Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kerajaan Bisnis Atlet Terkaya Sejagad, dari Stripclub Hingga Wiski

Sebagai atlet terkaya di dunia, penghasilan di dunia olahraga dan endorsement tentu gak akan cukup untuk memenuhi gaya hidup yang luar biasa glamor. Itu sebabnya mengapa mereka semua memilih untuk terjun ke dunia bisnis, dan menjadi entrepreneur.

Kepopuleran seorang atlet juga akan sirna seiring dengan berjalannya waktu. Dan, saat usia terus bertambah seiring dengan berjalannya waktu, mereka pun gak lagi bisa berlaga membawa nama negaranya di pentas olahraga dunia.

Pokoknya, tanpa bisnis dan pengelolaan keuangan, kehidupan mereka di masa depan bisa hancur begitu saja. Kalau gak percaya lihat saja Mike Tyson mantan jawara jadi tajir melintir, tapi akhirnya bangkrut karena gaya hidup.

Terbukti kan tanpa penghasilan tambahan atau bisnis, seorang atlet bakal susah untuk bertahan hidup di kemudian hari.

Namun, hal itu tampaknya gak bakal menimpa lima atlet terkaya versi Forbes ini. Karena di tengah kesuksesannya, mereka pun gencar mendirikan usaha yang bisa jadi investasi mereka di masa depan.

Penasaran bisnis apa aja yang mereka geluti? Yuk simak ulasannya.

1. Floyd Mayweather Jr – Stripclub

Floyd Mayweather Jr (IG floydmayweather)
Floyd Mayweather Jr (IG floydmayweather)

Floyd Mayweather emang dinobatkan oleh Forbes sebagai atlet terkaya sejagad. Wajar saja kekayaannya mencapai US$ 285 juta atau Rp 4,3 triliun!

Soal gaya hidup, petinju dengan julukan The Money ini mah super glamor. Dari ujung kepala sampai ujung kaki kalau ditotal-total mencapai ratusan juta rupiah. Terutama, jam tangan Hublot yang sering dia pakai. Dia memang jadi brand ambassador Hublot.

Namun, Mayweather tampaknya gak mau hidupnya berakhir seperti Tyson yang bangkrut. Karena itu, dia pun aktif berbisnis hingga akhirnya Forbes juga menobatkan Mayweather sebagai Entrepreneur Amerika Terkaya di Bawah 40 Tahun pada 2016 lalu. Sekarang usia The Money sudah menginjak 41 tahun.

Petinju dengan rekor 50 kali menang dan belum pernah kalah itu pernah memiliki bisnis klub hiburan dewasa khusus pria, alias stripclub yang bernama Girl Collection yang terletak di Las Vegas.

Meski terkesan tabu buat sebagian orang dan kontroversi, nyatanya bisnis ini didukung oleh keluarganya. Termasuk putrinya, Iyanna. Mayweather selalu jujur tentang apapun soal apapun ke anak-anaknya, itu sebabnya dia selalu didukung.

2. Lionel Messi – Theme park

Lionel Messi (IG leomessi)
Lionel Messi (IG leomessi)

Pesepakbola dunia yang lahir dari keluarga miskin di Argentina ini merupakan atlet terkaya di dunia urutan kedua. Dengan kekayaan US$ 111 juta atau Rp 1,6 triliun, Messi berada di bawah Mayweather.

Pria dengan julukan La Pulga ini mengidap penyakit kelainan hormon pertumbuhan di usia 11 tahun. Dia pun butuh terapi dan pengobatan kalau gak mau kariernya di masa depan terancam.

Namun, akhirnya masalah itu bisa teratasi ketika Barcelona memutuskan untuk menampung Messi.

Sebagai seorang pemain bola, Messi juga diendorse oleh produk-produk mahal. Forbes melaporkan, penghasilan Messi dari endorsement produk-produk itu mencapai US$ 27 juta, beberapa di antaranya Adidas, Gatorade, Pepsi, Ooredoo, Huawei, dan Hawkers.

Lantas gimana dengan bisnis Messi?

Messi ternyata sedang membangun sebuah taman hiburan bertema sepak bola seluas 22 hektare di Nanjing, Cina. Taman yang diberi nama Messi Experience Park (MEP) akan menjadi perjalanan virtual yang dapat menyatukan sepak bola dengan teknologi.

