Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Belajar dari Strategi Krisdayanti Tetap Eksis di Dunia Hiburan, Begini Caranya

Siapa yang gak kenal sama penyanyi berlabel diva, Krisdayanti? Wanita yang akrab disapa KD itu tetap eksis di dunia hiburan Tanah Air, meski sudah berusia 40-an tahun. Bahkan, KD digadang sebagai salah satu penyanyi terkaya di Indonesia.

Berdasarkan situs Celebrity Networth, total kekayaan KD diperkirakan mencapai US$ 20 juta atau setara Rp 305 miliar. Kekayaannya tersebut diperolehnya dari berbagai usaha.

Artis kelahiran 1975 asal Batu, Jawa Timur,  ini memang udah eksis di panggung hiburan sejak remaja. Beragam penghargaan udah diraih KD. Salah satu tonggak sejarah yang bikin KD terkenal seantero Indonesia, bahkan tingkat Asia menjadi juara Asia Bagus 1992 di Jepang.

Setelah itu, KD bahkan dapat title “99 Most Powerful Women in Indonesia” versi majalah Globe Asia. Rolling Stone pun turut menjuluki KD sebagai 50 Penyanyi Indonesia Terbaik Sepanjang Masa.

Apa sih rahasia diva kenamaan Indonesia ini masih tetap terkenal sampai sekarang? Ada beberapa hal yang bisa kita pelajari dari mantan istri Anang Hermansyah tersebut:

1. Mulai karier dari bawah

Krisdayanti (IG krisdayantilemos)
Krisdayanti (IG krisdayantilemos)

Kadang kala, cara instan menghasilkan sesuatu yang cepat berlalu pula. Emang gak selalu sih. Namun, bila mulai dari bawah atau dari nol, kamu pasti banyak belajar dari setiap proses yang kamu lalui. Gitu juga dengan KD.

Ibu empat anak ini gak tiba-tiba jadi artis dan penyanyi. Dia emang udah punya bakat bernyanyi sejak kecil. Apalagi, sang ayah emang seniman dan paman-pamannya adalah penyanyi gereja. Ibundanya pun mendukung passion KD tersebut.

Setelah pisah dari sang ayah, ibu KD memboyong adik Yuni Shara itu ke Jakarta. Saat itu, sang ibu yang bekerja di salon mendaftarkan KD di Sanggar Merah Putih milik Toto Sugiarno. Di sanalah, bakat bernyanyi KD semakin terasah.

Saat berusia 9 tahun, pelantun I’m Sorry Good Bye itu menjadi pengisi suara buat film anak-anak “Megaloman”. Bayarannya saat itu cuma Rp 15 ribu aja.

Pada usia 12 tahun, Krisdayanti kecil merilis album pertamanya yang berjudul Burung-Burung Malam. Album tersebut dirilis oleh label kecil bernama Gembala Record yang sayangnya album tersebut melempem di pasaran.

Namun, KD gak patah arang. Tahun 1990 merupakan salah satu awal KD dikenal masyarakat. Diajak rekaman oleh James F. Sundah, KD mengisi soundtrack film “Catatan si Emon”. Dia juga mengikuti ajang pencarian bakat Cipta Pesona Bintang tahun 1991 di RCTI dan memenangkannya.

Ibunda Aurel Hermansyah itu turut dalam pemilihan model GADIS Sampul di tahun yang sama. KD berhasil jadi finalis dalam kontes tersebut. Padahal, dia sempat minder.

Tahun 1992 menjadi salah satu tahun paling bersejarah buat Krisdayanti. Di tahun tersebut, KD berhasil jadi juara kontes menyanyi Asia Bagus yang digelar di Tokyo. Sejak itu, KD semakin membuktikan eksistensinya di ranah hiburan Indonesia, bahkan mancanegara.

Hal ini jadi pelajaran bagus pula buat siapa aja yang berkarier di bidang musik. Cara KD ini menjadi bukti bahwa dia benar-benar bisa bernyanyi. Sebab, ada pengakuan datang dari kompetisi.

2. Mencoba profesi lain selain sebagai penyanyi

Krisdayanti (IG krisdayantilemos)
Krisdayanti (IG krisdayantilemos)

Sebenarnya, sejak mulai rekaman bersama James, KD udah mencoba peruntungan di ranah lain dengan ikut GADIS Sampul. Setelah sukses di Asia Bagus, berbagai tawaran selain menyanyi pun gak ditolak istri Raul Lemos itu.

Krisdayanti belajar seni peran dan aktif di berbagai serial populer di TVRI. Bahkan, sekitar tahun 2000-an, dia turut melakoni peran utama di berbagai judul sinetron. Dia juga pernah main film.

