Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jangan Buru-Buru Belanja! Ini 3 Trik Hemat Menyiapkan Seserahan Lamaran dengan Bujet Minim

Kamu sedang dalam tahap menuju pernikahan? Selamat ya! Tapi ingat, jangan menghambur-hamburkan uang untuk satu hari tersebut.

Jadi, persiapan kamu sudah sampai sejauh mana sih? Apakah sudah dalam mempersiapkan seserahan? Nah kalau iya, untuk seserahan ini terkadang merogoh kocek yang gak sedikit. Betul gak?

Kadang, untuk seserahan saja seseorang sampai mengeluarkan belasan juta rupiah. Kalau ini sesuai dengan pendapatan kamu ya oke-oke saja sih, tapi ada baiknya kalau tidak terlalu banyak mengeluarkan biaya kan? Sisa uang bisa kamu tabung untuk biaya hidup setelah menikah.

Pasalnya, biaya hidup setelah menikah itu yang perlu dikhawatirkan. Kamu sudah hidup untuk dua orang, gak mungkin juga kan masih memikirkan diri sendiri. Belum lagi kamu nantinya harus mencari hunian, entah itu apartemen atau rumah. Setidaknya tidak menumpang di rumah orang tua atau mertua, malu ih!

Lalu, bagaimana sih sebetulnya merancang anggaran seserahan ini? Bagaimana cara belanja barang-barang yang diperlukan untuk seserahan tersebut? simak yuk ulasan berikut ini.

1. Siapkan daftar barang

daftar belanja (Ilustrasi).

Pertama kali yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan daftar belanja barang-barang seserahan tersebut. Apa yang lebih prioritas dan mana yang bukan. Alangkah lebih baik dipilih jika barang tersebut memang akan berguna dan terpakai oleh pasangan kamu.

Jangan membeli barang yang memang tidak dalam daftar, itu akan membuat pengeluaran kamu membengkak. Selain itu, belum tentu barang tersebut berguna bagi pasanganmu kan?

2. Survei Harga

Survei harga sebelum membeli (Ilustrasi).

Jangan buru-buru beli barang tersebut. Ada baiknya kamu dan pasangan survei tempat dan harga barang itu. Bandingkan dengan tempat lain, mana yang harganya lebih masuk akal dan cocok di kantong.

Idealnya, untuk mencari barang seserahan lamaran adalah 6 bulan sebelum hari H. Kamu dan pasangan jadi bisa lebih memanfaatkan diskon atau promo yang ada. Gak buru-buru beli dong.

3. Manfaatkan Diskon

Diskon (Ilustrasi).

Jika sudah mendapatkan harga barang, kamu juga bisa cari diskon. Siapa tahu toko yang akan kamu datangi itu ternyata sedang ada diskon besar-besaran. Gak usah malu membeli barang diskonan, toh fungsinya kan tetap sama. Juga, ada baiknya tidak membeli barang sekaligus. Untuk meringankannya kamu bisa cicil satu persatu.

Tenang saja, membeli barang murah bukan berarti murahan kan? Kamu tetap bisa membeli barang bermerek itu asalkan tepat waktunya. Tepat ada diskon, kamu beli, saat ada promo bisa kamu bawa pulang. Intinya, seserahan yang nantinya akan kamu serahkan ke pasangan bisa berguna.

Kamu dan pasangan bisa tetap menabung untuk biaya resepsi, bulan madu, setelah itu untuk kehidupan saat sudah menikah. Acara berjalan lancar, tetap memiliki tabungan dan kamu berdua tidak akan kesulitan biaya.

Semangat menempuh hidup baru ya!

Posting Komentar untuk "Jangan Buru-Buru Belanja! Ini 3 Trik Hemat Menyiapkan Seserahan Lamaran dengan Bujet Minim"