MEP baru bakal dibuka tahun 2020. Messi dikabarkan menyewa jasa perusahaan-perusahaan top di Spanyol untuk menyukseskan pembangunan theme park ini.  

3. Cristiano Ronaldo – Fesyen dan properti

Cristiano Ronaldo (IG cristiano)
Cristiano Ronaldo (IG cristiano)

Sebagai atlet terkaya ketiga di dunia, Cristiano Ronaldo dikabarkan punya harta mencapai US$ 108 juta atau Rp 1,6 triliun. Namun media lain menyebutkan pria 33 tahun ini diperkirakan memiliki kekayaan mencapai US$ 450 juta atau sekitar Rp 6,36 triliun.

Pria asal Portugal ini sebenarnya bukan lahir dari keluarga mapan. Namun, berkat kesuksesannya di dunia sepak bola, Ronaldo kini semakin tajir.

Dia gak cuma mengoleksi mobil mewah yang digemarinya, tapi juga memiliki rumah yang supermewah!

Untuk bisnisnya, Ronaldo sempat menginvestasikan uangnya sebesar US$ 40 juta atau sekitar Rp 566 miliar di Pestana Hotel Group pada tahun 2015 di Lisboa dan Funchal.

Selain berbisnis hotel, Ronaldo dikabarkan memiliki usaha di bidang fesyen dan parfum. Bisnis itu bernama CR7, dan butik CR7 yang menjual pakaian dalam hingga selimut juga bisa ditemukan di beberapa kota besar di Eropa.

4. Conor McGregor – Wiski dan fesyen

Conor McGregor (IG thenotoriousmma)
Conor McGregor (IG thenotoriousmma)

Petarung beladiri campuran (MMA) yang baru saja dipecundangi Khabib Nurmagomedov ini juga memiliki bisnis lho. Atlet terkaya di dunia dengan total kekayaan US$ 99 juta atau setara dengan Rp 1,5 triliun ini memamerkan produknya di sela konferensi pers UFC dengan Khabib.

Bisnis tersebut adalah, minuman keras berjenis Whiskey khas Irlandia bernama Proper Twelve. Lewat produk yang dia luncurkan pada Agustus lalu, petarung dengan julukan The Notorious ini berniat menguasai pangsa pasar miras dengan produknya.

Wiski Irlandia memang terkenal dengan rasanya yang lebih ringan ketimbang Skotlandia. Wiski sempat ditawarkan ke Khabib, dan Khabib pun menolaknya dengan mengatakan, “Saya gak minum dan gak pernah minum (miras).”

Selain wiski, McGregor juga memiliki bisnis fesyen bernama August McGregor. Beberapa item yang dijualnya adalah T-Shirt, topi snapback, jaket, dan lainnya.

5. Neymar da Silva Santos Jr – Pengelolaan SDM

Neymar Jr (IG neymarjr)
Neymar Jr (IG neymarjr)

Menurut daftar Forbes, Neymar adalah atlet dengan bayaran terbesar nomor lima di seluruh dunia. Nilai kekayaannya mencapai US$ 90 juta atau sekitar Rp 1,2 triliun. Dia menempati peringkat ke-13 dalam daftar selebriti terkaya.

Namanya jadi buah bibir di Piala Dunia 2018 lantaran aksi diving yang dilakukannya. Aksi guling-gulingnya pun dijadikan bahan candaan di media sosial, dijadikan meme, dan ditiru sebagai olok-olok orang sejagat.

Selain sering main iklan dan film, Neymar dan keluarganya memiliki perusahaan pengelolaan sumber daya manusia bernama NN Consultoria. Perusahaan ini bertindak layaknya manajemen khusus yang bakal terus melambungkan nama Neymar di dunia olahraga dan hiburan.

Sejatinya, klien dari NN Consultoria juga banyak. Dan, bisa dibilang bisnis Neymar mungkin jauh lebih unik ketimbang atlet terkaya lainnya.

Itulah lima atlet terkaya di dunia dan bisnisnya. Kalau dipikir-pikir, kebanyakan dari mereka terjun ke bisnis ritel ya, dan gak ada satupun yang berniat membangun startup.

Kira-kira kalau kamu jadi tajir seperti mereka, bisnis apa yang bakal kamu jalani?

 

Posting Komentar untuk "Kerajaan Bisnis Atlet Terkaya Sejagad, dari Stripclub Hingga Wiski"