Hal ini tentu jadi salah satu kunci pula buat KD semakin dikenal masyarakat. Jadi, buat kamu yang pengin eksis di bidang tertentu, gak ada salahnya kamu menambah skill kamu. Jangan puas sama satu skill aja.

3. Tetap aktif bernyanyi

Krisdayanti (IG krisdayantilemos)
Krisdayanti (IG krisdayantilemos)

Di akhir 1990-an menjadi tahun paling sukses buat KD. Lagu Menghitung Hari yang dirilis tahun 1998 masih populer hingga sekarang. Kamu pasti pernah dan bisa jadi suka banget sama lagu tersebut, kan?

Kini di zaman yang udah berganti generasi, KD emang gak seaktif dulu buat bernyanyi on-air. Namun, kegiatan bernyanyi gak pernah ditinggalkan oleh KD meskipun lagunya jarang diputar di radio ataupun televisi. KD justru aktif bernyanyi secara offline.

Yap! Diva Indonesia ini justru lebih sering diundang ke berbagai acara. Mulai dari acara pernikahan sampai dengan acara pemerintahan. Bayaran KD sekali manggung lebih dari Rp 60 juta.

Dalam sebulan, KD bisa manggung sebanyak lima kali. Jadi, rata-rata sebulan dari menyanyi aja, KD bisa dapat Rp 300 juta. Luar biasa!

4. Rutin hasilkan karya

Krisdayanti (IG krisdayantilemos)
Krisdayanti (IG krisdayantilemos)

Hampir 30 tahun eksis di panggung hiburan Indonesia, Krisdayanti rutin menghasilkan karya. Meski ada jeda, khususnya saat terlibat skandal, dia sukses bangkit melalui karya.

KD pada tahun 2016, merilis dua lagu sekaligus. Di tahun selanjutnya, ibunda Amora dan Kellen Lemos itu pun jadi pengisi soundtrack film “Ayat-ayat Cinta 2”. Hingga saat ini, dia masih tetap aktif mengisi soundtrack.

Wanita kelahiran 24 Maret 1975 itu mengungkapkan, meski mengisi soundtrack film gak menghasilkan uang sebanyak single sendiri, namun dia tetap memerlukan eksistensi.

Menurut KD, mengisi lagu buat film membuatnya ikut melakukan kegiatan promosi. Dengan gitu, dia bakal ketemu banyak orang.

5. Kolaborasi dengan artis lain

Krisdayanti (IG krisdayantilemos)
Krisdayanti (IG krisdayantilemos)

Gempuran kompetisi dengan artis lain membuat KD harus mampu berinovasi. Gak selalu dengan cara benar-benar berkompetisi satu sama lain, justru kadang kala kolaborasi bisa meningkatkan eksistensi.

Cara inilah yang ditempuh KD buat tetap dikenal, dan dikenang fans. Dia pun berkolaborasi dengan penyanyi lain, yaitu Ruth Sahanaya dan Titi DJ membentuk grup 3 Diva.

6. Punya ciri khas soal penampilan

Krisdayanti (IG krisdayantilemos)
Krisdayanti (IG krisdayantilemos)

Gak dipungkiri, penampilan Krisdayanti sering kali jadi bahan pembicaraan. Artis dengan belasan album tersebut punya ciri khas soal penampilan. Yap! Make up-nya yang tebal emang jadi salah satu hal yang paling diingat banyak orang.

Sebenarnya hal ini secara gak langsung bikin KD berbeda dari penyanyi lain. Dia punya sesuatu yang bikin orang lain ingat sama dia.

Dalam berkarier, penampilan emang jadi salah satu faktor penting buat diingat orang lain. Jadi, gak ada salahnya buat gak cuek sama gaya berbusana kamu.

7. Dekat dengan fans dan wartawan

Krisdayanti (IG krisdayantilemos)
Krisdayanti (IG krisdayantilemos)

Udah jadi rahasia umum kalau KD ramah banget sama fans dan wartawan. KD yang emang udah lama aral melintang di dunia hiburan pasti tahu rules tersebut dalam dunia hiburan.

Artis baik masih dalam tahap memulai karier dan hingga jadi artis besar sekalipun seharusnya punya attitude baik. Hal ini yang dilakoni oleh wanita asal Malang ini.

Dia selalu ramah pada wartawan, dan penggemar. Meski sempat dikejar-kejar wartawan dan banyak orang yang penasaran pada masalah pribadinya, KD tetap mampu meng-handle hal tersebut sebaik mungkin. Top deh buat Mimi KD!

Buat kamu yang berkarier di dunia hiburan, bisa meniru strategi Krisdayanti  yang udah disebutkan di atas. Selamat mencoba ya! (Editor: Chaerunnisa)

Posting Komentar untuk "Belajar dari Strategi Krisdayanti Tetap Eksis di Dunia Hiburan, Begini Caranya"