Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Alasan Kenapa Fresh Graduate Perlu Punya Kartu Kredit Sendiri

Ciee, yang baru lulus kuliah dan langsung dapat kerjaan pertama. Seneng dong rasanya sudah bisa dapat gaji sendiri.

Pastinya sudah gak merepotkan ortu lagi dong. Yang ada justru sekarang kamu sudah harus sering-sering membantu mereka.

Para fresh graduate yang langsung dapet kerjaan baru pasti rada kagok. Maklum, rasanya baru kemaren jadi mahasiswa. Eh, sekarang sudah jadi karyawan.

Jangan berlarut-larut dengan gaya hidup mahasiswa dong ya! Sekarang sudah harus lebih pintar lagi menata keuangan dan hidup mandiri.

Salah satu cara mengatur keuangan adalah dengan kartu kredit. Hah? Bukannya kartu tersebut adalah kartu setan yang perlu dihindari?

Eits, tunggu dulu. Itu adalah mindset jadul yang perlu diubah. Kartu kredit justru bisa bermanfaat buat kamu mengatur duit loh! Gak percaya? Nih 10 alasan kenapa fresh grad perlu punya kartu kredit.

[Baca: Kartu Kredit Pertama Terbaik, Yuk Ditimbang-timbang]

 

1. Makin mudah mengajukan kartu kredit

Berburu kartu kredit pertama memang susah-susah gampang. Biasanya fresh graduate yang baru bekerja memang agak ‘dianaktirikan’ dalam soal mengantongi kartu kredit. Maklum, bank biasanya melihat dulu lama kita bekerja.

Tapi sekarang sudah ada kok bank yang memang menyasar kalangan fresh graduate yang baru meniti karir. Proses dan syarat juga mudah tanpa perlu memiliki kartu kredit sebelumnya.

bujet rumah tangga
Sudah ada printout tagihan setiap bulan, ngapain masih menulis manual

 

2. Mudah Memantau Pengeluaran

Para fresh grad biasanya masih kagok dalam hal mengatur keuangan. Dipikirnya mumpung masih muda, gaji bisa dihambur-hamburkan. Nongkrong dan party sana-sini.

Lantas kenapa kartu kredit bisa membantumu memantau pengeluaran? Jadi gini, setiap bulan kamu bakal menerima tagihan alias statement. Di lembar tagihan tersebut bakal ada setiap rincian transaksi.

Jadi daripada repot membuat buku catatan atau menyimpan struk dan menghitung lewat kalkulator, lebih praktis pakai statement kan. Tapi, ada tapinya nih, jangan sampai kebobolan juga. Mentang-mentang praktis, lantas jadi gesek sana-sini. Semua harus kamu manfaatkan sesuai bujet.

[Baca: Deg-degan Mau Membuat Kartu Kredit Pertama Kali? Jangan Khawatir, Ini Tata Caranya]

 

3. Membangun skor kredit yang baik untuk masa depan

Kartu kredit itu salah satu kunci untuk membangun histori dan skor kredit yang baik. Dengan catatan, performa pembayaranmu bagus dan gak pernah overlimit.

Kenapa membangun skor kredit itu perlu? Misalnya saja gini, di usia tertentu nantinya kamu berencana memiliki rumah sendiri.

Jika gak punya tunai keras untuk membeli rumah, mau gak mau ya harus melalui skema KPR. Nah, dengan skor kredit yang bagus kans agar aplikasi KPR-mu diterima bakal terbuka lebar.

Bank dengan mudah bisa melihat histori dan performa pembayaranmu. Ini berbeda bagi kamu yang belum pernah memiliki histori kredit atau gak pernah tercatat di Bank Indonesia (BI). Kalau gak ada catatan di BI, bank bakal sedikit kesulitan melihat performa pembayaranmu kedepannya.

 

4. Suka traveling? Gesek saja!

Masih muda gunakan waktumu untuk menjelajah dong. Daripada nyesel pas tua nanti, mending siapkan bujet dan waktu senggang untuk pergi ke daerah atau negara yang belum pernah kamu kunjungi.

reksa dana untuk pensiun
Duh, siapa sih yang gak pengin menginjakkan kaki di surga dunia ini. Yuk ah, mumpung masih muda traveling

 

Kartu kredit bisa banget membantumu dapet beragam kemudahan, dari mulai beli tiket pesawat, booking hotel, sampai transaksi di negeri asing.

