuran KTP biar file size tidak terlalu besar. Buat dua format yang JPG dan PDF. Yang perlu difoto atau scann cukup bab depan yang ada data dan foto terganteng/tercantik kau ya.

  2. Fotokopi dan scann Kartu Keluarga KK.

    Upayakan foto atau scann KK terbaru. Jika kau gres saja menikah atau pisah KK, lebih baik urus dulu KK sampai mendapat yang terbaru. Proses perubahan KK tidak usang kok di kelurahaan. Mungkin hanya butuh 1 atau 2 hari. Karena nanti data ini akan sangat kuat ketika kau lolos dan menjadi CPNS, sebagai data kepegawaian untuk memilih honor serta tunjangan.

  3. Scann dan kopi terlegalisasi (legalisir) ijazah dan transkrip nilai.

    Saat ini registrasi awal atau seleksi manajemen terpusat dan online melalui situs SSCN.bkn.go.id. Calon penerima hanya diminta untuk mengungguh atau upload hasil scan berkas-berkas ibarat ijazah dan transkrip nilai. Namun ada baiknya juga kau mulai mengurus untuk meminta pengakuan kopi berkas-berkas tersebut ke perguruan tinggi tinggi asal. Karena biasanya proses di masa pembukaan CPNS ini sanggup memakan waktu yang jauh lebih usang dari biasanya. Sebagai jaga-jaga saja apabila ada instansi yang meminta dikirimkan kopi ijazah dan transkrip nilai yang sudah dilegalisasi via pos. Jika tidak, berkas-berkas tersebut nanti niscaya digunakan ketika sudah lolos tes dan pemberkasan akhir. Sedia payung sebelum hujan.

  4. Pas foto berwarna

    Apabila syarat foto diri yang diminta yaitu softcopy, tentu ini tidak diperlukan. Karena kau hanya perlu foto selfie dengan kamera smartphone. Namun tak ada salahnya juga mempersiapkan pas foto berwarna ukuran 4 X 6 dengan latar belakang merah. Karena di proses pemberkasan selesai nanti, sehabis lolos semua tes dan ujian, maka pas foto niscaya akan dibutuhkan panitia penyelenggara.

  5. Surat keterangan disabilitas

    Khusus buat pelamar deretan disabilitas, ada beberapa instansi yang menghendaki dilampirkannya surat keterangan disabilitas. Surat keterangan ini sanggup diperoleh dari dokter di rumah sakit. Contoh untuk seorang tunanetra, silakan tiba ke dokter seorang andal mata untuk minta dibuatkan surat keterangan ini. Namun jangan lupa untuk membaca kembali persyaratan spesifik yang ada di instansi yang ingin dilamar. Apakah sudah ada format surat yang dicontohkan, atau kategori dokter yang dihendaki apakah harus dokter di rumah sakit umum, atau boleh di Puskesmas. Intinya kau harus teliti dan cermati tiap persyaratan yang tertulis.


Kurang lebih itu berkas-berkas pokok yang harus dipersiapkan oleh pelamar deretan disabilitas di CPNS 2018. Sejak seleksi CPNS 2017, persyaratan atau berkas yang harus dipenuhi di seleksi manajemen sudah tidak serumit dan “semahal” dulu. Saat ini tak perlu di awal sudah mengirimkan berkas-berkas yang memerlukan biaya ibarat SKCK, kartu kuning, surat keterangan sehat jasmani dan rohani, atau surat keterangan bebas narkoba. Biasanya surat-surat tersebut gres akan diminta apabila penerima sudah lolos seleksi kompetensi bidang atau SKB, dan dipastikan menjadi CPNS.


Sekali lagi, ini hanya persyaratan yang umum dibutuhkan oleh tiap instansi. Untuk pastinya, jangan lupa untuk membaca dengan cermat persyaratan atau pengumuman pembukaan deretan yang ada di tiap instansi. Jadilah calon pelayan masyarakat dan aparatur sipil negara yang cerdas dan bijak ya. Jika ada pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar. (DPM)



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Persiapkan Ini Sebelum Ikut Tes Cpns 2018 Gugusan Disabilitas"