Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menggunakan Layanan Surat Elektronik Gmail

Menggunakan Layanan Surat Elektronik Gmail Menggunakan Layanan Surat Elektronik Gmail

Tangerang, Kartunet – Salah satu akomodasi di internet yang sangat bermanfaat dan wajib dimiliki semua pengguna internet yaitu Email. Email yang merupakan abreviasi dari Electronic mail atau surat elektronik, fungsinya ibarat mirip surat-menyurat pada umumnya, hanya tidak perlu dicetak dan pengirimannya juga secara digital. Selain itu, pesan yang dikirimkan juga akan hingga seketika dikirim tak perlu perangko atau biaya lainnya.


Memiliki alamat email juga wajib hukumnya Karena ia ibarat kunci membuka banyak pintu di belantara internet. Email bukan hanya digunakan untuk surat-menyurat atau berkirim pesan. Banyak website atau akomodasi di internet yang membutuhkan alamat email untuk mengaksesnya. Semisal ingin menciptakan account di website media social ibarat Facebook dan Twitter, menciptakan blog di Blogspot atau WordPress, atau mengikuti seleksi lowongan kerja, semuanya butuh alamat email pada tahap registrasi. Karena email begitu penting, mari mencar ilmu memakai layanan email gratis dari Google.


Mengenai Gmail


Sebuah alamat email ditandai dengan tanda @ (at) yang menghubungkan antara nama pengguna dan website penyedia layanan email. Seperti referensi alamat email dimas1988@gmail.com, kata “dimas1988” yaitu nama pengguna (boleh kombinasi abjad dan angka tanpa sepasi), sedangkan “gmail.com” yaitu situs penyedia layanan email. Banyak jasa layanan email selain Gmail ibarat Yahoo atau Hotmail.


Namun kali ini kau akan mencar ilmu memakai layanan email dari Google yang berjulukan Gmail. Karena selain Gmail gratis dan mempunyai kapasitas yang relative besar yaitu sekitar 15Gb, Gmail juga salah satu email yang paling accessible atau gampang ketika diakses oleh Screen reader. Selain itu masih banyak akomodasi lainnya jikalau mempunyai email di Gmail yang terintegrasi dalam layanan dari Google.


Membuat E-Mail di Gmail


Untuk menciptakan alamat e-mail di Gmail, coba ikuti langkah-langkah berikut.



  • Jalankan Mozilla Firefox atau browser lainnya yang kau suka.

  • Tekan Alt+d untuk ke address bar, kemudian ketik alamat gmail.com tekan Enter. Tunggu hingga situs selesai loading.

  • Setelah situs terbuka, tekan Insert+F7 untuk menampilkan daftar link.

  • Telusuri halaman Gmail yang terbuka dengan panah atas / bawah. Cari link yang bekerjasama dengan Sign up, create account, atau buat akun baru, tergantung Bahasa yang digunakan di website Google kamu. Jika browser sudah pernah untuk membuka email Gmail sebelumnya, cari add account atau tambah account. Tekan enter

  • Setelah link tersebut dibuka, tekan abjad F sebagai short-cut mencari form hingga komputer mengatakan”First Name”. First Name ini yaitu form pertama yang harus kita isi.

  • Ketik nama depan kamu, contohnya nama lengkap kau Andini Aisyah, tulislah Andini, dan tekan Tab sehabis selesai. (Ada beberapa pembaca layar yang harus di-Enter dulu untuk mengaktifkan formnya, jadi sehabis kau menekan abjad F dan komputer mengatakan”First Name” kemudian dikala ketik salah satu abjad tidak bisa, maka harus menekan Enter terlebih dahulu).

  • Disini kita akan diminta untuk mengisi nama belakang atau last name Ketik nama belakang, yaitu Aisyah, dan tekan Tab sehabis selesai.

  • Selanjutnya screen reader akan mengatakan:”Choose user Name”. Disini ketik nama e-mail yang diinginkan, misalnya: Andin2000 dan tekan Tab sehabis selesai.

