Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Nilai Minimal Biar Lolos Skd Tes Cpns 2018 Gugusan Disabilitas

Ini Nilai Minimal biar Lolos SKD Tes CPNS  Ini Nilai Minimal biar Lolos SKD Tes CPNS 2018 Formasi Disabilitas


Kartunet – Mengikuti seleksi CPNS 2018 bukan hanya soal menentukan lowongan atau gugusan yang tepat, tapi juga mengikuti tes dan lolos dengan nilai minimal yang disyaratkan. Meski mendapat gugusan khusus, penyandang disabilitas juga dituntut mencapai standar minimal nilai tertentu ketika tes CAT. Ini Nilai Minimal biar Lolos SKD Tes CPNS 2018 Formasi Disabilitas


Di tahap awal, penerima seleksi CPNS 2018 harus mengikuti tes yang dinamakan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) dengan sistem CAT. SKD ini total ada 100 soal, yang terdiri dari tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes karakteristik langsung (TKP). Tiap tanggapan benar mendapat nilai lima, sehingga total nilai yang sanggup diperoleh penerima untuk SKD yaitu 500. Agar sanggup lolos, penerima harus me memperoleh nilai akumulasi minimal tertentu, dan juga nilai minimal di tiap elemen tes. Agak bingung? Mari kita bahas lebih jauh.


Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) berisikan bahan seputar Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945 dan amandemen hingga IV, Bhinneka Tunggal Ika , Sejarah nasional dan internasional, NKRI dan lainnya dengan jumlah 35 soal. Isu-isu kontemporer juga kerap masuk sebagai soal di TWK. Kaprikornus rajin-rajinlah baca dan mengikuti isu terbaru.


Tes Intelegensia Umum (TIU) terdiri dari 30 soal guna menguji intelegensi seseorang berkaitan dengan lisan dan analisis sistematisnya. Jangan bayangkan TIU ini ialah soal-soal matematika menyerupai di sekolah. TIU lebih banyak ke soal nalar dan menguji kecerdikan dari penerima tes.


Sedangkan Tes Karakteristik Pribadi (TKP)  menguji kemampuan untuk duduk kasus penyesuaian dan berprestasi. Misalnya, jikalau seseorang sedang naik motor dan mendapati orang renta hendak menyeberang jalan, apa yang akan dilakukan. Dalam TKP tidak ada tanggapan benar atau salah. Untuk tanggapan terbaik dan ideal, akan mendapat nilai maksimum yaitu lima. Misal jawabannya yaitu menyetop kendaraan dan membantu hingga ke seberang, maka nilainya lebih besar dibanding dengan tanggapan yang hanya membantu menyetop kendaraan.


Menurut Peraturan Menteri PAN-RB no. 37 tahun 2018, ada ketentuan nilai minimal untuk penerima yang mengikuti gugusan penyandang disabilitas di CPNS 2018. Agar sanggup lolos SKD, kau harus mendapat nilai akumulasi minimal 260, dan nilai minimal 70 untuk tes intelegensi umum. Kaprikornus khusus untuk soal-soal TIU, kau harus benar paling tidak 14 soal.


Apakah cukup dengan mendapat nilai akumulasi 260 dan TIU 70 maka kau sanggup lolos SKD untuk mengikuti seleksi kompetensi bidang atau SKB? Untuk sanggup ikut SKB, nilai kau akan diurutkan lagi dengan penerima gugusan disabilitas lainnya yang melamar pada lowongan yang sama. Jumlah penerima yang berhak mengikuti SKB yaitu tiga kali jumlah lowongan yang akan diterima. Jika pada gugusan yang kau lamar alokasi yang diperlukan ialah dua orang, maka jumlah maksimal penerima SKB yaitu enam penerima dengan nilai tertinggi yang memenuhi syarat minimal SKD.


Adanya persyaratan ini merupakan sesuatu yang positif. Karena gugusan disabilitas juga mengedepankan kompetensi lulusan, bukan hanya alasannya kedisabilitasannya. Sehingga nanti penyandang disabilitas yang lolos semua tahapan hingga menjadi CPNS, ialah putra-putri terbaik bangsa yang mempunyai komptensi namun diberikan jalur khusus sebagai bentuk afirmasi dari kendala diskriminasi yang masih ada di dunia kerja kita.


Jadi, sehabis menemukan lowongan di gugusan disabilitas yang sesuai untuk kamu, segera persiapkan diri sebaik-baiknya biar sanggup nilai terbaik. Ini Nilai Minimal biar Lolos SKD Tes CPNS 2018 Formasi Disabilitas. Buat yang ingin bertanya, silakan di kolom komentar ya. (DPM)



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Ini Nilai Minimal Biar Lolos Skd Tes Cpns 2018 Gugusan Disabilitas"