Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Menciptakan Blog Gratis Di Wordpress Untuk Tunanetra

Cara Membuat Blog Gratis di WordPress untuk Tunanetra Cara Membuat Blog Gratis di WordPress untuk Tunanetra

Depok, Kartunet – Blog merupakan kependekan dari dua suku kata, yakni Web dan Log (Weblog) yang sanggup diartikan sebagai catatan harian. Yang dimaksud catatan harian di sini yaitu catatan atau goresan pena yang disimpan secara online dan terdapat dalam sebuah halaman web. Jadi, secara sederhana sanggup disimpulkan bahwa Blog yaitu halaman web online yang berisi catatan, tulisan, atau rangkaian artikel yang sanggup diperbaharui serta sanggup diakses untuk langsung maupun untuk umum.


Blog mempunyai banyak fungsi, antara lain sebagai berikut.



  1. Sebagai media pribadi. Fungsi blog yang satu ini lebih ditekankan kepada keseharian pemilik blog itu sendiri, menyerupai pengalaman hidup, curahan hati, dan semata-mata hanya untuk kepentingan sendiri dan bersifat pribadi. Biasanya blog yang menyerupai ini hanya diperlihatkan kepada sebagian orang saja, menyerupai teman, keluarga, atau kerabat dekat.

  2. Sebagai media untuk berbisnis. Blog bisnis merupakan blog yang dipergunakan untuk melaksanakan banyak sekali acara atau kegiatan perjuangan seseorang, contohnya perjuangan jual beli produk, jasa, dan sebagainya.

  3. Sebagai media untuk membuatkan informasi. Jenis blog menyerupai ini biasanya lebih terfokus pada satu topik tertentu, contohnya blog resep masakan, blog kumpulan software untuk komputer, dan sebagainya. Blog jenis ini biasanya lebih mengutamakan kepentingan pembacanya.

  4. Sebagai media promosi atau iklan. Jenis blog ini biasanya berisi wacana promosi produk milik pihak lain dengan maksud dan tujuan untuk menerima upah dari pihak yang sudah kita promosikan produknya.


Ada banyak penyedia layanan blog (blog engine) yang menyediakan layanannya secara gratis. Dua di antaranya yang paling popular yaitu Blogspot dan WordPress. Namun, dalam kesempatan kali ini penulis hanya akan membahas wacana pembuatan blog dengan WordPress. Satu alasan berpengaruh penulis lebih menentukan WordPress yaitu sebab tampilannya yang lebih gampang diakses dengan screen reader sehingga tidak akan menyulitkan para tunanetra untuk bernavigasi dan bereksplorasi dalam proses pembuatan dan pengelolaan blog.


Persiapan Membuat Blog di WordPress.com


Beberapa hal penting yang harus dipersiapkan sebelum menciptakan blog di WordPress yaitu sebagai berikut.



  1. Seperangkat komputer PC atau laptop yang telah terkoneksi dengan internet.

  2. Screen reader NVDA.

  3. Aplikasi web browser (disarankan memakai Mozilla Firefox).

  4. Alamat email aktif yang nantinya akan dipakai untuk verifikasi registrasi blog WordPress.


Mendaftar di WordPress


Untuk menciptakan blog di WordPress, hal pertama yang harus dilakukan yaitu mendaftar atau menciptakan akun di WordPress. Untuk mendaftar di WordPress, silahkan ikuti langkah-langkah berikut.


Keterangan:

Dalam pembuatan modul ini, penulis memakai pengaturan komputer standar dan pengaturan default pada WordPress yang memakai Bahasa Inggris.



  1. Buka aplikasi web browser (Mozilla Firefox) yang ada di komputer Anda.

  2. Tekan alt+d untuk menuju ke Address Bar, lalu ketik alamat www.wordpress.com, tekan enter. Tunggu hingga proses loading halaman WordPress selesai.

  3. Setelah proses loading selesai, tekan panah bawah hingga screen reader menyampaikan “Get Started”, tekan enter.

  4. Setelah itu, Anda akan dihadapkan dengan halaman pemilihan jenis blog atau website apa yang akan Anda buat. Tekan panah bawah hingga screen reader menyampaikan “Start with a blog”, tekan enter.

  5. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman pemilihan alamat blog. Alamat blog ini yang nantinya akan sanggup dibuka orang lain untuk mengunjungi blog kita. Tekan panah bawah hingga screen reader menyampaikan “Enter your site’s name, or some key words that describe it – we’ll use this to create your new site’s address”. Kemudian tekan panah bawah lagi untuk memasuki kotak pengetikan alamat blog. Ketik alamat blog yang Anda inginkan, contohnya fakhryrosa31. Setelah itu tekan escape untuk keluar dari fokus kotak pengetikan.