  • Saat kau tekan tab, screen reader akan menyampaikan jikalau nama pengguna atau username yang kau tuliskan sebelumnya sudah ada yang pakai ibarat “that username is taken”. Maka kau harus mengganti nama pengguna email yang sudah dituliskan sebelumnya lebih variative atau lebih panjang, sehingga kemungkinan sudah digunakan orang lain kecil.

  • Namun jikalau kau malas untuk mencari nama alternative, Gmail sudah menyediakan pilihan untuk kau di bawah kotak mengisi username tersebut. Kamu tinggal pilih pada nama yang available.

  • Tempatkan kursor pada username yang diinginkan, dan tekan Enter.

  • Tekan tab sekali untuk menuju “create a password” atau kawasan menulis password atau kata sandi.

  • Tuliskan password yang diinginkan. Karakter yang sanggup dituliskan untuk mengisi password yaitu antara 8 hingga 16 karakter. Gunakan kombinasi abjad dan angka dan jangan gunakan kata-kata sehari-hari yang gampang ditebak orang. Berhati-hati ketika menulis password jangan hingga salah, alasannya yaitu Screen Reader tidak menyebutkan abjad yang kita ketik, tapi hanya tanda bintang (*). Di layar pun tidak menampilkan karakter yang kita ketik.

  • Setelah menuliskan password, tekan Tab sekali lagi dan disini kita diminta untuk menuliskan password lagi. Ketik password yang sama ibarat yang kita ketik sebelumnya.

  • Tekan Tab ke kolom tanggal lahir, disini terdapat form combo box khusus untuk bulan, tekan Enter untuk menentukan nama bulan kemudian Panah Keatas untuk mencari bulan yang diinginkan kemudian tekan Enter. Lalu Tab untuk menuju ke date, ketikkan tanggal lahir 2 digit tekan Tab kembali untuk masuk ke kolom year (tahun) ketikkan tahun lahir sebanyak 4 digit.

  • Tekan Tab sekali menuju kolom gender (jenis kelamin), dan pembaca layar akan menyebut I am, tekan enter untuk memunculkan pilihan rather not say (tak ingin menyebutkan), Male (laki-laki), dan Female (perempuan), kemudian gerakkan panah atas bawah untuk menentukan gender yang sesuai dan Enter

  • Tekan Tab 2 kali menuju ke kolom no ponsel (mobile number), Enter kemudian ketik no ponsel yang dimiliki. Di browser biasanya sudah tertulis +62, maka tinggal menambahkan nomer ponselmu tanpa angka nol di awal. Misal nomer kau 082310301799, cukup tuliskan 82310301799 sehabis +62, kemudian tekan Tab

  • Masuk ke kolom alamat email yang digunakan sebagai alamat email cadangan. Ini akan berfungsi bila email yang gres bermasalah. Tapi bila tidak ada dikosongkan saja.

  • Tekan tab hingga ke Next step button, tekan enter.

  • Akan muncul halaman persetujuan. Tekan tab hingga Scroll to agree button, tekan enter.

  • Lalu muncul dua pilihan cancel dan agree button, tekan tab dan enter di I agree button.

  • Ada kalanya Gmail tidak meminta verifikasi, dan alamat email kau sudah eksklusif jadi. Tapi jikalau keluar halaman verifikasi, maka pilih bagaimana kau akan mendapatkan instruksi verifikasi, via text sms atau telepon (voice call) oleh Google ke nomer yang sebelumnya kau masukkan. Pilih radio button yang ada, kemudian tab dan enter pada Continue.

  • Apabila instruksi tersebut sudah kita terima ketik pada kolom verifikasi kemudian tekan Enter pada continue.

  • Bila seluruh langkah-langkah tersebut telah kita lakukan dengan benar maka kita akan menerima gosip bahwa email tersebut sukses, maka Screen Reader akan membacakan pesan welcome atau selamat tiba di email gres kamu.

