Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Percaya atau Gak! 4 Hal Negatif Ini Bisa Bikin Tabunganmu Membengkak

Tabungan bertambah tentu keinginan semua orang. Namun, untuk melakukannya, gak semudah yang dipikirkan.

Siapa sih yang gak mau uangnya di tabungan terus bertambah, karena yang ada duit terus aja berkurang. Ada saja pengeluaran yang mengharuskan kamu merogoh uang tabungan atau hanya karena terpotong biaya administrasi bulanan.

Terkadang, ketika udah memprediksikan ingin memiliki sesuatu, kamu mulai menabung secara konsisten setiap bulan.

Tapi, di tengah jalan, tiba-tiba ada aja kebutuhan mendesak yang bikin kamu mau gak mau ambil uang di tabungan. Ya, contohnya saja untuk biaya rumah sakit atau biaya pendidikan anak.

Kalau udah kayak gitu, mau kesal pun ya percuma aja ya! Toh emang karena ada kebutuhan mendesak. Nah, tapi gak sih ternyata ada beberapa hal negatif yang bisa bikin tabungan bertambah.

Hal negatif bikin tabungan bertambah gimana? Kalau dipikir-pikir, siapa sih orang yang mau ngalami hal negatif hanya demi bikin uang di tabungan terus bertambah?

Daripada disesali terus, lebih baik ambil hikmahnya aja kan. Salah satunya, dengan semakin bertambahnya uang kamu di tabungan.

Lalu, apa aja hal negatif yang bisa bikin tabungan bertambah? Berikut, lima di antaranya:

1. Putus cinta

Putus cinta
Putus cinta

Putus sama orang yang disayang tentu menyakitkan, dan bikin sedih. Bahkan, banyak orang yang beranggapan putus cinta akhir dunia.

Terasa berlebihan sih. Tapi, wajar juga apalagi buat mereka yang ke mana-mana berdua. Kasmaran setiap saat yang beranggapan seolah-olah dunia milik berdua. Jadi, saat putus rasanya pasti kehilangan banget.

Tapi, hidup harus terus berjalan. Sedih sih pasti, gak bisa dipungkiri. Tapi masa kamu mau terus meratapi nasib setiap hari galau gak karuan. Kalau seperti itu terus, yang ada berantakan deh hidup kamu, terutama pekerjaan.

Ibarat pepatah bilang, “Udah jatuh tertimpa tangga”. Udah kehilangan kekasih, masa harus kehilang pekerjaan juga.

Karena itu, ambil positifnya aja dari kegagalan kisah cinta kamu. Salah satunya, tabungan akan bertambah. Kenapa?

Ya, karena saat kamu putus sama pacar, otomatis kamu gak perlu menyisihkan bujet lebih untuk pacaran seperti nonton, makan, atau membelikan pacarmu sesuatu.

Jadi, bujet buat pacaran bisa kamu masukkan ke tabungan. Bisa kamu jadikan penyemangat juga kalau saat ditinggal pergi mantan, hidupmu akan jadi lebih baik.

2. Mau beli barang incaran tapi sold out

Beli barang incaran tapi sold out
Beli barang incaran tapi sold out

Lagi jalan ke mal, ngelihat ada barang yang lucu di salah satu toko. Pengin beli, tapi tanggal tua. Apa daya, uang gak cukup. Tapi, saking sukanya, kamu berniat membawa pulang barang tersebut saat udah gajian.

Sayangnya, saat gajian tiba dan kamu pergi ke mal untuk membeli barang itu ternyata udah habis alias sold out.

Kesal sih pasti, tapi kamu bisa mengambil positifnya juga. Karena uangmu aman dong, apalagi kamu membeli barang hanya karena “lucu” bukan karena benar-benar butuh.

Kalau seperti itu terus, yang ada keuanganmu akan berantakan. Bahkan, bisa-bisa kamu terjerumus ke lubang utang. Duh, jangan sampai deh!

3. Batal liburan karena cuti ditolak

Batal liburan karena cuti ditolak
Batal liburan karena cuti ditolak

Udah bikin rencana mau liburan bareng teman-teman ke luar negeri. Nah, dari beberapa bulan sebelumnya, kamu udah mulai nabung biar gak keluar uang gede saat hari H liburan tiba.

Sebelum membeli tiket pesawat dan bayar perintilan yang lain, kamu mengajukan cuti ke kantor. Sayangnya, cuti kamu ditolak karena akan ada project di bulan kamu mengajukan cuti.

Kalau udah kayak gitu, mau gak mau kamu mengurungkan niat untuk liburan. Meski bete dan pasti kesal banget lihat teman-temanmu liburan, ambil hikmahnya aja.

Pasalnya, selain uangmu di tabungan aman, bosjuga akan melihat dedikasimu untuk perusahaan. Bisa jadi kamu naik jabatan atau gaji, kan?

4. Mau belanja, tapi mesin EDC rusak

Mau belanja, mesin EDC rusak
Mau belanja, mesin EDC rusak

Udah ngantri panjang bawa barang belanja, tapi saat di kasir dan mau bayar. Ternyata mesin EDC-nya rusak. Mau bayar pakai tunai, tapi uangnya gak cukup.

Mau gak mau, kamu menaruh lagi barang belanjaan dan keluar toko gak membawa apapun. Kesal udah pasti, gak usah ditanya lagi.

Tapi kamu harusnya bersyukur, karena berarti kamu gak harus merogoh uang untuk membeli barang yang dibeli cuma karena pengin, bukan karena butuh.

Nah, itu dia empat hal negatif yang ternyata bisa bikin tabungan bertambah. Ya, sebenarnya di balik musibah dan masalah yang terjadi di hidupmu, selalu ada hikmah di balik itu semua.

Karena itu, pentingnya untuk terus positive thinking dan jangan terpuruk. Tapi, jadikan pacuan untuk menjadi lebih baik lagi. Yuk, tetap semangat ya! (Editor: Chaerunnisa)

Posting Komentar untuk "Percaya atau Gak! 4 Hal Negatif Ini Bisa Bikin Tabunganmu Membengkak"