  6. Tekan panah bawah lagi, maka Anda akan menemukan alamat blog yang disarankan oleh WordPress sesuai dengan alamat yang tadi Anda ketik. Dalam kasus kali ini, pilihlah alamat yang berakhiran .wordpress.com, sebab itu yaitu alamat blog yang disediakan secara gratis oleh WordPress. Jika pilihan tersebut tidak ada, ganti alamat blog yang tadi Anda ketik hingga nantinya Anda menemukan saran alamat yang berakhiran .wordpress.com. Setelah Anda menemukan alamat yang sesuai, tekan enter pada alamat blog yang berakhiran .wordpress.com

  7. Setelah proses pemilihan alamat blog, Anda akan dihadapkan dengan halaman pemilihan plan (rencana), apakah Anda akan menciptakan blog gratis atau blog berbayar. Tekan panah bawah hingga screen reader menyampaikan “Start with Free”, tekan enter.

  8. Setelah itu, Anda akan dihadapkan dengan halaman pembuatan akun WordPress. Tekan panah bawah hingga screen reader menyampaikan “Your email address”. Kemudian tekan panah bawah lagi untuk memasuki kotak pengetikan alamat email. Ketikkan alamat email aktif yang Anda miliki.

  9. Tekan tombol tab sekali, screen reader akan menyampaikan “Choose a username”. Ketikkan nama user yang Anda inginkan, atau biarkan saja sesuai rekomendasi WordPress jikalau itu sesuai cita-cita Anda.

  10. Tekan tombol tab lagi, screen reader akan menyampaikan “Choose a password”. Ketikkan password yang Anda inginkan. Password harus terdiri dari kombinasi aksara dan angka. Harap berhati-hati dan teliti dalam menulis password.

  11. Tekan tab hingga screen reader menyampaikan “Continue”, tekan enter.


Selamat! Kini Anda sudah mempunyai blog di WordPress. Langkah terakhir, tekan panah bawah hingga screen reader menyampaikan “View My Site” untuk melihat tampilan blog yang gres saja Anda buat.


Melakukan Verifikasi Email


Setelah Anda berhasil mempunyai blog di WordPress, langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan yaitu membuka Email verifikasi dari WordPress. Langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:



  1. Buka alamat email yang tadi Anda pakai untuk mendaftar di WordPress.

  2. Pada serpihan Inbox, carilah email dari WordPress. Kemudian buka email tersebut. Jika Anda tidak menemukan email dari WordPress di Inbox, carilah di serpihan Spam.

  3. Setelah email dari WordPress berhasil dibuka, tekan panah bawah hingga screen reader menyampaikan “Confirm Now”, tekan enter.

  4. Jika diminta, silahkan login ke WordPress dengan memasukkan alamat email dan password yang tadi Anda buat.


Mengedit Profil


Agar blog Anda lebih gampang dikenal dan dicari, salah satu langkah penting yang harus dilakukan pada blog gres Anda yaitu mengedit profil. Untuk mengedit profil di WordPress, langkah-langkahnya yaitu sebagai berikut:



  1. Buka www.wordpress.com

  2. Login ke akun WordPress Anda apabila Anda belum login.

  3. Setelah berhasil login, tekan panah bawah hingga screen reader menyampaikan “Me”, tekan enter.

  4. Setelah itu, Anda akan dihadapkan dengan halaman My Profile. Telusuri dengan panah bawah. Isilah gosip yang diminta, menyerupai First Name, Last Name, Public Display Name (nama yang nantinya akan tampil di setiap artikel yang Anda buat), dan About Me.

  5. Setelah Anda mengisi semua gosip yang diperlukan, tekan panah bawah atau tab hingga screen reader menyampaikan “Save Profile Details”, tekan enter.


Menulis Isi Blog


Setelah Anda mempunyai blog di WordPress, tentu saja Anda harus mengisi blog tersebut. Untuk mengisi blog WordPress, silahkan ikuti langkah-langkah berikut:



  1. Buka www.wordpress.com dan login apabila Anda belum login.

  2. Setelah login, tekan panah bawah hingga screen reader menyampaikan “Write”, tekan enter.

  3. Setelah itu, Anda akan dibawa ke halaman pembuatan artikel baru. Tekan panah bawah hingga screen reader menyampaikan “title”, tekan enter. Tuliskan judul artikel yang Anda inginkan.

  4. Setelah itu, tekan tab sekali, screen reader akan menyampaikan “rich text”. Silahkan tulis isi artikel yang Anda inginkan. Anda juga sanggup melaksanakan copy-paste artikel dari Microsoft Word untuk mempermudah.

  5. Setelah selesai menulis artikel, tekan shift+tab hingga screen reader menyampaikan “Publish…”, tekan enter.



Sumber gamepelajar.xyz

Posting Komentar untuk "Cara Menciptakan Blog Gratis Di Wordpress Untuk Tunanetra"