  • Tekan panah atau abjad B untuk mencari Continue to Gmail button, tekan enter.


Mengubah Tampilan E-Mail Google Menjadi Accessible


Tampilan e-mail Gmail yang standard view berat diakses dengan Screen Reader. Menyadari banyak pengguna e-mail Google dari kalangan tunanetra, maka tampilan yang usang masih disediakan, namun kita harus mengubahnya. Untuk mengubah tampilan Google menjadi tampilan Basic HTML yang aksesibel, caranya adalah:



  • Tekan Ctrl+Home untuk menempatkan kursor di awal halaman.

  • Dengan panah atas / bawah cari Basic HTML view button, tekan enter

  • Maka halaman Gmail akan loading ulang dan menyajikan tampilan yang lebih ringan dan jalan masuk untuk Screen Reader.


Menyimpan Tampilan Basic HTML Sebagai Default


Agar e-mail kita selalu dalam tampilan basic setiap kali diaktifkan, kita sanggup menyimpannya dengan cara:



  • Tekan Ctrl+Home untuk menempatkan kursor di awal halaman.

  • Tekan Insert+F7 untuk mengumpulkan daftar link.

  • Tekan panah bawah hingga komputer mengatakan:”Set basic HTML as default view” tekan Enter.


Mengirim E-mail


Untuk mengirim e-mail coba ikuti langkah-langkah berikut.



  • Tekan Ctrl+Home untuk menempatkan kursor di awal halaman.

  • Tekan Insert+F7 untuk menampilkan daftar link.

  • Tekan abjad C hingga komputer mengatakan:”Compose Mail”, tekan Enter.

  • Biasanya kursor eksklusif berada di posisi To (tempat mengetikkan alamat e-mail yang akan dituju). Untuk memastikannya tekan panah atas. Jika ditekan panah atas sekali atau dua kali komputer mengatakan:”To”, berarti kursor memang benar ada di posisi tersebut. Jika benar kursor benar ada di posisi tersebut tekan panah bawah untuk kembali di kawasan penulisan alamat e-mail yang akan dituju.

  • Jika ditekan panah atas komputer tidak mengatakan:”To”, tekan Ctrl+Home untuk menempatkan kursor di awal halaman, kemudian tekan abjad F hingga Screen Reader mengatakan:”To”.

  • Ketik alamat e-mail yang akan dituju contohnya dimas1988@yahoo.co.id,tekan Tab sekali sehabis selesai.

  • Disini kita akan diminta untuk menuliskan CC (carbon copy). CC atau carbon copy yaitu untuk menuliskan tembusan surat. Ketik alamat tembusan surat yang ingin dituju, atau kosongkan jikalau tidak ada.

  • Tekan Tab lagi sekali, disini kita diminta untuk menuliskan BCC (blind carbon copy). Bagian ini boleh dikosongkan jikalau memang tidak ada.

  • Tekan Tab sekali lagi, disini kita diminta untuk menuliskan Subject dari e-mail kita. Tuliskan Subject atau tentang dari e-mail yang akan kita kirim.

  • Tekan Tab beberapa kali hingga komputer mengatakan:”Message Body.” Disini ketik isi suratnya.

  • Bila dalam email yang ingin kita kirim, ingin disisipkan berupa gambar, file word atau file lainnya kita sanggup menyisipkannya sebagai attachment.

  • Untuk menyisipkan file, sehabis mengisi kolom subjek tekan Tab hingga pembaca layar menyebutkan attach file browse button, tekan Enter untuk membuka kotak obrolan file upload kemudian Tab atau Shift Tab untuk menuju folder dimana data tersebut berada. Setelah ketemu file yang diinginkan tekan Enter, arahkan panah ke data yang akan dikirim kemudian Enter.

  • Tekan Tab sekali, bila masih ada file lain yang akan dikirim, lakukan langkah yang sama pada file lainnya.

  • Setelah selesai, tekan Tab menuju isi email tersebut ketikkan isi emailnya dan Tab kembali menuju send button kemudian Enter.


