Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mencetak Dokumen Dengan Word 2016

 Salah satu berkah kehadiran teknologi computer bicara yaitu ketika ini tunanetra pun sanggup  Mencetak Dokumen dengan Word 2016

Tangerang, Kartunet – Salah satu berkah kehadiran teknologi computer bicara yaitu ketika ini tunanetra pun sanggup menulis awas. Memang tidak secara pribadi dengan tangan dan pena, tapi melalui computer kemudian dicetak dengan printer. Untuk mencetak dokumen, printer perlu diset terlebih dahulu semoga terhubung dengan computer. Cara pengaturannya tergantung brand tiap printer, silakan pelajari petunjuk yang ada di manual printer.


Mengatur Penomoran Halaman


Secara baku, Word 2016 tidak mencetak nomer halaman. Tapi kau sanggup menentukan penomeran halaman berbentuk angka Arab  1, 2, 3 atau a, b, c atau angka romawi. Langkah-langkah penomeran halaman yaitu sebagai berikut:



  • Tekan ALT untuk mengaktifkan ribbon, terus tekan panah kanan atau kiri hingga screen reader menyampaikan insert tab.

  • Tekan tab beberapa kali hingga komputer menyampaikan page number button, tekan enter.

  • Dengan menekan panah atas atau bawah tentukan posisi halaman, apakah diatas (top of pages) atau bawah halaman (button of pages) dan akhiri dengan enter.

  • Tekan panah atas atau bawah kembali pilih nomer halaman yang ditempatkan di kiri (Plain number 1) ditengah (Plain number 2) atau di kanan (plain number 3), akhiri dengan enter sesudah ditentukan.

  • Tekan Alt untuk mengaktifkan ribbon. Tekan Tab beberapa kali hingga screen reader menyampaikan close header and footer button. Lalu tekan enter untuk kembali ke dokumen.


Memformat Penomoran Halaman



  • Tekan ALT untuk mengaktifkan ribbon.

  • Tekan panah kiri atau kanan untuk mencari insert tab. Tekan tab beberapa kali hingga komputer menyampaikan page number button, tekan enter.

  • Tekan tab beberapa kali hingga komputer menyampaikan format pages number, tekan enter.

  • Kotak obrolan format page number akan ditampilkan. Saat kita menekan enter, posisi kursor berada di daerah pemilihan jenis angka. Gunakan panah bawah atau atas untuk memilihnya, kalau kita hanya ingin mengganti satu jenis angka saja, sanggup pribadi menekan enter


Mengatur Angka Awal Untuk Penomoran Halaman


Ada kalanya dokumen yang kau buat tidak dimulai dari angka 1 atau halaman pertama. Mungkin dokumen itu yaitu lanjutan dari pekerjaan lain yang sudah diselesaikan sebelumnya. Untuk mengaturnya, ikuti langkah berikut:


Aktifkan kotak obrolan format pages number dengan cara menyerupai telah dijelaskan diatas.



  • Tekan Tab beberapa kali hingga screen reader menyampaikan “start at: edit spinbox”. Tekan panah atas atau bawah untuk menentukan angka yang akan dipakai sebagai nomor awal dalam dokumen kita. Tekan enter sesudah ditentukan.


Mengatur Ukuran Kertas


Sebelum mencetak dokumen, tentu kita harus menyesuaikan antara dokumen yang dicetak dengan jenis kertas yang kita gunakan. Microsoft Word mengenal banyak ukuran kertas, Kita pun sanggup menentukan posisi dokumen apakah dalam posisi tertidur (landscape) atau bangun (potrait). Untuk menentukan ukuran kertas caranya adalah:



  • Tekan tombol ALT untuk mengaktifkan ribbon, tekan panah kanan/kiri hingga Screen Reader menyampaikan layout tab.

  • Tekan tab beberapa kali hingga Screen Reader menyampaikan Size choose paper size for your document, tekan enter.

  • Silakan pilih ukuran kertas yang diinginkan dengan panah atas atau bawah dan tekan enter sesudah ditemukan.

  • Ukuran kertas yang umum dipakai untuk computer antaranya Letter, Legal, atau A4.


Mengatur Margin


Margin yaitu panjang jarak goresan pena dengan tepi atas, bawah, kiri dan kanan kertas. Word 2016telah menyediakan default margin dengan jarak ketikan sebesar 1 inci untuk margin atas dan bawah, 1,25 inci untuk margin kiri dan kanan. Bila batas margin yang dibentuk oleh word 2016 tidak sesuai dengan keinginan, kita sanggup mengubahnya. Langkah-langkahnya sebagai berikut:



  • Tekan alt untuk mengaktifkan ribbon, tekan panah untuk ke Layout tab.

  • Tekan tab hingga screen reader menyampaikan Margin, tekan enter.

  • Tekan shift tab untuk ke Custome margin, tekan enter.

  • Kursor pribadi berada pada bab margin atas atau TOP, ketik besaran margin yang kita inginkan (misalnya 1,5 inci). Tekan tab sekali kursor akan berada pada margin bawah, ketik besaran margin yang diinginkan (misalnya 1,5 inci). Tekan tab sekali lagi, kursor berada pada margin kiri, tentukan atau tulis besaran margin yang diinginkan (misalnya 1 inci). Tekan tab sekali lagi kursor berada pada margin kanan, tentukan besaran margin yang diinginkan (misalnya 1 inci). Setelah semuanya diatur sesuai dengan harapan kita, tekan tab hingga Screen Reader menyampaikan OK dan tekan enter untuk kembali ke dokumen.


Menentukan Posisi Kertas


Posisi kertas sanggup kita buat vertical ke atas (portrait) atau menyamping (landscape. Penentuan ini sebaiknya diadaptasi dengan format atau isi dari dokumen. Misal kau menciptakan table daftar mata pelajaran tiap hari yang terdiri dari kolom-kolom nama hari, tentu bentuknya akan memanjang ke samping, maka dari itu pilih Landscape. Sedabg untuk menulis surat resmi, pada umumnya dipakai posisi kertas portrait. Untuk mengaturnya, ikuti langkah berikut:



  • Tekan alt untuk mengaktifkan ribbon, tekan panah kanan/kiri hingga screen reader menyampaikan Layout tab.

  • Tekan tab hingga Orientation, kemudian enter.

  • Tekan panah atas/bawah untuk menentukan antara Potrait atau landscape.

  • Tekan enter untuk kembali ke dokumen.


Mencetak Dokument (Print)



  • tekan CTRL+P, muncul kotak obrolan Print grouping.

  • Tekan tab hingga ke copies, tekan panah atas bila ingin mencetak lebih dari satu Salinan dokumen.

  • Tekan tab hingga ke Which printer, pilih nama printer yang ingin dipakai dengan panah atas/bawah kalau terinstall lebih dari satu printer.

  • Tekan shift-tab beberapa kali hingga ke print button, tekan enter.


Sampai di sini, kau sudah berhasil menciptakan sebuah karya dengan Word 2016. Hasil goresan pena atau pekerjaan kau tidak lagi hanya tersimpan di hardisk komputer, tapi juga sanggup ditunjukkan ke orang lain dalam bentuk kertas. Silakan terus latihan mengatur format dokumen hingga mencetaknya di atas kertas dengan printer. Dengan ini, kau tak akan kesulitan lagi apabila diminta menuntaskan kiprah dari guru, dosen, atau di kantor.(DPM)



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Mencetak Dokumen Dengan Word 2016"