Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penting Untuk Masa Depan, Ini 5 Cara Mudah Mengajari Anak Investasi

Investasi itu penting. Mengapa? Pasalnya, dengan investasi kamu bisa meraup pundi-pundi kekayaan yang bikin kaya raya dan tentu saja dapat menjamin masa depan.

Sayangnya, masih banyak sekali orang yang belum melek investasi sehingga menganggap itu bukanlah hal yang penting. Nah, ujung-ujungnya bikin mereka melarat di masa tua.

Ditambah lagi banyak orang yang masih beranggapan kalau investasi itu cuma buat orang yang berduit. Padahal itu salah banget lho.

Karena itu, pentingnya pemahaman tentang investasi sejak usia dini. Jadi, kamu bisa tuh mulai mengenalkan investasi kepada sang buah hatimu.

Bahkan seorang ahli finansial, Melanie Mortimer mengatakan kalau anakmu diajari investasi sejak ia berusia tiga tahun, maka mereka akan tumbuh menjadi generasi yang lebih siap dan cerdas secara finansial.

Sayangnya, gak sedikit orangtua yang menganut paradigma salah dan mengatakan kalau anak hanyalah anak kecil yang masih belum mengerti soal keuangan. Padahal, dengan menganggap mereka seperti orang dewasa, maka sifat anak pun secara otomatis akan berubah.

Karena itu, gak ada salahnya kok untuk mengajarkan anak investasi sejak dini. Gimana tipsnya? Berikut lima di antaranya:

1. Buat mereka penasaran

Saham (Ilustrasi).

Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat anak penasaran. Misalnya, kamu menunjukkan ke mereka gimana caranya memeriksa saham. Bahkan alangkah baiknya kalau kamu memiliki saham di perusahaan yang disukai anakmu, contohnya aja Apple jika si kecil penyukai teknologi.

Setelah itu, tanyakan kepada mereka apakah ada perusahaan yang ingin ia beli di masa depan dan biarkan ia menjawab dengan imajinasinya sendiri.

2. Pakai permainan

Mengajari anak menabung (Ilustrasi).

Tahukah kamu kalau kini udah banyak sekali permainan investasi saham secara online yang cocok untuk anak-anak Sekolah Dasar.

Nah, sebagai orangtua kamu bisa mengikuti pergerakan saham serta memberikan anjuran dan juga alasan pentingnya investasi lewat permainan tersebut.

Gak cuma itu aja, kamu juga bisa menghabiskan waktu bersama sang buah hati sekaligus memberikan pelajaran mengenai hukum investasi.

3. Beritahu kepadanya bagaimana uang bertambah karena investasi

Beritahu anak bagaimana investasi bisa menambah penghasilan (Ilustrasi).

Kamu bisa memberitahu si kecil sembari bercerita bagaimana yang dapat bertambah karena investasi. Kamu juga bisa memberikan contoh nyata seorang yang bisa kaya raya lewat investasi, salah satunya adalah Warren Buffett.

Kamu bisa bercerita kepada si kecil, perjalanan Warren Buffett yang sukses berinvestasi hingga menjadi salah satu orang terkaya di dunia. Tujuannya adalah agar ia termotivasi untuk menjadi sosok Buffett.

4. Jangan lupa beramal

Anak-anak beramal (Ilustrasi).

Jangan lupa beramal? Apa hubungannya dengan investasi?

Ya, sebenarnya tak hanya ilmu berbagi dan saling membantu yang didapatkan anak saat kamu mengajarkannya jangan lupa beramal.

Pasalnya dengan beramal, mereka juga akan lebih menyadari kalau banyak orang di dunia ini yang membutuhkan uang sehingga si kecil akan berpikir ribuan kali saat ingin menghamburkan uang.

5. Bercerita

Bercerita dengan anak (Ilustrasi).

Melalui cerita, kamu dapat mendapatkan perhatian dari buah hati. Mereka pun akan menyimak ceritamu dengan saksama. Mulailah dengan bercerita mengenai pengalaman pribadi, seperti alasanmu menabung uang dan berinvestasi.

Ceritakan juga apa saja yang kamu harapkan di masa depan. Dan ceritakan pengalaman mengenai masa lalumu dan tunjukkan implementasi yang kamu lakukan untuk saat ini dari pelajaran masa lalu tersebut.

6. Ketahui cara belajar sang anak

Ketahui cara belajar anak (Ilustrasi).

Banyak sekali cara belajar yang bisa kamu praktekkan untuk mengajari sang anak investasi. Pasalnya, cara belajar anak itu beda-beda, ada yang belajar menggunakan penglihatan (visual), ada yang belajar menggunakan pendengaran (listening), dan lainnya.

Karena itu, ketahuilah cara belajar paling efektif untuk anakmu, sehingga kamu bisa membuat penyesuaian dan agar lebih cepat tangkap juga.

Agar tak bosan, kamu bisa mengajari si kecil investasi dengan cara berbeda untuk komunikasi, seperti gambar, video, cerita, atau aplikasi smartphone.

Nah, itu dia lima cara sederhana yang bisa kamu lakukan untuk mengajari anak investasi sejak dini. Dengan begitu, kamu sudah membantu si kecil untuk mencapai freedom money di masa depan. Karena itu, jangan ragu untuk melakukan beberapa cara di atas ya. (Editor: Winda Destiana Putri).

Posting Komentar untuk "Penting Untuk Masa Depan, Ini 5 Cara Mudah Mengajari Anak Investasi"