Keterangan:



  • Dalam mengisi form “to”, kita tidak diperbolehkan menekan Enter, jikalau ingin mengirimkan ke lebih dari satu alamat, pisahkan dengan tanda koma.

  • Pada bab isi email diperbolehkan menekan Enter untuk berpindah paragraf.

  • Beda CC dan BCC adalah. Jika alamat email yang ditujukan di CC, maka tiap orang yang mendapatkan email akan sanggup mengetahui kemana saja email itu ditujukan. Sedang jikalau di BCC penerimanya tidak sanggup mengetahui kemana saja email itu dikirimkan. Ia hanya sanggup mengetahui pengirim pertamanya.


Sekarang coba praktikkan mengetikkan isi surat yang ingin anda kirim. Sebagai referensi kirim surat berikut ke alamat email dimas1988@gmail.com dengan subjek “Bertanya” dengan isi kurang lebih ibarat berikut.



Hai mas Dimas,


Saya Andin salah satu peserta training computer. Saya ingin bertanya apa benar melalui internet kita sanggup menghasilkan uang? Bagaimana caranya ya mas? Terima kasih.


Wasalam


Setelah Selesai mengetik e-mail, tekan tab sekali untuk menuju ke send button, tekan Enter untuk mengirim E-mail yang telah kita buat.


Keluar dari Gmail


Ada baiknya tiap kali selesai memakai email, kau keluar dari account Gmail atau disebut dengan istilah sign out. Ini untuk berjaga-jaga sehingga tak ada orang yang sanggup menyalah-gunakan alamat email kamu. Apalagi jikalau computer yang kau digunakan digunakan secara bergantian, maka jangan lupa sign out setiap kali selesai. Untuk itu lakukan langkah berikut:



  • Setelah selesai menulis email, tekan insert + F7 untuk menampilkan daftar link.

  • Tekan abjad S untuk mencari Sign out, tekan enter.


Membaca Daftar E-Mail yang Masuk


Kita sanggup membaca e-mail yang telah masuk dengan langkah-langkah berikut.



  • Aktifkan e-mail anda, dengan masuk browser kemudian ke address kafetaria dan ketikkan gmail.com, tekan enter.

  • Jika kau belum sign out, maka biasanya browser eksklusif menampilkan isi email kau secara otomatis.

  • Jika tidak, sanggup pilih pada alamat email yang sudah pernah masuk di browser itu, atau jikalau tidak ada enter pada link Add account atau tambah akun.

  • Masukan alamat email lengkap kemudian tekan enter pada next dan masukan password dan kembali tekan enter.

  • Tekan Ctrl+Home untuk menempatkan kursor eksklusif ke awal halaman.

  • Tekan abjad T sekali untuk menuju ke tabel yang ada didalam tampilan Inbox. Kita memakai perintah ini alasannya yaitu tampilan e-mail Google berbentuk tabel.

  • Ketika kita menekan abjad T untuk menuju ke tabel, Screen Reader akan mengatakan:”Column one row one, check box not check.”

  • Disini kita akan memakai perintah pembacaan tabel untuk membaca daftar surat yang masuk. Tekan Ctrl+Alt+panah bawah untuk membaca email yang masuk.

  • Tekan Ctrl+Alt+panah kanan lagi untuk ke kolom selanjutnya (Subject).

  • Tekan Ctrl+Alt+panah kanan lagi untuk menuju ke kolom ke 4 (waktu pengiriman).

  • Setelah kursor di kolom ke 4, tekan Ctrl+Alt+panah kiri hingga kembali di kolom pertama.

  • Setelah di kolom pertama, tekan Ctrl+Alt+panah bawah untuk berpindah di baris ke 2.

  • Begitu seterusnya.


Keterangan:

Jika Screen Reader tidak membacakan tampilan daftar email sebagai tabel, kau sanggup menekan abjad X untuk berpindah antar check box Karena tiap email yang masuk ditandai dengan check box. Lalu  gunakan panah atas / bawah untuk menelusuri pengirim email dan subjek email. Tekan enter pada subjek email yang ingin dibuka.