Bahkan ada banyak produk kartu kredit yang memberikan penawaran mileage. Mileage yang sudah mencapai angka tertentu bisa kamu tukarkan dengan tiket pesawat loh.

[Baca: Pengin Traveling ke Luar Negeri Gratis? Optimalkan Dong Kartu Kredit Kamu. Jangan Cuma Buat Belanja]

 

5. Makin gampang menabung

Ini masih berhubungan dengan poin nomor 2 nih. Kalau pengeluaran sudah terkontrol, sudah pasti kamu jadi makin mudah menabung. Karena intinya, transaksi kartu kredit itu cashless.

Lantas kamu bisa dengan mudah mengatur keuangan. Misalnya, tagihan kartu kredit bulan lalu sebesar Rp 2 juta. Kamu lihat lagi, kemana saja sih larinya transaksi-transaksi tersebut.

Kemudian buat catatan lagi, bulan ini kamu harus bisa menekan transaksimu. Dengan begitu kamu pun bisa lebih mudah menabung tanpa perlu susah-susah lagi.

 

6. Memanfaatkan beragam promo

Namanya anak muda. Nongkrong bareng teman-teman itu sudah jadi kayak ritual tiap weekend atau sepulang ngantor. Kalau punya kartu kredit, kenapa gak dimanfaatkan untuk dapat promo. Misalnya lagi nongkrong di cafe atau restoran, eh ada penawaran diskon dari bank penerbit kartu kreditmu. Yaudah, sok aja atuh gesek. Lumayan kan daripada bayar cash!

Promo Diskon Kartu Kredit Banyak Keuntungan
Jangan sia-siakan promo kalau memang lagi membutuhkan sesuatu

 

Promo kartu kredit pun kadang gak cuma sebatas itu saja. Masih banyak kok penawaran lainnya, kayak cash back, point rewards dan cicilan 0% untuk berbagai produk.

 

Tapi Ada Catatannya Nih…

Tapi semua poin di atas cuma bisa berhasil kalau kamu juga disiplin. Misalnya gini, limit kartu kredit itu disesuaikan dengan gajimu.

Misalnya saja gaji kamu saat ini Rp 7 juta, maka limit maksimal bisa Rp 21 juta. Nah, kemudian sebelum mulai menggesek, lihat dulu berapa sih pengeluaran kamu dalam sebulan? Misalnya saja dalam sebulan kamu menghabiskan Rp 3 juta buat pengeluaran.

Nah, usahakan agar kamu bertransaksi dengan kartu kredit di bawah Rp 3 juta. Ini demi menghindari minimum payment dan tagihan menumpuk.

[Baca: Gak Mau Terjungkal ke Dalam Jurang Utang Kartu Kredit Kan? Simak 4 Hal Berikut!]

Jangan sampai juga kartu kredit kesayanganmu overlimit. Bisa dibayangkan dong kalau kartu kreditmu sampai overlimit, udah repot nyicilnya, musti bayar biaya overlimit lagi.

jalan keluar dari utang
Kalau salah langkah, bisa-bisa kartu kredit malah jadi bumerang buat dompet

 

Makanya, selalu bijak dalam penggunaan kartu kredit. Kartu tersebut bisa kok membantumu, tapi bisa juga balik menyerangmu. So, pilihan ada di tangan kamu.

 

Belum Pernah Punya dan Pengin Mengantongi Kartu Kredit? Ajukan Sekarang Juga di Sini

cta-bank-mega

 

 

Image credit:

  • http://2.bp.blogspot.com/-EYKLp0kwG34/UJ-rdtcLEtI/AAAAAAAAAKo/mriMClhsodo/s1600/perhitungan-RAB.jpg
  • http://www.indonesia.travel/assets/img/media/images/upload/poi/3_dermaga_penginapan_darijauh.jpg
  • http://rakyatku.com/assets/themes/rakyatkuthemes/tum.php?src=http://rakyatku.com/assets/uploads/2015/10/ilustrasi-uang-palsu.jpg&w=670&h=440

Posting Komentar untuk "6 Alasan Kenapa Fresh Graduate Perlu Punya Kartu Kredit Sendiri"