Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengenalan Microsoft Excel 2016 Untuk Tunanetra

 Microsoft Excel juga merupakan salah satu cuilan dari software Microsoft Office Pengenalan Microsoft Excel 2016 untuk Tunanetra

Tangerang, Kartunet – Microsoft Excel juga merupakan salah satu cuilan dari software Microsoft Office. Software  ini berfungsi sebagai pengolah angka atau data. Dengan software ini kita sanggup dengan gampang melaksanakan perhitungan angka-angka mulai dari yang sederhana menyerupai pertambahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Bahkan yang lebih rumit lagi menyerupai mencari nilai rata-rata, nilai maksimal dan sebagainya. Pemanfaatan dari Microsoft Excel ialah untuk pembuatan data, laporan keuangan, sistem akuntansi dan hal-hal yang berkaitan dengan angka.


Pada modul ini kau akan berguru memakai versi Microsoft Excel yang terbaru yaitu Excel 2016. Pembelajaran akan dibentuk ringkas dan sederhana, tapi banyak praktik dengan penerapannya pada kebutuhan sehari-hari semoga lebih gampang dipahami. Diharapkan kau akan sanggup memakai Excel 2016 untuk membantu kegiatanmu dalam sekolah, kuliah atau pekerjaan, menyerupai menciptakan table nilai siswa, pejualan produk, serta pengeluaran dan pemasukan rutin.


Mengaktifkan Excel 2016


Untuk memulai Microsoft Excel, caranya tak jauh berbeda ketika memakai Word 2016.



  • Tekan tombol window untuk mengaktifkan Start Menu.

  • Pada search box, ketikkan “Excel” maka akan muncul Excel 2016, tekan enter.

  • Setelah proses loading, maka Excel akan menampilkan kotak obrolan new grouping. Di sini juga ada pilihan beberapa template yang sanggup dipakai pada Excel 2016. Pilih Blank Work Book untuk memulai Excel, atau eksklusif tekan enter Karena ketika terbuka posisi kursor ada di Blank Work Book.


Tampilan awal Excel 2016


Saat pertama kali agenda Microsoft Office Excel dijalankan, pada layar akan muncul lembar kerja yang berbentuk kotak-kotak yang disebut  “sel”. Cell ini yaitu pertemuan dari kolom dan baris. Tiap kolom ditandai dengan huruf. Misal kolom A, B, C, hingga Z, kemudian diteruskan AA, AB, AC, terus hingga IV. Sedangkan untuk baris ditandai dengan angka dari mulai 1 hingga yang paling akhir. Karena Cell merupakan pertemuan kolom dan baris, jadi tiap Cell mempunyai nama sesuai posisi pertemuan kolom dan baris tersebut. Makara misal disebut Cell D4, berarti Cell tersebut terletak pada kolom D dan baris 4.


Untuk lebih mudahnya lembar kerja Microsoft Excel sanggup dibayangkan menyerupai papan catur, atau gugusan kotak yang ada pada papan riglet. Makara kotak-kotak yang memanjang dari kiri ke kanan secara horizontal disebut baris atau row, sedang kotak-kotak yang berderet dari atas ke bawah dinamakan kolom atau colomn.


Pada Microsoft Office Excel lembar kerja diberi nama file secara default oleh komputer book1, hingga kita mengganti nama file tersebut ketika menyimpan file. File ini pun sanggup disimpan, dibuka dan diedit, dan dicetak.


Unsur-unsur dalam lembar kerja Excel



  • Sel: area atau tempat berbentuk kotak, yang dibatasi oleh garis-garis pada sisi kanan, kiri, atas dan bawah pada lembar kerja. Cell ini terbentuk Karena adanya pertemuan antara kolom dan baris.

  • Kolom: gugusan sel yang bersusun Vertikal dari atas ke bawah. Kolom tersebut diberi instruksi dengan huruf, mulai dari a, b, c hingga fxd.

  • Baris: gugusan sel yang bersusun horisontal dari kiri ke kanan, baris tersebut diberi instruksi dengan angka. Mulai dari 1,2, 3 hingga 1048576.

  • Alamat sel: Posisi sel pada lembar kerja yang ditunjukan dari instruksi kolom dan baris. Contoh sel a1, berarti sel yang berada di kolom a baris 1. Sel d6, berarti sel yang berada pada kolom d  baris 6.

  • Sheet: Halaman dalam Microsoft Office Excel. Sebagai default satu file pada Excel 2016 disediakan 1 sheet, namun sanggup ditambah sesuai kebutuhan.

  • Range yaitu kumpulan cell yang ditandai. Misal disebutkan cell A1:D4. Itu dibaca cell a1 hingga D4. Berarti range tersebut mencakup cell A1, A2, A3, A4, B1, B2, B3, B4, C1, C2, C3, C4, D1, D2, D3, dan D4. Tanda titik dua (J dipakai sebagai penanda range.


Cara bergerak dalam lembar Microsoft Office Excel



  • Panah kanan, berpindah ke sel di kolom sebelah kanan.

  • Panah kiri, berpindah ke sel di kolom sebelah kiri.

  • Panah bawah berpindah ke sel di baris berikutnya

  • Panah atas, berpindah ke sel di baris sebelumnya.

  • Control-panah kanan, berpindah ke sel paling simpulan dari baris

  • Control-Panah kiri, berpindah ke sel paling awal dari baris.

  • Control-Panah bawah, berpindah ke sel paling simpulan dari kolom.

  • Control-Panah atas, berpindah ke sel paling awal dari kolom.

  • Control-Page up, berpindah ke sheet sebelumnya.

  • Control-Page down, berpindah ke sheet berikutnya.

  • Tekan tombol End kemudian tombol panah, akan berpindah ke cell paling ujung sesuai dengan arah panah yang ditekan.


Sampai di sini untuk pengenalan singkat Microsoft Excel. Sebetulnya tidak lebih sulit dari Microsoft Word, sebab kau sudah punya dasar pemahaman komputer ketika berguru Word. Apalagi struktur Excel yang berupa kolom dan baris lebih memudahkan sebab menyerupai dengan kotak-kotak pada riglet braille. Silakan terus dieksplorasi bagian-bagian pada Excel, semoga makin lancar dan akrab.(DPM)



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Pengenalan Microsoft Excel 2016 Untuk Tunanetra"