Membuka E-Mail


Setelah membaca daftar e-mail yang masuk, mungkin anda ingin membaca isi salah satu surat yang ada. Karena itu, coba lakukan langkah-langkah berikut.



  • Tempatkan kursor pada kolom ke 3 (subject) dari salah satu e-mail yang ada, tekan Enter sehabis ketemu.

  • Tekan abjad H hingga komputer membacakan nama pengirim dari e-mail yang kita buka.

  • Tekan panah bawah hingga menemukan isi surat yang kita buka.

  • Baca isi surat dengan perintah pembacaan ibarat biasa.


Membalas E-Mail


Setelah membaca salah satu e-mail, mungkin kau ingin membalas e-mail tersebut. Untuk itu ikuti langkah-langkah berikut.



  • Buka surat yang ingin dibalas, atau eksklusif ke langkah berikutnya jikalau sudah.

  • Dari isi surat, tekan panah atas hingga ketemu link Reply, tekan Enter. Posisi kursor eksklusif di kolom To (tempat mengetikkan alamat e-mail yang akan dituju). Atau sanggup juga memakai ALT+Shift+R

  • Bagian ini secara otomatis akan terisi dengan alamat e-mail yang telah mengirim kepada kita.

  • Tekan Tab beberapa kali hingga komputer mengatakan: ”Message body.” Ketik isi balasannya.

  • Tekan Tab sekali untuk menuju ke Send button, tekan Enter.

  • Atau sanggup juga membalas isi email dengan Quick reply dengan eksklusif menuliskan jawabannya pada bab simpulan sehabis membaca isi email, maka ada form quick reply.


Kembali ke Inbox


Setelah membaca salah satu e-mail yang ada, mungkin anda tidak akan membalasnya melainkan ingin membaca e-mail yang lain. Karena itu kita harus kembali ke inbox, caranya:



  • Tekan Ctrl+Home untuk kembali di awal halaman.

  • Tekan Insert+F7 untuk menampilkan daftar link.

  • Tekan abjad I hingga komputer mengatakan”Inbox”, tekan Enter.

  • Lakukan ibarat telah dijelaskan di atas untuk membaca daftar e-mail yang masuk.


Meneruskan Email (forward)


Saat membaca salah satu email yang masuk ke kotak masuk, dan menginginkan untuk meneruskan email tersebut pada orang lain, langkah yang harus dilakukan adalah:



  • Tekan Shift+H untuk menuju heading alamat email.

  • Kemudian Tab beberapa kali hingga Screen Reader menyebutkan forward selain itu juga sanggup dengan memakai ALT+Shift+F.

  • ketik alamat yang akan dituju.

  • Tekan tab pada subjek atau message body jikalau ingin menambahkan teks.

  • tekan Tab beberapa kali hingga menuju send button, tekan enter.


Menghapus Email Masuk


Setelah selesai membaca isi sebuah email, terkadang email tersebut ingin dihapus, adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:



  • Tampilkan email yang akan dihapus

  • Tekan Tab atau tekan abjad B untuk mencari button hingga pembaca layar menyebut”delete” atau “archive”, tekan Enter

  • Jika kau menentukan delete, maka email tersebut akan benar-benar terhapus dari inbox dan tak sanggup dicari kembali jikalau diperlukan.

  • Namun bila yang dipilih yaitu Archive, maka email akan dipindahkan dari inbox ke arsip, dan sanggup dicari sewaktu-waktu dengan akomodasi search mail.


Selamat! Samai di sini kau sudah mempunyai alamat email yang kau buat sendiri. Ingat terus username dan password email kamu. Karena jikalau lupa dan tak sanggup diakses lagi, maka akan banyak kontak kita yang hilang jadinya.(DPM)



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Menggunakan Layanan Surat Elektronik Gmail"